cafe di jogja

Wow! Inilah 5 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Kota Jogja memiliki banyak cafe yang instagramable, yang tidak kalah dengan cafe di kota-kota besar, seperti di Jakarta dan sekitarnya. Selain bisa berkumpul dengan teman-teman, kamu bisa berfoto dan mengunggahnya ke sosial media, karena suasana cafe yang memang sangat estetik. Jadi, kalau kamu sedang berencana berlibur di Jogja, atau sedang mencari rekomendasi cafe terbaik di Jogja, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi beberapa cafe di Jogja yang sedang viral ini. Dijamin, kamu tidak akan kecewa!

1. Estuary Cafe

cafe di jogja
Sumber: instagram/estuary.id

Estuary Cafe pertama kali operasional tanggal 20 Agustus 2018 lalu. Cafe dengan konsep industrial yang didominasi finishing concrete ini menawarkan latar dan suasana yang mewah, tetapi dekat dengan alam. Kalau kamu berkunjung kesini untuk nongkrong dan berfoto, asyik dan keren sudah pasti jadi jaminan. Estuary mempunyai empat area yang bisa kamu pilih. Area outdoor terbagi dua level, di mana di lantai dua kamu bisa menyaksikan vegetasi rimbun di bantaran Kali Code. Bagian outdoor ini juga sekaligus menjadi smoking area. Lalu di bagian indoor ada area depan drink station yang menyambut kamu begitu melangkah ke dalam cafe, dan bagian atas yang luas. Ada juga meeting room dengan kapasitas sampai dengan 15 orang.

Alamat lengkap Estuary Cafe ada di Gang Code 3, Karangjati Wetan, Nomor 170 C, Jalan Monjali, Gemangan, Sinduadi, Mlati, Sleman. Dari Jalan Monjali, tepatnya berada di sebelah dealer Yamaha belok ke timur. Estuary Cafe buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

2. Kolona Kitchen & Coffee

cafe di jogja
Sumber: instagram/kolona.jogja

Kolona Kitchen & Coffee hadir sejak Oktober 2019, menyediakan berbagai citarasa dari daratan laut tengah dengan kualitas mumpuni. Dikomandoi oleh Chef Joko Ireng, Kolona menyajikan beragam kuliner yang menggugah selera, cantik di piring dan pastinya lezat di mulut. Tidak hanya kuliner mediterania, namun ada pula kuliner western dan Asia, termasuk Indonesia. Dengan kualitas satu level di atas kebanyakan resto di Jogja, Kolona ini memberikan harga yang sama, atau bahkan lebih murah. Jadi, kamu wajib mampir ke Kolona, ya.

Suasana mediterania sangat kental di Kolona, dengan arsitektur yang didominasi gaya Yunani. Dengan interior yang cantik, tentunya Kolona mempunyai banyak spot foto cantik yang sangat instagenik. Tidak heran jika tempat ini menjadi favorit berbagai kalangan. Kalau kamu ingin suasana yang lebih private, Kolona punya ruangan VIP yang elegan dan mewah. Tidak ada charge untuk menggunakan ruangan ini, karena cukup dengan pembelian di atas Rp500.000 saja kamu sudah bisa menikmati ruangan VIP di Kolona. Kolona Kitchen & Coffee berlokasi di Jalan Palagan KM 8 dan dapat dikunjungi setiap hari, mulai pukul 09.00-23.00 WIB.

Baca juga:  12 Destinasi Wisata Kepulauan Seribu, Cocok untuk Healing!

3. Kalluna

cafe di jogja
Sumber: instagram/kalluna_id

Ada tempat yang seru dan cantik di bilangan Kotabaru, namanya Kalluna. Kalluna ini bisa jadi gateway yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu kamu bersama sahabat, keluarga, maupun pasangan. Buka sejak tanggal 16 Mei 2019 lalu, Kalluna menyajikan berbagai pilihan makanan pembuka hingga makanan penutup yang sanggup membuat mulut berliur. Tidak heran kalau Kalluna ini mendadak viral dan banyak orang berbondong-bondong ke sana semenjak pertama kali buka. Dengan desain yang bersih dan natural, cafe yang satu ini dijamin akan membuat kamu merasa betah berlama-lama di sana deh

Terletak di Jalan Sajiono Nomor 13, Kotabaru, suasana kota tua dan vintage tentu saja bisa kamu dapatkan di sana. Letaknya tepat di sebelah Rubylicious. Jam buka mulai pukul 10.00-22.30 WIB di hari Minggu hingga Kamis, dan untuk hari Jumat dan Sabtu buka mulai pukul 10.00-23.00 WIB.

4. SUWATU by Mil&Bay Jogja

cafe di jogja
Sumber: instagram/suwatu.by.milandbay

Kalau kamu sedang mencari cafe terbaik di Jogja, SUWATU by Mil&Bay Jogja ini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan. Cafe yang cantik dan menggemaskan dari sisi selatan Prambanan ini, kental dengan nuansa tradisi Jawa dengan kualitas makanan yang enak. Hebatnya lagi mereka memberdayakan penduduk sekitar untuk menjadi pekerjanya, beserta bahan-bahan yang diperlukan juga didapatkan dari wilayah sekitar, lho. Alamat lengkapnya di Sumberwatu, Sambirejo, Kecamatan prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari cafe ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, yaitu menyaksikan Candi Prambanan sekaligus Gunung Merapi yang berdiri gagah di belakangnya. Tempat ini dihiasi dengan dekorasi yang sangat unik dan tentunya instagenik, cocok bagi kamu yang hobi selfie. Julukan Jogja rasa Bali sepertinya tidak berlebihan jika disematkan untuk cafe di Jogja yang satu ini. Karena di sana kamu akan mendapati dekorasi ala-ala Bali, seperti hammock dari tali temali, payung-payung untuk berteduh, anyaman bambu, hingga rotan yang dibentuk dengan berbagai macam dekorasi yang sangat menarik. Karena keunikannya itulah, cafe ini menjadi tempat nongkrong, ngopi dan kulineran yang beda dari cafe di Jogja lainnya.

Baca juga:  8 Cafe Hits di Jogja yang Cocok untuk Kerja di Luar Rumah!

5. Cafe Brick

cafe di jogja
Sumber: instagram/cafebrickjogja

Ada satu rekomendasi cafe di Jogja spesial untuk kamu yang gemar nongkrong, yaitu Cafe Brick Jogja. Cafe ini terletak di Jalan Damai Nomor 8, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Cafe Brick sudah dikenal oleh para pengguna Instagram karena desain cafe-nya yang unik dan instagenik untuk dijadikan sebagai tempat foto. Desain dari Cafe Brick ini terinspirasi oleh negara Inggris pada tahun 70 hingga 80-an, sehingga terbilang klasik. Sebutan dari temanya itu adalah British Vintage yang bisa kamu lihat mulai dari depan halaman cafe hingga ke bagian dalamnya. Semuanya menampilkan hal-hal berbau Inggris dan klasik, sehingga tidak heran banyak orang yang berfoto di sana.

Cafe Brick tidak hanya memakai tema British Vintage pada desain eksterior serta interior bangunannya saja, tapi rekomendasi untuk cafe terbaik di Jogja ini juga menawarkan menu makanan yang disajikan dalam tiga waktu makan ala-ala orang Eropa seperti breakfast, lunch, dan dinner di mana ketiganya memiliki waktunya sendiri. Satu lagi hal yang membuat Cafe Brick ini bisa menjadi cafe terbaik di Jogja adalah karena cafe ini juga memberikan sebuah area khusus untuk dijadikan sebagai coworking space. Tempat yang ditawarkan sebagai coworking space itu bernama Beehive Cafe yang terletak di bagian belakang Cafe Brick. Beehive Cafe memang dibangun sebagai ruang coworking yang bisa kamu manfaatkan untuk meeting kecil antara kamu dan klien, ataupun sebagai ruang diskusi ringan untuk kamu yang bosan berada di kantor.

Bagaimana, kamu tergerak untuk melangkahkan kaki ke cafe di Jogja yang mana dulu nih? Sebenarnya ada banyak sekali cafe yang ada di Jogja. Tapi kelima rekomendasi di atas jangan sampai kamu lewatkan, ya.

Rishna Maulina

Share