12+ Rekomendasi Drakor dari Berbagai Genre, Mana Favoritmu?

Siapa di sini yang tidak suka dengan drakor alias drama Korea? Salah satu produk hiburan dari Negeri Gingseng ini sangat disenangi oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Berbagai rekomendasi drakor pun dimunculkan untuk menarik perhatian para penontonnya. Perolehan rating drakor pun banyak dicari oleh pecinta drakor untuk mengetahui seberapa menarik dan bagusnya serial tersebut.

Untuk tahun 2022 ini, banyak drakor yang rilis dalam berbagai genre. Mulai dari komedi yang membuatmu tertawa terbahak-bahak, romance, drama, hingga thriller yang membuatmu merinding. Salah satu drakor yang baru selesai tayang adalah “Under The Queen’s Umbrella”. Jika kamu ingin mencari drakor yang sedang trending, kamu bisa menyimak 12+ rekomendasi drakor di bawah ini.

Sumber: Pinterest

Rekomendasi Drakor dari Berbagai Genre

1. Mr. Queen

Sumber: Pinterest

Drama ini secara garis besar menceritakan jiwa seorang koki di zaman modern terjebak di tubuh seorang Putri Mahkota di jaman Joseon. Awal episode dimulai dari masa kini, dimana Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) merupakan koki Kepresidenan Korea Selatan yang andal. Namun, ia amat sombong dan sering bermain perempuan. Secara tidak sengaja, dia terlibat dalam kasus politik di dalam Istana Kepresidenan dan harus berurusan dengan kepolisian. Karena dia merasa tidak bersalah, Bong-hwan menghindari polisi yang berusaha menangkapnya, hingga akhirnya ia terjatuh dan tidak sadarkan diri.

Permasalahan dimulai ketika Bong-hwan sadar. Saat membuka mata, Bong-hwan masih belum menyadari jika dia sudah berada dalam tubuh Kim So-yong (Shin Hye-sun), Putri Mahkota dari dinasti Joseon yang akan menikah dengan Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun). Bong-hwan harus berpikir cepat untuk bisa Kembali ke dirinya di masa modern. Berbagai cara pun telah dilakukan, namun gagal. Serial ini sangat diminati penonton di seluruh dunia, sehingga mendapatkan rating 8% pada penayangan episode pertamanya.

2. Under The Umbrella’s Queen

Sumber: tvN

Serial yang baru saja tamat ini medapatkan rating 16,9% dengan happy ending yang diharapkan penontonnya. Serial yang berisi 16 episode ini menceritakan tentang Ratu Im Hwa-ryeong (Kim Hye-soo) yang memiliki 5 anak dengan karakter yang berbeda-beda. Mereka adalah Putra Mahkota (Bae in-hyuk), Pangeran Agung Seongnam (Moon Sang-min), Muan (Yoon Sang-hyeong), Gyeseong (Yoo Seon-ho) dan Ilyoung (Park Ha-joon).

Selain permasalahan kelima anak,nya, Ratu Hwa-ryeong juga harus menghadapi permasalahan dengan para selir istana, anak-anak selir, juga dengan mertuanya yaitu Ibu Suri (Kim Hae-sook). Under the Queen’s Umbrella merupakan drama terbaru yang diarahkan sutradara Kim Hyeong-sik (About Time, Second 20’s) berdasarkan naskah yag ditulis Park Ba-ra.

3. The Golden Spoon

Sumber: Pinterest

Serial drama dari MBC ini menceritakan tentang kehidupan Lee Seungcheon (Yook Sung Jae), remaja laki-laki yang pintar, pekerja keras, dan hidup dalam keluarga miskin. Pada suatu hari, ia bertemu seorang nenek penjual barang antik. Dari beragam barang antik yang si nenek jual, salah satunya adalah sebuah sendok emas yang konon bisa mengubah takdir seseorang. Hanya dengan menggunakan sendok tersebut sebanyak tiga kali, maka pertukaran kehidupan antara si kaya dan si miskin pun akan terjadi.

Meski sangat kuat unsur fantasinya, banyak hal dari drakor ini yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Ending dramanya memang terasa sangat mengejutkan dan nyaris bikin kecewa, tetapi setelah dipikir-pikir lagi, pilihan ending yang demikian justru membuat drakor ini berhasil menyampaikan kehidupan perihal takdir.

4. Reborn Rich

Sumber: Pinterest

Reborn Rich mengisahkan kehidupan Yoon Hyun-woo (Song Joong-ki), seorang karyawan setia yang bekerja untuk Sunyang Group. Dia telah bekerja di perusahaan tersebut lebih dari 10 tahun. Pekerjaan Hyun-woo secara umum mengurus anggota keluarga yang terlibat dalam perusahaan, mirip seperti seorang pelayan. Namun, dia pada suatu hari dituduh melakukan penggelapan oleh keluarga Sunyang.

Baca juga:  10 Film Korea Terbaik Ini Cocok untuk Maraton Seharian

Ia kemudian dibunuh oleh cucu tertua keluarga Sunyang, Jin Seong-joon (Kim Nam-hee), saat tengah bertugas dalam perjalanan bisnis ke luar negeri. Hyun-woo kemudian terbangun pada 1987 dan mendapati dirinya masuk ke dalam tubuh Jin Do-joon, cucu bungsu keluarga Sanyang. Sedangkan Do-joon di masa kini menghilang secara misterius.

5. Revenge of Other

Sumber: Disney+

“Revenge of Others” yang tayang di Disney+ ini mencuri perhatian karena dibintangi Lomon, aktor tampan yang populer membintangi drakor Netflix, “All of Us Are Dead”. Lawan mainnya, Shin Ye-eun dikenal dengan perannya dalam drakor “Yumi’s Cells” musim kedua sebagai ‘orang ketiga’ dalam hubungan Kim Go-eun dan Jinyoung. Alur ceritanya bisa dibilang sulit ditebak dan penonton mencurigai pemain utamanya.

Ok Chan-mi (Shin Ye-eun), seorang siswi SMA mencari kebenaran di balik kematian saudara kembar laki-lakinya, Park Won-seok (Kang Yul). Kedua saudara kembar tersebut tinggal berjauhan, karena Won-seok diasuh oleh keluarga yang berbeda. Chan-mi mendapat bantuan dari Ji Su-heon (Lomon) yang ingin membalas dendam atas ketidakadilan dunia. Namun keduanya terjebak dalam kejadian tak terduga yang mengubah hidup mereka.

6. Gaus Electronic

Sumber: Pinterest

Rekomendasi drakor berikutnya adalah Gaus Electronic. Drakor dengan genre komedi ini bercerita tentang kisah kehidupan para karyawan divisi pemasaran Gaus Electronic. Mulai dari hal-hal yang lucu, hingga hal-hal yang menyedihkan. Lee Sang-sik (Kwang Dok-yeon) memiliki kepribadian cerah, tapi tidak menyadari suasana hati orang lain. Karena kebiasaannya tersebut, ia secara tidak sengaja sering menyebabkan masalah di kantor.

Sementara Cha Na-rae (Go Sung-hee) adalah asisten manajer dengan temperamen yang berapi-api. Baek Ma-tan (Bae Hyun-sung), putra dari keluarga yang menjalankan perusahaan besar namun tidak banyak bicara. Sedangkan Gun Gang-mi (Kang Min-ah) adalah karyawan wanita paling cantik di perusahaanapi ketika mabuk, dia akan menjadi orang yang sangat berbeda.

7. Unlock the Boss

Sumber: Pinterest

Serial drakor ini diambil dari webtoon dengan judul yang sama, dan telah tayang sejak 7 Desember lalu. Menceritakan Park In-sung (Chae Jong-hyeop), pemuda berusia 29 tahun yang sedang mencari pekerjaan. In-sung bisa dibilang merupakan seorang yang rajin. Suatu hari keberuntungan menghampirinya, In-sung menemukan sebuah smartphone. Di dalamnya ada CEO perusahaan teknologi ternama Silver Linings bernama Kim Sun Joo (Park Sung-Woong).

Secara misterius jiwa Sun-joo terperangkap di dalam smartphone tersebut. Ia meminta bantuan In-sung dengan media chat yang bisa ia akses di dalam smartphone tersebut. Sun-joo mempercayai dirinya telah terbunuh di saat belum lama ia menjabat sebagai CEO Silver Linings. Dengan bantuan In-sung, Sun-joo ingin menemukan pelaku pembunuhannya.

8. Summer Strike

Sumber: Pinterest

Drakor dengan genre romance dan slice of life ini menyuguhkan cerita yang ringan, sehingga cocok menjadi rekomendasi drakor karena kamu tidak pusing lagi menebak-nebak alur cerita satu ini. Menceritakan tentang seorang perempuan bernama Lee Yeo-reum (Kim Seol-hyun) yang mengalami fase-fase berat dalam kehidupannya. Salah satu hal buruk yang menimpanya yakni dicampakkan oleh pacarnya dan mendapat kabar bahwa ibunya meninggal dalam kecelakaan. Ditambah lagi, ia juga mendapat perlakuan semena-mena di kantornya.

Muak dengan kehidupannya, Yeo-reum memutuskan untuk menjalani hidupnya dengan tidak melakukan apapun. Babak baru dalam hidupnya tersebut dimulai dengan kepindahannya ke desa asing yang terpencil bernama Desa Angok. Tidak disangka, di desa tersebut ia justru bertemu dengan seorang laki-laki bernama Ahn Dae-bum (Im Si-wan) yang juga memiliki problematika hidup yang hampir sama dengannya. Merasa cocok, keduanya pun menjadi dekat dalam waktu yang singkat.

9. The First Responders

Sumber: Pinterest

Sinopsis “The First Responders” mengikuti kisah seorang detektif Jin Ho-gae (Kim Rae-won), petugas pemadam kebakaran Bong Do-jin (Son Ho-jun), dan paramedis Song-seol (Gong Seung-yeon) yang bekerja sama untuk membantu warga kota dengan segala tantangannya. Sebelum menayangkan season pertamanya, tim produksi berencana untuk menggarap sekuelnya. Rencananya, season kedua ini akan tayang pada pertengahan 2023.

Baca juga:  Daftar 11 Film Batman, Sudah Nonton yang Mana?

10. Love is for Suckers

Sumber: Pinterest

Serial drakor ini bercerita tentang seorang PD variety show bernama Gu Yeo-reum (Lee Da-hee). Ia mengalami krisis karena variety show garapannya terancam dihapus sebab ratingnya yang terus menurun. Ia pun akhirnya mengambil alih acara Kingdom of Love, di mana Yeo-reum juga mendapat bantuan dari sahabatnya, Park Jae-hoon (Choi Si-won). Jae-hoon membantu menyukseskan acara garapan sahabatnya sebagai anggota reguler acara tersebut.

Saat keduanya terus terlibat kerja sama dalam acara tersebut, hubungan romantis Yeo-eum dan Jae-hoon pun terus berkembang. Mereka juga akhirnya menyadari sudah saling jatuh cinta satu sama lain. Pastinya kamu yang mengidolakan Siwon sejak menjadi anggota Super Junior sangat senang ya, melihat idola muncul di drakor.

11. Bad Prosecutor

Sumber: Pinterest

Jin-jung (Do Kyung-soo/D.O. EXO) adalah seorang jaksa yang terkadang mengandalkan tindakan dan tipu daya yang bijaksana. Pada saat yang sama, ia memiliki rasa keadilan dan hati nurani yang dalam. Dia akan berdiri di sisi yang lemah dan berperang melawan yang jahat, mengeluarkan mata untuk keadilan mata.

Dia menghancurkan tempat-tempat suci yang diciptakan oleh kekayaan dan kekuasaan, dan bahkan menghancurkan orang-orang serakah yang tinggal di tempat-tempat suci itu. Tampak berbeda dari kebanyakan jaksa, Jin-jung menggunakan cara-cara yang bijaksana daripada cara-cara konvensional, trik-trik di atas prosedur-prosedur standar, dan kenakalan di atas ketulusan untuk menghentikan penguasa yang korup dari merusak masyarakat.

12. The Empire of Law

Sumber: Pinterest

Rekomendasi drakor berikutnya yaitu “Empire of Law” yang menceritakan skandal dari parang bangsawan di sebuah negara yang taat hukum. Hye-ryeol (Kim Sun-ah) bekerja dengan baik sebagai seorang jaksa, namun kerap dipandang sebelah mata karena background keluarganya yang kaya dan memiliki kekuasaan. Kedua orang tuanya yang merupakan profesor di sekolah hukum sering menggunakan uang untuk melindungi kekuasaan mereka. Suaminya, Na Geun-woo (Ahn Jae-wok) memiliki skandal rahasia yang tidak diketahui oleh Hye-ryeol.

13. May I Help You

Sumber: Pinterest

Baek Dong-ju (Hye-ri) adalah wanita yang memiliki kemampuan khusus dan memungkinkan dia melihat dan berbicara dengan orang mati. Orang mati juga meminta bantuannya untuk mengabulkan permintaan terakhir mereka. Jika permintaannya tidak dikabulkan, maka Dong-ju akan mengalami kesialan. Bersama Kim Jib-sa (Lee Jun-young), mereka bekerja sama untuk keperluan bisnis. Namun seiring waktu berlalu, keduanya saling jatuh cinta.

14. Love in Contract

Sumber: Pinterest

Choi Sang-eun (Park Min-young) menawarkan layanan khusus yaitu menjadi ‘istri’ bagi para jomblo yang membutuhkan pasangan untuk dibawa ke pertemuan. Sang-eun memiliki semua kualitas untuk sebuah kehidupan yang sempurna, termasuk penilaian yang cakap, kebijaksanaan yang penuh pengalaman, dan berbagai sertifikat. Drama bergenre komedi romantis ini akan menyoroti kisah cinta segitiga Sang-eun dengan dua orang ‘suami’, yaitu Jung Ji-ho (Go Kyung-pyo) dan Kang Hae-jin (Kim Jae-young).

Ji-ho merupakan pelanggan misterius Sang-eun yang setia menyewa jasanya setiap Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan Hae-jin adalah anak bungsu konglomerat dan juga bintang hallyu yang menjadikan Sang-eun istrinya pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Hal ini dikarenakan ada rumor yang tak benar tentang Hae-jin. Drama ini tayang sejak bulan September dan masih ongoing. Serial ini memiliki 16 episode.

15. Cheer Up

Sumber: Pinterest

Rekomendasi drakor yang terakhir adalah “Cheer Up”. Do Hae-yi (Han Ji-hyun) merupakan seorang mahasiswi di Universitas Yonhee. Ia adalah pribadi orang yang cerdas dan sangat rajin. Karena situasi keuangan di keluarganya yang memburuk, Hae-yi pun mempunyai prioritas untuk mencari uang daripada sekolah. Suatu hari, Hae-yi tiba-tiba bergabung dalam sebuah tim pemandu sorak bernama Theia. Klub ini adalah klub pemandu sorak di Universitas Yonhee dan telah berdiri selama 50 tahun. Hae-yi sendiri masuk tim ini juga untuk uang.

Itulah 12+ rekomendasi drakor yang sudah tamat maupun sedang tayang dengan rating tertinggi. Kamu pasti sudah mengantongi beberapa drakor yang ingin ditonton, bukan? Serial drakor ini bisa kamu tonton melalui beberapa platform streaming, seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Selamat menikmati drakor di waktu luangmu!