8 Rekomendasi Film Horor yang Rilis Semester Kedua 2024

Ada banyak genre film yang dapat kamu saksikan sesuai dengan selera. Mulai dari komedi, romantis, hingga horor yang sangat mencekam. Baik film Indonesia maupun film luar negeri, rekomendasi film horor ini selalu menarik karena efek menegangkan yang ditawarkan. Apalagi jika kamu menyaksikannya di bioskop, dengan efek audio yang menggelegar dan tampilan visual yang terasa dijamin bikin bulu kuduk berdiri.

Di liburan 2024 ini, ada banyak film horor terutama dari Indonesia yang sayang untuk kamu lewatkan. Yuk, simak rekomendasi film horor terbaru yang sedang dan akan tayang di bioskop Indonesia!

Rekomendasi Film Horor, Tayang Mulai Juni 2024

1. Sengkolo Malam Satu Suro

rekomendasi film horor
Sumber: Tix.id

Disutradarai oleh Hanny R. Saputra, film berdurasi 1 jam 39 menit ini siap menyuguhkan cerita seram yang membuatmu tidak bisa tidur semalaman. Ibrahim (Donny Alamsyah) adalah seorang pemandi jenazah yang kehilangan keluarganya dalam kejadian mengerikan hingga memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Ketika keluarga kaya di kampungnya mati misterius, warga percaya itu ilmu hitam.

Tidak ada pemandi yang mau memandikan mereka, hingga Pak Kades meminta bantuan Ibrahim. Meskipun enggan, Ibrahim mengiyakan ajakannya Setelah setahun, dia menemukan petunjuk tentang kematian keluarganya dan menghadapi kejahatan yang menunggunya di rumah terkutuk itu. Film ini baru saja tayang di bioskop Indonesia sejak 20 Juni 2024.

2. Marni: The Story of Wewe Gombel

rekomendasi film horor
Sumber: Youtube RA Pictures

Jika kamu tahu horor urban legend satu ini, pasti sayang untuk dilewatkan. Film ini menceritakan keluarga kecil yang terdiri dari single mom dan dua orang anak pindah ke desa terpencil yang punya legenda lokal menyeramkan. Anisa, selalu melindungi adiknya Aan agar tidak diganggu makhluk halus yang suka menculik anak-anak di waktu maghrib.

Baca juga:  11 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Bikin Baper

Nahas, Aan suatu hari menghilang dan ketika ditemukan ia berbeda dari biasanya. Sang ibu berusaha melindungi kedua anaknya semaksimal mungkin, namun teror makin menjadi-jadi. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Dan siapakah yang akan menjadi Wewe Gombel? Tonton film ini di bioskop mulai tanggal 27 Juni 2024.

3. A Quiet Place: Day One

rekomendasi film horor
Sumber: IMDb

A Quiet Place: Day One adalah film horor yang ditulis dan disutradarai oleh Michael Sarnoski, berdasarkan cerita yang ia buat bersama John Krasinski. Tayang di tanggal 27 Juni 2024, film Ini adalah prekuel spin-off dan film ketiga dalam seri film A Quiet Place yang menceritakan kisah awal kenapa dunia menjadi sunyi. Sam (Lupita Nyong’o) berusaha selamat dari invasi makhluk asing dengan pendengaran ultrasonik yang menyerang New York.

Baca juga: 20+ Film yang Rilis 2024, Ada Alienoid 2: The Return To The Future

4. Sekawan Limo

rekomendasi film horor
Sumber: Platinum Cineplex

Ini adalah film horor komedi yang disutradarai oleh komedian Bayu Skak. Film yang akan tayang 4 Juli 2024 ini menceritakan tentang lima pemuda yang dipersatukan dalam pendakian Gunung Madyopuro. Mereka gagal mematuhi mitos pendakian, “Rombongan harus genap dan dilarang menoleh ke belakang atau akan ada yang mengikuti”. Sepanjang perjalanan mereka terus dihantui hingga akhirnya sadar kalau dari berlima salah satu bukan manusia. Siapa yang hantu di antara mereka?

5. Jurnal Risa by Risa Saraswati

rekomendasi film horor
Sumber: IMDb

Bagi kamu yang sering menonton akun “Jurnal Risa” di Youtube, pasti tidak ingin melewatkan film dokumenter satu ini. Disutradarai oleh Rizal Mantovani, film ini akan tayang di bioskop Indonesia 11 Juli mendatang. Kamera dokumenter menangkap perjalanan menegangkan tim Jurnal Risa saat mereka berusaha menyelamatkan bintang tamu mereka, Prinsa. Mereka dikejar oleh hantu yang paling mereka takutkan, Samex, yang selalu muncul setiap kali namanya disebut.

6. Pusaka

rekomendasi film horor
Sumber: Cinemags

Selain film Jurnal Risa, Rizal Mantovani juga menyutradarai film Pusaka yang akan tayang mulai 18 Juli. Sebuah vila besar milik seorang kolektor (Slamet Rahardjo), yang sedang dalam proses renovasi untuk dijadikan museum, menjadi jebakan bagi para pekerja proyek yang tengah melakukan survei. Kutukan yang terlepas dari vila tersebut mulai membunuh mereka satu per satu.

Baca juga:  Rekomendasi Film Netflix Terbaik yang Bikin Betah Rebahan

7. Janji Darah

rekomendasi film horor
Sumber: IDNtimes

Film baru berjudul ‘Janji Darah’ produksi Max Pictures akan hadir dan tayang 4 Juli 2024. Film bergenre horor menegangkan ini disutradarai oleh Sentot Sahid dan cerita dalam film ini terinspirasi dari pengalaman pribadi sang sutradara. film ‘Janji Darah’ menceritakan tentang sepasang suami istri Rayhan dan Sheren yang mengalami teror berbahaya dari makhluk halus.

Rayhan dan Sheren adalah pasutri muda yang berbahagia, dan makin bahagia setelah Sheren dikaruniai kehamilan di usia setahun pernikahan mereka. Namun kebahagiaan ini berangsur pupus oleh serangkaian gangguan makhluk halus, yang lama-lama berkembang menjadi teror berbahaya. Atas adanya hal tersebut, Rayhan pun terpaksa membongkar kenangan masa kecilnya.

8. Lembayung

rekomendasi film horor
Sumber: Times Jabar

Meskipun bellum ada jadwal tayang, dipastikan film horor Indonesia ini akan tayang tahun 2024. Film yang disutradarai oleh artis Baim Wong mengambil adaptasi dari sebuah thread di X “Jin Poli Gigi” yang ditulis oleh Pica dalam akun miliknya bernama @saturnrushx pada 2022 lalu. Thread tersebut menceritakan tentang pengalaman mengerikan Pica saat masih menjadi mahasiswa keperawatan bersama sang sahabat bernama Arum di sebuah rumah sakit di kota kecil di Jawa Tengah.

Kala itu, keduanya menjalani kegiatan PKL di unit poli gigi. Baik Pica dan Arum awalnya mengerjakan tugas mereka dengan lancar. Namun seiring dengan berjalannya waktu, mereka justru berakhir trauma, karena mendapat teror mistis dan di poli gigi tersebut. Film ini dibintangi oleh berbagai artis, diantaranya:

  1. Taskya Namya sebagai Pica
  2. Yasamin Jasem sebagai Arum
  3. Arya Saloka sebagai dr. Teto
  4. Daffa Wardhana sebagai Dimas
  5. Tio Pakusadewo sebagai Bapak Teto
  6. Paula Verhoeven sebagai Ibu Dimas 
  7. Mario Maulana sebagai Jeki 
  8. Dayu Wijanto sebagai Ibu Arum 
  9. Erick Estradara sebagai Moming 
  10. Asri Welas sebagai Ida 
  11. Ence Bagus sebagai Heru

Baca juga: Kisah Perempuan Tanah Jahanam di Ajang Piala Oscar

Itulah 8 rekomendasi film horor yang bisa kamu tonton saat libur sekolah nanti. Dengan adanya berbagai macam film lokal diharapkan dapat membangkitkan industri perfilman Indonesia. Dari kedelapan film horor ini, mana yang kamu tunggu penayangannya di bioskop?