Bingung Cari Laptop Gaming Murah? Simak 5 Rekomendasi Ini

Apakah saat ini kamu sedang penasaran bagaimana cara memilih laptop gaming murah tapi tangguh untuk bermain game yang berat? Memilih laptop gaming memang cukup sulit, mengingat banyaknya pilihan yang ada dengan segala variasinya. Lalu muncul pertanyaan, apa kriteria sebuah laptop layak disebut sebagai gaming laptop? Sebenarnya jawaban secara singkatnya adalah, jika laptop tersebut mampu digunakan untuk bermain game kelas berat. Atau jika digunakan setting, minimal moderate dengan lancar.

Apa Itu Laptop Gaming?

laptop gaming murah

Laptop gaming yang bagus adalah yang kemampuan komputasi lebih baik, terutama pengolah grafisnya. Dibanding dengan ultrabook yang lebih mengedepankan sisi estetis penampilan luarnya, laptop gaming justru memberi penggunanya keleluasaan lebih untuk bekerja dan tentu saja bermain game sampai puas.

Hingga saat ini, sudah ada banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lainnya yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Agar kamu tidak bingung, berikut ini cara memilih laptop gaming murah tapi berkualitas, dan rekomendasi produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming murah yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.

Tips Memilih Laptop Gaming

laptop gaming murah

Inilah beberapa tips dalam memilih laptop gaming terbaik yang perlu kamu perhatikan. Dengan begitu, kamu tidak salah pilih. 

  • Sebelum membeli, cara memilih laptop gaming yang paling utama adalah mempersiapkan dananya terlebih dahulu.
  • Tips berikutnya adalah perhatikan VGA atau kartu grafis yang digunakan pada laptop gaming. Sebaiknya kamu fokus pada teknologi VGA dan pada seri VGA tersebut, jangan fokus pada VRAM atau memori pada VGA.
  • Pilihlah prosesor yang memiliki kinerja baik dan tentunya prosesor tersebut merupakan generasi yang terbaru. Pastikan kamu tidak memilih laptop gaming dengan prosesor tipe ULV atau prosesor hemat daya, karena tentu tidak akan optimal.
  • Lalu, pilihlah laptop yang memiliki minimal RAM 8GB, atau RAM 16GB. Jika dana terbatas, sebenarnya kamu bisa membeli RAM 4GB. Namun pastikan ada slot tambahan, agar jika nanti kamu sudah punya dana, kamu bisa menambah RAM, baik RAM 4GB maupun RAM 8GB.
  • Cari tahu terlebih dahulu, kamu butuh laptop dengan tipe penyimpanan Hard Disk (HDD) atau Solid State Drive (SSD). Tipe penyimpanan SSD memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat, serta sangat nyaman untuk bermain game. Tapi pada umumnya, SSD memiliki kapasitas yang kecil. Sementara itu, kinerja HDD memang lebih lambat dibandingkan SSD. Tapi HDD memiliki kapasitas yang lebih besar. Jika game yang akan kamu mainkan memiliki file yang besar, maka laptop HDD bisa menjadi pilihan.
  • Pilihlah laptop yang memiliki pilihan port yang cukup banyak, seperti USB 2.0 dan USB 3.0 port, serta port HDMi dan D-SUB. 
Baca juga:  Mengenal Apa itu Aplikasi Virtual Run dan Rekomendasinya

Selain beberapa tips memilih laptop gaming murah dan berkualitas seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu juga perlu memperhatikan ukuran layar laptop. Jika kamu butuh laptop dengan layar yang lebih lebar, maka pilihlah laptop dengan ukuran layar 15 sampai dengan 17 inch. Namun, jika kamu tidak terlalu bermasalah dengan layar dan kamu menginginkan laptop gaming murah, maka laptop dengan layar 14 inch juga sudah cukup bagus.

Rekomendasi Laptop Gaming Murah

laptop gaming murah
  1. Acer Aspire E5-476G, menjadi salah satu laptop gaming murah yang paling laris di pasaran. Dengan harga tidak sampai Rp7 juta, kamu sudah bisa mendapatkan laptop dengan prosesor Intel generasi ke-8, yaitu Intel Core i3 8310U.  Kelebihan utama dari laptop ini adalah keberadaan kartu grafis Nvidia GeForce MX150 dengan kapasitas mencapai 2GB. Kartu grafis ini sangat cukup untuk bermain game e-Sports masa kini. 
  2. Dell Inspiron 15-5575, adalah laptop gaming di bawah Rp 9 jutaan. Dengan harga sekitar Rp8 jutaan saja di tahun 2020 ini, kamu sudah bisa mendapatkan laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5 25000U.  Selain itu, Dell Inspiron juga dibekali dengan RAM 8 GB dengan generasi DDR4. 
  3. ASUS TUF Gaming FX505, adalah penerus dari TUF Gaming FX504 yang tampil dengan spesifikasi lebih baik serta memiliki serangkaian fitur premium. Seperti NanoEdge Display, Anti-Dust Colling, dan AURA Sync RGB keyboard. Bodi laptop gaming ini juga sangat kokoh, dan bahkan telah mengantongi sertifikasi stAndarisasi militer MIL-STD 810G. ASUS TUF Gaming FX505 ini sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core Generasi ke-8 dan chip grafis Nvidia GeForce GTX. Harga ASUS TUF Gaming FX505 ini dibanderol mulai Rp 11 jutaan.
  4. Nitro 5 AN515-44 juga bisa menjadi laptop gaming terbaru keluaran 2020 yang harganya dibanderol cukup terjangkau. Laptop ini hadir dengan opsi prosesor AMD Ryzen 7 4800H yang disandingkan dengan pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX1650Ti yang memiliki VRAM 4GB GDDR6. Harga Nitro 5 AN515-44 yang terbaru dengan prosesor AMD  AMD Ryzen 7 4800H dibanderol mulai dari Rp 13.499.000.
Baca juga:  Tips Sukses Ala Jeff Bezos Membesarkan Amazon.com

Jadi, kamu mau pilih laptop gaming yang mana?