5 Rekomendasi Laptop Murah Terbaik dengan Spesifikasi Mumpuni

Saat bicara tentang laptop murah terbaik, sebenarnya memang agak sulit untuk mengukurnya. Namun menurut pengamatan, untuk laptop murah yang kualitasnya bagus dan nyaman untuk digunakan itu ada di kisaran harga Rp6-10 jutaan. Apakah kamu juga setuju? Mengapa harga ini, karena di rentang harga ini setidaknya kamu akan menemukan laptop dengan kapasitas RAM besar (4 GB hingga 8 GB), dan beberapa diantaranya menggunakan memori berjenis SSD (Solid State Drive). Dibandingkan dengan laptop yang memakai HDD (Harddisk Drive), SSD akan memberikan proses komputasi yang lebih cepat. Untuk prosesornya ada yang ditenagai oleh Intel Core i3 atau i5, serta AMD. Semua bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Konfigurasi ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, seperti browsing, streaming, mengetik dokumen, hingga editing ringan. Cocok juga digunakan untuk belajar atau bekerja. Jadi bagaimana? sudah sepakat ya kalau harga laptop murah terbaik yang dibahas di artikel ini ada di kisaran harga Rp6-10 jutaan. Jika setuju, kita lanjut ke daftar rekomendasinya di bawah ini. 

1. Aspire 5 A514-53

laptop murah terbaik
Sumber: fptshop.com.vn

Laptop ini memiliki bentuk yang cukup ramping dengan ketipisan 17,9 mm, dengan bobot yang ringan, yaitu hanya 1,5 kg. Tentunya sangat mudah dan nyaman untuk dibawa kemana-mana. Laptop Acer terbaru di 2020 ini hadir dengan ukuran layar 14 inci berjenis real IPS yang dapat mendukung color gamut hingga 100% sRGB lengkap dengan teknologi Acer ExaColor untuk visual lebih cerah, jernih, serta tampak nyata. Sementara performanya ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-10110U yang masih cukup untuk mengerjakan tugas, bekerja atau multimedia. Prosesor ini juga ditemani memori RAM 4 GB dan menggunakan penyimpanan SSD 512 GB.

Baca juga:  8 Rekomendasi Tablet Terbaik dan Spek Lengkap Tahun 2023

Yang menarik lagi, Acer sendiri mengklaim jika baterai Aspire 5 mampu bertahan selama  14 jam, meskipun tidak spesifik untuk penggunaan apa saja. Harga Acer Aspire 5 ini relatif murah, yaitu hanya dibanderol dengan harga Rp6.999.000.

2. ASUS VivoBook K403FA-EB301T

laptop murah terbaik
Sumber: www.kensaq.com

Selanjutnya, ada ASUS VivoBook Ultra K403 yang merupakan laptop keluaran tahun lalu. Harganya yang murah menjadi daya tarik sendiri, apalagi di dalam bodinya sudah tertanam spesifikasi yang unggul untuk harga di kelasnya. Penyimpanannya juga sudah memakai SSD berkapasitas 512GB dengan RAM 4 GB. Memori ini siap menyokong kinerja dari prosesor Core i3 yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Yang menarik dari laptop ini adalah layarnya yang sudah menggunakan desain NanoEdge. Sehingga dapat menghasilkan bezel yang cukup tipis, dan membuat tampilan visualnya terlihat lebih luas.

Serunya lagi, kapasitas baterai yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook Ultra K403 cukup apik. ASUS bahkan mengklaim laptop ini dapat bertahan selama 24 jam. Kamu tertarik untuk membeli laptop ini? Dapatkan segera dengan harga sekitar Rp7,5 jutaan saja. 

3. Lenovo IdeaPad S145-14API-5YID

laptop murah terbaik
Sumber: www.memory4less.com

Rekomendasi laptop murah terbaik berikutnya ada dari Lenovo dalam seri IdeaPad S145-14API-5YID. Dengan harga Rp6 jutaan saja, kamu bisa memiliki laptop yang sudah memakai SSD plus RAM besar hingga 8 GB. Seri ini juga merupakan keluaran terbaru di tahun 2020, jadi masih cukup segar. Laptop ini juga dibekali dengan prosesor AMD Athlon 300U yang memiliki kecepatan 2,4Ghz. Rasanya masih cukup untuk pengguna yang mau belajar edit, tetapi untuk editing ringan. 

Baca juga:  Jangan di Skip! Inilah Manfaat Clear Cache untuk Android

4. HP Pavilion X360 14-ba001TX

laptop murah terbaik
Sumber: https://alutekno.id

Kalau kamu lebih suka laptop murah dengan prosesor Intel, HP juga ada pilihan lain. Salah satunya adalah HP Pavilion X360 14-ba001TX dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3. Prosesor ini dibantu dengan RAM 4 GB DDR4 dan kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX dengan memori sebesar 2 GB yang semakin membuatnya berjalan maksimal dan stabil. Ada juga HDD yang berkapasitas 1TB untuk menyimpan file game. Harga HP Pavilion X360 14-ba001TX saat ini ada di kisaran harga Rp8 jutaan saja. 

5. Dell Inspiron 15-3585 | Ryzen 5-2500U

laptop murah terbaik
Sumber: en-int.seekweb.com

Harga laptop Dell Inspiron 3585 ini juga cukup murah, yaitu hanya Rp7 jutaan. Performanya sendiri sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 2500U yang cukup apik. Prosesor ini juga memiliki clock speed hingga 3.6 GHz. Sudah cukup untuk pekerja kantoran serta pembuat konten. Apalagi prosesor ini juga dikombinasikan dengan RAM 4 GB dan grafis AMD Radeon RX Vega 8 yang bisa menemani aktivitasmu sehari-hari. Beraktivitas juga akan terasa semakin nyaman berkat kehadiran layar besar berukuran 15.6 inch. Menariknya lagi, kamu akan mendapati layar laptop Dell ini sudah mengusung resolusi FHD. Jadi sangat cocok untuk pekerjaan desain grafis ringan serta untuk menikmati konten multimedia.

Dari kelima rekomendasi laptop murah terbaik di atas, mana yang menjadi pilihanmu? Pastikan kamu membeli laptop murah terbaik yang paling sesuai dengan budget, keinginan, dan kebutuhan, ya.