Ini Rekomendasi Wisata di Jogja untuk Kencan Romantismu!

Berkunjung ke Jogjakarta tak lengkap rasanya jika belum mampir ke tempat wisata ikoniknya. Tak hanya punya nilai historis penting bagi Indonesia, kota ini ternyata menyimpan banyak hidden gem kekinian yang patut dikunjungi bersama orang terkasih. Beberapa rekomendasi wisata di Jogja berikut mungkin bisa menjadi destinasi kamu dan pasangan untuk berkencan.

Kalian bisa menikmati quality time sambil belajar di museum, merasakan sentuhan alam di puncak bukit, hingga mengobrol santai di tengah kota. Tinggal kamu sesuaikan dengan bujet dan minatmu bersama pasangan. Nah, berikut ini 10 rekomendasi wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan.

rekomendasi wisata jogja
Sumber: Pinterest

10 Rekomendasi Wisata di Jogja

1. Malioboro

rekomendasi wisata jogja
Sumber: iStockPhoto

Siapa yang tak kenal Malioboro? Salah satu tujuan wisata utama di Tanah Jawa ini, kini telah menjadi icon tak terpisahkan dari Kota Yogyakarta. Kawasan Malioboro terletak sangat strategis yaitu diantara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Tugu Pal Putih. Bagi sebagian besar wisatawan baik lokal maupun mancanegara, Malioboro sudah tak asing sebagai tempat berwisata belanja paling diminati di Yogyakarta.

Denyut aktivitas perdagangan sangat terasa di tempat ini. Meskipun terkenal sebagai surga belanja cendera mata dan barang kerajinan, ternyata tak sedikit wisatawan dan orang lokal mendatangi Malioboro pagi-pagi sekali untuk berolahraga atau sekedar menikmati udara segar sambil mencari sarapan. Wisatawan tersebut biasanya menginap di hotel sekitar Malioboro.

2. Mangunan

rekomendasi wisata jogja
Sumber: iStockPhoto

Kamu dan pasangan suka bertualang? Kamu bisa coba menghabiskan hari Valentine dengan berkunjung ke Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Beberapa tempat wisata ditawarkan untuk memanjakan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Jika berangkat pagi-pagi buta, kamu berkesempatan menikmati indahnya momen matahari terbit yang muncul dari “sungai kabut” yang indah di Kebun Buah Mangunan.

Selain itu, ada juga Hutan Pinus Mangunan. Tempat wisata yang satu ini sering dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai tempat piknik. Dengan suasana yang sejuk dan diteduhi rindangnya pohon pinus, tempat ini memang sangat cocok untuk bersantai bersama pasangan. Kamu bisa menggelar tikar di antara pohon pinus, dan menyantap makanan yang dibawa dari rumah sambil sesekali berswafoto.

3. Puncak Becici

rekomendasi wisata jogja
Sumber: Pinterest

Lokasi wisata ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan. Puncak Becici bisa menjadi salah satu destinasi yang kamu kunjungi untuk menjadikan kencanmu anti-mainstream dan tak terlupakan. Di lokasi ini kamu bisa melihat senja di kota Yogyakarta dari atas bukit. Setelah itu kamu bisa menikmati kerlap-kerlip kota Yogyakarta yang indah dipandang saat malam hari, apalagi berdua dengan pasangan. 

Baca juga:  12 Wisata Pantai Jogja Paling Seru yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Pantai Goa Cemara

rekomendasi wisata jogja
Sumber: Pinterest

Pantai memanglah salah satu tempat wisata favorit pasangan untuk quality time. Bermain pasir pantai dan menikmati ombaknya merupakan kenangan yang sangat indah dan tidak bisa dilupakan. Sesuai dengan namanya, Pantai Goa Cemara ini dikelilingi oleh jajaran pohon cemara yang tertata rapi. Pohon-pohon tersebut tumbuh besar dan rindang sehingga membuat udara di sekitar pantai jadi lebih sejuk.

Warna laut biru dan deburan ombak yang bercampur gemerisik suara angin, menjadikan pantai ini salah satu destinasi romantis terbaik di Bantul, Yogyakarta. Pengunjungnya pun tak sebanyak di Pantai Parangtritis. Namun, hal itu justru akan membuatmu nyaman mengambil foto pasangan atau foto berdua dengan latar belakang pemandangan pantai yang tak banyak orang.

5. De Mangol

rekomendasi wisata jogja
Sumber: www.demangol.com

Baru dibuka Desember 2019 lalu, De Mangol Jogja kini mulai menjadi pembicaraan netizen. Tidak heran, suasana di De Mangol Jogja memang mengundang keinginan untuk mampir. Semua unsur di tempat wisata ini memenuhi syarat untuk menjadi tempat wisata Instagramable di Jogja yang juga nyaman untuk semua umur. Ini juga bisa menjadi destinasi wisata kalian berdua untuk kencan, lho!

Konsep utama dari De Mangol Jogja adalah restoran dan cafe outdoor. Kombinasi makanan lezat, panorama indah, dan udara yang sejuk otomatis menjadi magnet utama tempat ini. Lokasinya berada di puncak bukit sehingga kamu akan disuguhi pemandangan lembah nan hijau yang menyegarkan mata. Cocok untuk candle light dinner, ya!

6. Museum Diorama Arsip Yogyakarta

rekomendasi wisata jogja
Sumber: Arsip Jogja

Selain pantai, bukit, dan wisata outdoor, kamu dan pasangan juga bisa museum date di Jogja, lho! Rekomendasi wisata Jogja ini mungkin bisa kalian manfaatkan untuk bisa mempelajari suatu hal baru. Diorama Arsip Jogja merupakan sebuah museum dengan konsep inovasi visual yang menarik. Berbeda dengan museum pada umumnya, museum ini memadukan antara arsip, seni, dan teknologi.

Diorama Arsip Jogja mengisahkan tentang sejarah berdirinya Jogja selama kurang lebih 430 tahun dari masa Panembahan Senopati hingga menjadi daerah keistimewaan, DIY. Belajar sejarah tentang Jogja pun menjadi menarik karena dikemas kekinian dengan selera anak muda saat ini.

Setiap ruangan dilengkapi dengan teknologi dan visual yang berbeda-beda sesuai dengan sejarah yang ditampilkan. Di beberapa ruangan menggunakan layar LED untuk menampilkan sejarah kerajaan hingga tarian-tarian. Pengunjung seakan-akan masuk dan terbawa suasana zaman dahulu. Selain itu, ada 18 ruangan yang bisa kalian nikmati. Untuk masuk ke sini, kalian harus reservasi dulu melalui situs https://arsipjogja.id/registrasi.php kemudian memilih tanggal dan jam kunjung yang tersedia.

Baca juga:  Apa Itu CVT pada Motor Matic? Ketahui Gejala Kerusakannya

7. Museum Sonobudoyo

rekomendasi wisata jogja
Sumber: PInterest

Selain museum Diorama Arsip, kamu dan pasangan juga bisa melakukan museum date sambil menikmati karya seni yang ditampilkan di Museum Sonobudoyo. Lokasi wisata ini berada di utara Kraton Yogyakarta, jadi kalian tidak perlu susah mencarinya. Museum Sonobudoyo memiliki jumlah koleksi terbanyak di Yogyakarta, yaitu mencapai 63.000 buah. Koleksi tersebut berupa benda-benda artefak mulai dari batik, keris, arca zaman klasik, keramik, gerabah senjata tradisional, keramik kuno, dan masih banyak lainnya.

8. Kraton Yogyakarta

rekomendasi wisata jogja
Sumber: iStockPhoto

Setelah menjelajahi Museum Sonobudoyo, kalian bisa mengunjungi Kraton Yogyakarta. Bangunan Kraton dengan arsitektur Jawa yang agung dan elegan ini terletak di pusat Kota Yogyakarta. Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada tahun 1775. Kraton dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00 -14.00 WIB.

Kecuali di hari Jumat, Kraton hanya buka sampai dengan pukul 11.00 WIB. Untuk harga tiket masuk, bagi wisatawan lokal membayar Rp 7.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara dikenai biaya Rp 12.500 per orang. Kamu dan pasangan bisa melihat berbagai macam koleksi dari Kraton Kesultanan Yogyakarta. Mulai dari pakaian, alat masak, hingga alat ritual di Kraton.

9. Taman Monjali/Taman Pelangi

rekomendasi wisata jogja
Sumber: Pinterest

Monumen Yogya Kembali atau biasa disingkat Monjali merupakan landmark yang terkenal di Yogyakarta. Museum ini dibangun sebagai penghormatan pada pejuang kemerdekaan Indonesia. Salah satu keunikan Monjali ini tampak dari bentuknya yang menyerupai kerucut, berbeda dengan bangunan museum pada umumnya.

Monjali juga dilengkapi berbagai fasilitas yang bisa dinikmati. Beberapa fasilitas tersebut yakni toilet, musala, dan juga perpustakaan. Monumen Yogya Kembali bisa jadi destinasi wisata edukasi sejarah bersama pasangan. Suasana di sekitar monumen akan menjadi lebih romantis saat malam hari. Pasalnya, di sisi lain monumen ini terdapat Taman Pelangi yang dihiasi ratusan lampion warna-warni.

10. Studio Alam Gamplong

rekomendasi wisata jogja
Sumber: Pinterest

Lokasi ini juga dijuluki “Mini Hollywood” versi Indonesia karena banyak mengedepankan spotspot unik yang bergaya tempo dulu. Tempat ini juga sangat keren, terbukti dengan dipakainya tempat ini untuk lokasi syuting film-film garapan sutradara kondang, Hanung Bramantyo. Sebut saja Bumi Manusia dan juga Ainun Habibie 3.

Terdapat aneka macam bangunan di Studio Alam Gamplong yang akan membuat mata berbinar karena excited ingin mengabadikan momen. Rumah Joglo Jawa, pecinan, nuansa betawi, hingga benteng ala Belanda ada di sini. Anda akan terkesan dengan detail yang terdapat di Studio Alam Gamplong. Jika kamu dan pasangan suka berfoto, tempat wisata ini cocok sekali untuk kencan unik sambil menghasilkan foto-foto aesthetic dan vintage.

Nah, itulah 10 rekomendasi wisata Jogja yang bisa kamu dan pasangan datangi. Seluruh rekomendasi tempat di atas punya daya tarik masing-masing yang bisa kamu pilih sesuai preferensi dan bujet yang dimiliki. Sudah punya rencana untuk mampir ke rekomendasi wisata Jogja yang mana, nih?