Daftar Restoran dengan Predikat Michelin Star di Indonesia

michelin starSumber: http://www.whereitalia.com/

Istilah Michelin Star digunakan sebagai penghargaan tertinggi dalam bidang kuliner. Dalam penilaiannya, Michelin Star ini terbagi menjadi tiga kategori bintang. Bintang 1 diberikan untuk restoran yang memiliki masakan berkualitas tinggi sehingga patut dikunjungi saat kamu berada di kota tersebut. Sedangkan, bintang 2 ditujukan untuk restoran yang berhasil menunjukkan keterampilan dalam penyajian makanannya. Restoran dengan bintang 2 ini juga dinilai berharga untuk didatangi walau harus melalui perjalanan jauh. Sementara bintang 3 ditujukan untuk restoran yang benar-benar wajib ada di daftar kunjungan kamu.

Di Indonesia ternyata sudah ada beberapa restoran yang berhasil meraih Michelin Star. Kalau kamu penasaran, ini dia daftarnya!

1. Merah Putih di Bali

michelin star
Sumber: http://www.wanderosh.com/

Merah Putih berada tepat di Jalan Petitenget nomor 100X, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Mengingat kata merah putih itu sangat identik dengan warna bendera Indonesia, jadi jangan heran jika kamu akan disambut dengan aneka menu makanan klasik khas Indonesia saat berkunjung ke sana. Menu yang ditawarkan di restoran ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu tradisional dan modern. Pada menu tradisional, makanan akan dimasak secara sederhana namun tetap mengutamakan keseimbangan cita rasa lokal. Sedangkan untuk kategori modern, kamu bisa memesan menu-menu yang lebih unik dan kreatif, baik dari segi pembuatan maupun penyajian.

Beberapa menu yang menjadi favorit pengunjung di Merah Putih di antaranya adalah Tahu Gejrot, Bebek Goreng, dan Nasi Goreng. Kamu bisa datang ke restoran Merah Putih setiap Senin sampai Minggu pada pukul 12:00–15:00 dan pukul 18:00 hingga malam hari.

2. Locavore di Bali

michelin star
Sumber: http://www.jenzcorner.net/

Alamat lengkap Locavore adalah di Jalan Dewisita nomor 10, Banjar Padang, Tegal, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Locavore bekerja sama dengan para petani lokal untuk menyuplai bahan-bahan masakan. Tidak heran, jika lebih dari 95% bahan yang digunakan di dapur Locavore adalah produksi asli Indonesia. Salah satunya adalah kopi Kintamani yang berasal dari Bali Utara dan seafood segar dari Indonesia Timur. Tidak hanya itu saja, Locavore juga sangat peduli terhadap lingkungan. Para Chef di balik kualitas masakan Locavore, selalu memastikan agar limbah dapur tidak terbuang begitu saja. Locavore selalu menggunakan limbah dapur sebagai makanan hewan ataupun memanfaatkannya untuk pembuatan pupuk kompos. Bahkan, atap dari Locavore juga telah menggunakan panel surya yang mampu menghemat listrik hingga 50%, lho

Baca juga:  Sudah Tahu Apa itu Binge Watching dan Dampak Negatifnya bagi Kesehatan?

Tentunya penghargaan Michelin Star yang diraih oleh Locavore tidak terlepas dari kualitas menunya juga. Beberapa menu yang menjadi andalan di sana adalah Goat Tartare, Caffeinated Fish, dan XO Squid. Jika tertarik untuk menyantap hidangannya, kamu perlu reservasi tempat lebih dahulu minimal dua minggu sebelum kedatangan.

3. Hakkasan di Jakarta

michelin star
Sumber: https://hakkasan.com/

Lokasi Hakkasan di Alila Hotel SCBD, Jalan Tulodong Atas, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta, DKI Jakarta. Restoran bergaya Tiongkok ini juga menjadi salah satu restoran berlabel Michelin Star yang membuka cabangnya di Indonesia pada awal 2018. Hakkasan juga menjadi salah satu brand restoran internasional yang sangat terkenal. Bahkan di sejumlah negara, Hakkasan meraih berbagai penghargaan, termasuk di antaranya adalah Michelin Star di sejumlah cabang di dunia. Adapun kuliner berkelas yang ditawarkan di sana adalah santapan ala Kanton hingga kuliner Asia Tenggara. Kamu tertarik untuk mencobanya?

4. Tim Ho Wan di Jakarta

michelin star
Sumber: http://www.daintyflair.net/

Harga yang selangit mungkin kerap kali menjadi alasan mengapa tidak sedikit orang yang memutuskan mundur untuk makan di restoran dengan penghargaan Michelin Star di Indonesia. Tapi jangan khawatir, karena Tim Ho Wan ini berusaha untuk menghapus stigma tersebut. Restoran yang mendapatkan lisensi penuh dari pusatnya di Singapura ini menawarkan makanan khas Asia dengan sentuhan yang sangat mengesankan. Kamu bisa mendapatkan nasi ayam saus soya, mi ayam saus soya, sup wonton, hingga tofu ala Thailand dengan sensasi yang istimewa.

Sedangkan soal harga, kamu tidak usah khawatir, karena dijamin tidak akan menguras rekening bank. Dengan harga mulai dari Rp20.000, kamu sudah bisa menikmati makanan berkelas restoran Michelin Star. Lokasinya berada di Ruko Crown Golf Cluster Marina Indah Raya, Jalan Pantai Indah Kapuk Blok D nomor 8-10, RT 7/RW 2, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. 

Baca juga:  Inspirasi Casual Style untuk Pria dan Wanita Muda Masa Kini

5. Mozaic di Bali

michelin star
Sumber: http://sightsandspices.blogspot.com/

Alamat lengkap Mozaic di Jalan Raya Sanggingan, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Di sana, kamu bisa menikmati masakan khas Indonesia yang dimasak dan disajikan dengan teknik ala Prancis. Sosok di balik keunikan kuliner tersebut adalah Chris Salans, yaitu seorang Chef keturunan Perancis Amerika yang sudah berpengalaman di dunia kuliner selama kurang lebih 16 tahun. Berkat perpaduan tersebut, menu yang disajikan di Mozaic menjadi sangat unik. Misalnya, pada menu Duck Breast and Foie Gras with Javanese Black Luwek Nuts, kamu akan mencicipi daging dada bebek dan foie gras yang dimasak dengan bumbu kluwek. 

Kalau kamu tertarik untuk menyantap hidangan spesial di Mozaic, kamu harus melakukan pemesanan tempat terlebih dulu. Sesi reservasi biasanya akan dibuka setiap hari pukul 18:00–21:45. Selain itu, kamu juga bisa melakukan reservasi khusus untuk berbagai acara spesial, seperti pesta ulang tahun atau acara keluarga. 

6. Teatro Gastroteque di Bali

michelin star
Sumber: https://chewybelly.wordpress.com/

Alamat lengkap Teatro Gastroteque berada di Jalan Kayu Aya Blok C nomor 1-2, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Teatro Gastroteque ini merupakan sebuah restoran fine dining yang menyajikan masakan Perancis dengan sentuhan Asia. Ditambah dengan penerapan teknik gastronomi, Teatro Gastroteque dijamin mampu menyajikan seni hidangan di atas piring yang akan membuat kamu terkesima. Semua ini dilakukan karena Teatro Gastroteque ingin seluruh pengunjung bisa merasakan pengalaman infinity journey to find a perfection

Konsep penyajian hidangan yang sangat menawan ternyata berangkat dari filosofi nama restoran ini, yaitu “teatro” dengan arti teater. Untuk itu, restoran ini seolah menjadi sebuah panggung teater, di mana setiap makanan yang disajikan akan menunjukan passion and love dari cita rasa dan penyajiannya. Di restoran ini, makanan akan disajikan dalam bentuk set yang terdiri dari sekitar tujuh menu. Menariknya lagi, menu-menu yang ditawarkan berubah selama beberapa bulan sekali, tergantung dari bahan-bahan yang tersedia pada musim itu.

Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba salah satu restoran dengan predikat Michelin Star di atas, segera lakukan reservasi, ya.

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru