Wujudkan Dinner Romantis di Ketinggian Bukit Bintang Jogja

Ada satu tempat yang unik dan spesial di Jogja, cocok untuk kamu yang sedang kasmaran. Namanya adalah Bukit Bintang Jogja yang berada di tepi jalan yang menghubungkan antara Jogja dengan Wonosari. Tepatnya di KM 15, di bukit Patuk Kabupaten Gunung Kidul. Bukit ini sebenarnya bernama bukit Hargo Dumilah, namun karena sensasi melihat bintang yang dirasakan oleh para pengunjung, maka nama Bukit Bintang Jogja malah jadi melekat pada bukit ini. Bukit Bintang dulunya merupakan pesanggrahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada tahun 1972, dan hingga saat ini kepemilikan tanah Bukit ini masih milik Sultan.

Awal mulanya bangunan di Bukit Bintang difungsikan sebagai tempat istirahat orang yang melintas. Bangunan dari beton yang memanjang ini dibangun pada tahun 2004, lalu pada tahun 2006 terjadi bencana Gempa Bantul yang merusak pemukiman penduduk. Penduduk yang terdampak bencan gempa, kemudian mendirikan bangunan di atas bukit ini. Lambat laun semakin banyak yang mendirikan warung atau kedai kopi ditempat ini. Sehingga Bukit yang semula sepi ini kini telah berubah menjadi tempat wisata malam yang ramai.

Di Bukit Bintang, kamu dan pasangan bisa menikmati romantisme. Suasana senja dengan memandang ke arah Barat Kota, seperti memandang langit yang penuh bintang gemerlap. Padahal sesungguhnya kamu sedang memandang landscape kota Jogja dengan gemerlap lampu-lampunya. Sungguh, sebuah suasana yang sangat menawan hati. Bahkan lokasi ini digadang-gadang tiada tandingannya, sebagai tempat untuk mengamati kota Jogja dari ketinggian. Posisi Bukit Bintang Jogja yang sangat strategis berada di tepi pegunungan yang menghadap langsung ke Barat, cukup mudah diakses dari kota.

Cara Menuju Bukit Bintang Jogja

bukit bintang jogja
Sumber: instagram/dicky_vincent

Rute yang dilalui untuk menuju Bukit Bintang tidak terlalu sulit, karena Bukit berada tepat di tepi jalan raya utama yang menghubungkan Jogja dengan Wonosari. Untuk mencapai lokasi Bukit Bintang, kamu bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Namun akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, karena kamu lebih bebas untuk menentukan kapan waktu kamu akan meninggalkan lokasi, tanpa harus bergantung kepada jadwal keberangkatan kendaraan umum. Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi dari kota Jogja, ambil jalan menuju Jalan Jogja-Wonosari, kemudian di pasar Piyungan lurus melewati jalan yang agak mendaki sampai di tikungan Bokong Semar. Dan akhirnya sampailah kamu di Hargo Dumilah. Jarak Jogja dengan Bukit ini kira-kira 20 KM yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit perjalanan.

Baca juga:  Tips Travelling ala Backpacker yang Menarik untuk Dicoba

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, harus sedikit berhati-hati terutama setelah pertigaan Piyungan, karena di area ini Jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok, bahkan tikungannya relatif tajam dan curam. Yang penting untuk diingat adalah hindari berkendara di belakang truk-truk besar dengan muatan penuh, karena kadang-kadang mereka mogok di tengah jalan dan bahkan bisa mundur ketika remnya blong. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, baik berangkat dari Jogja maupun Solo kamu harus turun di perempatan Ringroad Jalan Wonosari. Kemudian berganti kendaraan di perempatan itu dengan menaiki bus besar atau bus kecil, dengan biayanya sekitar Rp5.000. Kamu akan dihantarkan hingga sampai ke lokasi dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Dinner Romantis di Bukit Bintang Jogja

bukit bintang jogja
Sumber: instagram/guston.wst

Ada banyak pilihan warung sederhana di kawasan Bukit Bintang Jogja, yang menyajikan makanan ringan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun rata-rata bangunannya semi permanen, tapi pemandangan yang disajikan sangat menawan. Sambil menikmati minuman hangat dan obrolan canda ria bersama pasangan, kamu bisa menyaksikan landscape Jogja di malam hari yang mempesona. Satu hal yang istimewa dari Bukit Bintang Jogja adalah kesempatan untuk menyelenggarakan dinner romantis bersama orang terkasih di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut. Tentu saja ini setara dengan dinner romantis di hotel lantai 35 dengan latar landscape malam kota Jogja. 

Baca juga:  Fakta Menarik Puncak Mandala, Tertinggi Kedua di Indonesia

Untuk harga makanan di Bukit Bintang Jogja, kamu tidak perlu khawatir. Harganya hampir sama seperti harga normal di tengah Kota Jogja. Berikut ini kisaran daftar harga makanan di Bukit Bintang Jogja.

  • Teh manis Rp7.000.
  • Roti Bakar Rp8.000-Rp15.000.
  • Jagung bakar Rp10.000.
  • Seafood udang Rp15.000, sedangkan untuk kepiting dan cumi-cumi dapat mencapai Rp50.000 per porsinya.
  • Nasi merah biasa Rp22.000.
  • Nasi merah ayam Rp30.000.
  • Dan nasi merah empal Rp40.000.

Tiket Masuk dan Jam Buka

bukit bintang jogja
Sumber: instagram/fikriirrfan

Dikarenakan area Bukit Bintang ini sebenarnya adalah lokasi Rest Area, maka tidak ada jam buka tutup di lokasi ini. Jadi lokasi ini bisa dikunjungi selama 24 jam. Dan tidak seperti tempat wisata lain yang memungut tiket masuk untuk memasuki kawasan, harga tiket Bukit Bintang Jogja adalah gratis, di mana pengunjung sama sekali tidak dikenakan tarif untuk memasuki kawasan ini. Jadi, kalau kamu ingin melihat pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian, kamu bisa menikmati sepenuhnya dengan gratis, tanpa mengeluarkan biaya masuk sepeserpun. Namun demikian seperti lazimnya orang yang membawa kendaraan, ada biaya parkir untuk mobil dikenakan tarif Rp5.000 dan sepeda motor Rp2.000.

Itulah review singkat tentang objek wisata Bukit Bintang, panorama dengan penuh kesejukan alam dan romantisme yang akan memanjakan siapapun yang mengunjunginya. Dijamin, tidak akan ada penyesalan untuk singgah di tempat yang menawan ini. Jadi, segera agendakan kunjungan kamu di Bukit Bintang Jogja, ya!