Seberapa Penting Riset Pemasaran untuk Usaha Rumahan?

riset pemasaran

Saat akan memulai usaha rumahan hal yang harus pertama kali kamu lakukan adalah melakukan riset pemasaran. Apa sih riset pemasaran itu? Riset pemasaran adalah proses penelitian yang dilakukan sebelum mulai  memasarkan barang atau jasa yang bertujuan untuk meminimalisir kerugian akibat kesalahan dalam penyusunan strategi pemasaran.

Riset pemasaran sangat penting dilakukan saat awal akan melakukan usaha. Dengan melakukan riset pemasaran, maka kamu akan dapat mengetahui apakah produk yang kamu buat berhasil memenuhi harapan sekaligus kebutuhan dari para konsumen atau tidak. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari riset pemasaran ini. Berikut beberapa di antaranya.

Manfaat Melakukan Riset Pemasaran

Mengetahui Adanya Peluang Pasar

peluang pasar

Salah satu manfaat terbesar dari melakukan riset pemasaran adalah kamu selaku pelaku usaha bisa mengetahui berbagai peluang pasar yang sedang berkembang dan memungkinkan kamu untuk memasuki pasar tersebut secara efektif. Peluang pasar merupakan hal yang penting karena dengan itu kamu akan tahu seberapa besar kemungkinan produk kamu akan sukses dalam pasar tersebut, apakah produk yang kamu hasilkan cocok dengan target pasar atau tidak. Jika hasilnya negatif, maka kamu bisa mencoba untuk mengidentifikasi dan mengarahkan produk ke target konsumen lain yang lebih cocok.

Mengurangi Risiko

Setiap menjalankan usaha pasti ada risikonya. Tujuan dari riset pasar ini adalah untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Dengan melakukan riset pemasaran tentunya kamu akan menemukan segala bentuk informasi yang ada seputar usaha kamu. Dengan mengetahui sebagian besar informasi ini akan membantu kamu menekan risiko kegagalan usaha dengan melihat kecenderungan serta membantu untuk mengambil tindakan. Dari situ juga bisa dilihat hal-hal apa saja yang nggak disukai konsumen dan kemungkinan munculnya masalah pada produk, sehingga bisa diantisipasi lebih cepat.

Baca juga:  5 Cara Menjadi Blogger Sukses dalam Sekejap

Mencari Pembeli

menemukan pembeli adalah manfaat melakukan riset pemasaran

Sebelum memulai usaha rumahan hal yang paling penting dan menjadi dasar buat kamu adalah mencari pembeli yang akan membeli produk jualan kamu. Mencari pembeli dapat dilakukan dengan berkomunikasi dengan para pembeli, cari tahu produk apa yang paling mereka butuhkan. Riset pemasaran juga membantu kamu untuk mengetahui bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pembeli. Dari sinilah kamu akan lebih mudah untuk mengetahui sifat pembeli dan lebih mudah terhubung dengan mereka.

Mengetahui Tren Usaha

ketahui trend pasar

Kondisi pasar saat ini sangat dinamis dan berubah terus menerus. Oleh karena itu, riset pemasaran yang kamu lakukan ini akan membantu kamu mengetahui tren apa yang sedang berlangsung. Kamu jadi bisa punya ide-ide baru yang bisa menjadikan kamu sebagai trend setter bagi pengusaha lainnya. Kalau kamu sudah menjadi trend setter bisa dipastikan penjualan akan semakin naik dan berkembang.

Untuk memulai riset kamu juga harus mempertimbangkan banyak hal. Kalau terjadi kesalahan dalam penyusunan riset pemasaran, maka akan mempengaruhi hasil riset sehingga berdampak pada kegagalan dalam perencanaan pemasaran. Untuk itu, penyusunan materi riset harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba nih.

Cara Melakukan Riset

Melakukan Survey Pasar

Melakukan survey pasar adalah salah satu cara tepat yang sering dilakukan para pengusaha sebelum mempromosikan usaha atau menjualnya secara luas. Disini kamu dituntut untuk mengetahui kondisi pasar yang akan menjadi target produk usaha kamu. Dalam melakukan survey pasar ini kamu bisa menggunakan angket atau kuisioner yang harus diisi oleh masyarakat, kamu juga harus melakukan wawancara singkat kepada mereka. Dari situlah kamu akan mengetahui kebutuhan dan juga minat dari konsumen itu sendiri. Semakin banyak dan luas survey yang kamu lakukan, maka akan semakin valid dan meyakinkan hasil yang akan kamu peroleh nantinya.

Baca juga:  Semua Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Kredit Usaha Rakyat

Mengamati Perkembangan Pasar

Mengamati perkembangan pasar juga menjadi salah satu cara dalam melakukan riset pemasaran. Kamu perlu melakukan observasi terhadap perkembangan pasar yang terjadi saat ini. Kamu harus mengetahui tren apa yang tengah berkembang di masyarakat sembari mengamati produk-produk yang sudah ada di pasaran sebagai bahan perbandingan. Hal ini bisa membuat kamu mampu mempertimbangkan keputusan yang lebih bijak terkait dengan produk yang akan kamu produksi sebelum akhirnya resmi mengeluarkan produk ke pasaran.

Melakukan Uji Coba

Sebaiknya kamu melakukan sedikit uji coba terlebih dahulu mengenai produk yang kamu miliki sebelum resmi meluncurkan produk kamu ke pasaran. Hal ini bertujuan untuk memperoleh tanggapan dari masyarakat yang menjadi target pasar kamu. Kamu bisa menitipkan beberapa produk kamu pada sejumlah toko atau memberikan sampel gratis pada mereka agar kamu bisa mengetahui respon sekaligus menyempurnakan produk sebelum dijual resmi biar nggak mengecewakan konsumen. Perhatikan juga dengan adanya persaingan di sekitar lokasi usaha kamu. Berikan inovasi yang nggak dimiliki produk lain sehingga kamu mampu mengembangkan usaha tersebut dengan baik.

Itulah sekilas tentang pentingnya riset pemasaran untuk usaha rumahan yang akan kamu jalankan. Dengan adanya riset pemasaran ini, diharapkan kamu pun akan semakin siap menjalankan usaha rumahan yang kamu miliki. Semoga bermanfaat ya.

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru