7 Rujak Buah Terenak di Jogja, Sudah Pernah Kemana?

Sejak tahun 2007, tanggal 1 Juli ditetapkan menjadi hari buah internasional. Hal ini diperingati untuk saling berbagi dan memperkenalkan buah-buahan kepada masyarakat uum. Dan sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki ragam buah-buahan yang terkadang langka dan tidak ditemukan di tempat lain. Cita rasa yang manis dan segar ini membuat buah-buahan Indonesia cocok untuk dipadukan dengan bumbu yang gurih, salah satunya rujak. Berbicara tentang rujak, kamu tentunya memikirkan seporsi rujak buah dengan saus kacang yang pedas dan segar, bukan?

Ternyata, ragam rujak ada banyak, lho! Berbagai jenis bahan makanan dipadukan menjadi satu dan dicampur dengan saus kacang, akan sangat cocok untuk menu makanan harianmu. Tidak hanya buah, sayur dan protein pun bisa dijadikan rujak! Yuk, kenali ragam rujak buah dan jenis rujak lainnya dalam artikel di bawah ini.

rujak buah, rujak serut
Sumber: Pinterest

Ragam Rujak di Indonesia

1. Rujak Es Krim

rujak buah es krim
Sumber: Pinterest

Ternyata, rujak di Yogyakarta diberikan topping es krim. Gimana ya kira-kira rasanya? Sajian rujak yang terdiri dari potongan buah-buahan seperti timun, kedondong, nanas, bengkoang, dan pepaya ini disiram bumbu rujak, kemudian tambahkan topping es krim rasa kelapa di atasnya. Rasa pedas, manis, dan asam yang dihasilkan oleh kudapan yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan dahaga di tengah cuaca panas Yogyakarta!

2. Rujak Bebeg

rujak buah yang dibebeg
Sumber: Pinterest

Rujak bebeg bisa dibilang sebagai salah satu jenis rujak buah yang mulai langka keberadaannya. Sesuai namanya, camilan khas Jawa Barat ini terbuat dari aneka buah yang dibebek atau ditumbuk hingga halus. Buah-buahan untuk membuat rujak bebeg terdiri dari jambu air, ubi, bengkuang, pepaya muda, mangga, dan mangga muda. Ada pula yang menambahkan pisang tandung dan buah mengkudu muda sebagai campurannya.

Baca juga:  15 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Kamu Bawa Pulang

3. Rujak Juhi

rujak buah, rujak juhi
Sumber: Pinterest

Jakarta juga punya rujak yang dinamakan rujak juhi. Rujak ini menggunakan juhi atau cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi dan dikeringkan sebagai bahan utamanya. Selain juhi, ada juga bahan lain, seperti kol, kentang, selada, timun, dan kerupuk mie sebagai bahan pelengkapnya. Sedangkan untuk sausnya, rujak juhi menggunakan saus kacang yang segar yang disiram di atasnya.

4. Rujak Cingur

rujak buah, rujak cingur
Sumber: Pinterest

Ini dia salah satu rujak yang terkenal seantero negeri. Saking terkenalnya, rujak cingur khas Surabaya bisa ditemukan di hampir setiap daerah di Indonesia. Rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari lidah sapi yang direbus dengan suhu tinggi, sehingga terasa lebih empuk. Selain cingur, ada juga pelengkap lainnya yang terdiri dari buah dan sayur, seperti mentimun, bengkoang, tauge, kangkung, dan kacang-kacangan. Sepiring hidangan rujak terasa lebih sempurna dengan siraman saus kacang yang gurih.

5. Rujak Petis

rujak buah, rujak petis
Sumber: Pinterest

Petis dalam bahasa Jawa berarti terasi. Jadi, rujak petis berarti rujak yang disiram dengan kuah petis (terasi). Rujak ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Jawa Timur. Biasanya, satu porsi rujak petis berisi potongan buah-buahan dan sayuran yang disiram dengan kuah petis yang bertabur kacang.

7 Rekomendasi Rujak Buah di Yogyakarta

Jika kamu berada di Yogyakarta, kamu wajib merasakan rujak dari 7 tempat di bawah ini!

1. Rujak Es Krim Pak Yanto

rujak buah es krim pak yanto yogyakarta
Sumber: GrabFood

Tempat ini berada di daerah Pakualaman, tepatnya di Jalan Sewandanan Nomor 1, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Patokannya di dekat Masjid Pakualaman. Sajian yang bisa kamu coba ada Rujak Es Krim, Es Puter dan Rujak Buah. Dengan harga mulai dari Rp 8.000 sampai dengan Rp 10.000, kamu bisa mendapatkan 1 porsi rujak potong.

Baca juga:  9 Spot Wisata Lampung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!

2. Rujak Lotis Pak Jon

rujak buah lotis pak jon yogyakarta
Sumber: Google Maps

Rujak Lotis Pak Jon berlokasi di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menu yang ditawarkan di sini terdiri dari Es Buah, Lotis, dan Rujak. Es Buah terdapat dua varian yang dapat kamu pilih yaitu sirup jeruk dan susu cokelat. Satu porsi harganya berkisar Rp 10.000.

3. Rujak Es Krim Bang Jack

rujak buah es krim bang jack yogyakarta
Sumber: GrabFood

Rujak Es Krim Bang Jack berlokasi di Jalan Seturan Raya Nomor 168, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kudapan yang bisa kamu coba di sini ada Lotis Buah Fresh, Es Krim Bang Jack, dan Rujak Es Krim dengan harga mulai dari Rp 8.000 sampai dengan Rp 10.000.

4. Rujak Es Krim dan Lotis Kang Man

rujak buah lotis kang man yogyakarta
Sumber: Google Maps

Rujak Es Krim dan Lotis Kang Man berlokasi di Jalan Agro Nomor 38C, Klebengan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menu yang ditawarkan antara lain Rujak Es Krim, Es Krim, Lotis Kedondong, dan Lotis Es Krim dengan harga mulai dari Rp 8.000 sampai dengan Rp 10.000.

5. Lotis Enak

rujak buah lotis enak yogyakarta
Sumber: Google Maps

Lotis Enak beralamat di Jalan Nogopuro Nomor 20, Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rujak lotis di sini terkenal segar dengan aneka buah. Kamu juga dapat menyesuaikan tingkat pedasnya dengan seberapa banyak cabai yang digunakan. Satu porsi lotis diberi harga mulai dari Rp 8.000 sampai dengan Rp 10.000.

6. Warung Rujak Lotis dan Kelapa Muda Mbah No

rujak buah lotis mbah no yogyakarta
Sumber: Google Maps

Warung Mbah No beralamat di Jalan Tentara Rakyat Mataram Nomor 16, Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menu yang ditawarkan terdiri dari Rujak, Lotis dan Es Buah. Bumbu yang digunakan untuk lotis juga khas Jawa Timur, yaitu menggunakan kacang sangrai dan pisang mentah.

7. Rujak Es Krim Lotis Mas Is

rujak buah es krim mas is yogyakarta
Sumber: Pinterest

Rekomendasi tempat rujak terakhir di Jogja adalah Rujak Es Krim Lotis Mas Is. Tempat ini berlokasi di Jalan Gurameh Raya Nomor D-02, Mlandangan, Minomartani, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu bisa mencoba Rujak Buah, Lotis, Rujak Nanas di kedai ini dengan harga mulai dari Rp 8.000-an. Kamu juga bisa memilih variasi buah yang ingin kamu makan dalam campuran rujak.

Setelah mengetahui informasi mengenai rujak, jangan lupa membeli rujak buah atau rujak sayuran di dekat tempat tinggalmu, ya! Kamu juga bisa mengunjungi salah satu atau beberapa tempat dari 7 rekomendasi yang telah disebutkan di atas.