Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering, Ini 8 Ingredients-nya!

Jenis kulit setiap orang memang berbeda. Jadi cukup jelas jika pemakaian sabun cuci muka yang cocok untuk masing-masing jenis kulit memakai ingredients yang berbeda. Salah satunya pemilik jenis kulit kering perlu memperhatikan jenis produk pembersih wajah yang cocok digunakan. Tanda-tanda kulit kering yang paling banyak dialami adalah kulit terasa gatal, bersisik, dan terkadang kencang. Memilih formula sabun cuci muka untuk kulit kering yang salah justru dapat menghilangkan minyak alami yang sangat dibutuhkan. 

Selain membersihkan sel kulit mati dan kotoran, formula sabun cuci muka untuk kulit kering yang tepat adalah mengontrol kadar sebum yang seimbang sekaligus menghidrasi kulit tanpa mengeringkan. Baca terus untuk mengetahui apa saja ingredients sabun cuci muka yang tepat untuk kulit kering agar selalu terhidrasi dan dapatkan rekomendasi produk terbaiknya.

Formula dan Ingredients yang Tepat dalam Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering

Mencari pembersih wajah untuk kulit kering kunci formulanya adalah melembutkan, tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic), dan menghidrasi. Ada beberapa bahan aktif yang perlu kamu temukan dalam produk sabun cuci muka untuk kulit kering.

1. Emollient-Rich Formulas

Dermatologis merekomendasikan pembersih yang kaya emolien seperti terkandung dalam natural plant butters, oils, lipids, dan fatty acids. Formula bahan yang kaya emolien ini akan membantu mendukung dan memperkuat skin barrier kulit, yang bertanggung jawab untuk mengunci kelembapan.

2. Hyaluronic Acid

Sumber: Freepik

Asam hialuronat adalah humektan yang hebat dalam perawatan kulit kering. Hyaluronic acid bekerja menarik kelembapan dan menguncinya ke dalam kulit. Bahan aktif ini memiliki kapasitas retensi yang besar, artinya kulit akan terhidrasi, tetap bersih, dan tidak mengering.

Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Cantikmu, Buktikan!

3. Glycerin

Glycerin termasuk bahan humektan, artinya memiliki kemampuan baik untuk menarik air. Bahan aktif glycerin menarik kelembapan dari lapisan kulit yang lebih dalam dan juga mencegah penguapan air (evaporating) dari lapisan kulit yang dangkal. Karena sifat humektannya, gliserin cocok untuk kulit kering karena dapat menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi, mencegah kekeringan, dan memperkuat skin barrier. 

4. Ceramide

Selain manfaat anti aging, ceramide juga sangat menghidrasi kulit. Cara kerjanya dengan menciptakan penghalang untuk mencegah permeabilitas kulit dengan mengunci kelembapan. Saat dimasukkan ke dalam sabun cuci muka untuk kulit kering, ceramide dapat memperkuat skin barrier dan mencegah kehilangan air. Inilah mengapa ceramide menjadi pilihan terbaik untuk “menghidupkan kembali” kulit kering.

5. Lidah Buaya

Sumber: Freepik

Dari semua bahan skincare alami, lidah buaya menjadi salah satu favorit semua orang. Lidah uaya memiliki sifat penyembuhan, menghidrasi, dan memberikan kelembapan yang cukup untuk kulit. DI samping sifat menghidrasi yang intens, lidah buaya bersifat menenangkan dan melembutkan. Formula aloe-based face wash sangat bagus untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering bersamaan dengan mengelupas, sensitif, dan gatal secara bersamaan.

6. pH Balancing dalam Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering

Pilih pembersih wajah yang membantu menyeimbangkan pH kulit. Kulit memiliki lapisan pelindung tipis di bagian atas yang disebut dengan acid mantle, tempat sebum bercampur dengan lactic acid dan amino acid dari keringat. Kedua asam tersebut bercampur untuk menciptakan pH kulit sekitar 5,5 (sedikit asam). Nah, pembersih yang ideal terutama untuk kulit kering tidak akan menghilangkan pH alami kulit. Carilah bahan-bahan penyeimbang pH seperti shea butter yang melembapkan dan hindari kandungan alkohol yang dapat mengurangi kelembapan.

7. Hindari Bahan Deterjen Keras (Non-Harsh Detergent)

Sumber: Freepik

Siapapun yang memiliki kulit kering perlu untuk menghindari pembersih yang mengandung deterjen keras seperti SLS atau SLES. Sodium Lauryl Sulfate dapat menghilangkan minyak alami kulit, mengeringkan kulit karena fungsi skin barrier terganggu, serta berpotensi menyebabkan iritasi. Sebagai gantinya, pilih sabun cuci muka untuk kulit kering yang lembut seperti gluconolactone (PHA) atau lactic acid (AHA) yang dikemas dengan nourishing ingredients.

8. Hindari Bahan Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering yang Mengeringkan atau Mengiritasi

Hindari bahan pembersih yang berpotensi mengiritasi atau mengeringkan kulit, seperti salicylic acid atau glycolic acid. Jika kamu mencari sabun cuci muka yang mengandung exfoliating hydroxy acid, pilih lactic acid yang memiliki sifat humektan. Atau pilih PHA seperti gluconolactone yang tidak menembus kulit terlalu dalam, sehingga mengurangi risiko kulit kering atau iritasi. Selain itu, hindari pewangi tambahan yang dapat menyebabkan iritasi.

Baca juga:  Apa itu Double Cleansing untuk Bersihkan Wajah? Ini Manfaatnya!

Rekomendasi Produk Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering

1. Wardah Hydra Rose Gel-to-Foam Cleanser

Sumber: www.wardahbeauty.com

Face wash dari brand lokal Wardah dengan harga yang sangat affordable sekitar Rp30.000-an saja. Wardah Hydra Rose ini memiliki tekstur gel lembut dan foaming yang enak dipakai di pagi dan malam hari. Kandungan 72 Hours Hydrating Active membantu melembapkan kulit yang kering. Rose Oil sebagai antioksidan di dalamnya memiliki efek menenangkan serta membersihkan wajah tanpa mengeringkannya. Setelah dibilas, kulit terasa lebih lembut dan halus serta lembap.

2. Hada Labo Tokyo Gentle Hydrating Cleanser

Sumber: www.hadalabotokyo.com

Skin-cushioning foaming cleanser dari Hadalabo yang efektif membersihkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati sekaligus mengunci kelembapan esensial. Mengandung bahan hyaluronic acid plus sebagai hidrator 2 kali lebih kuat, menyatu dengan kulit dan menjaga tingkat hidrasi alami kulit. Kandungan Hyaloveil dirancang untuk melekat pada kulit dengan melembapkan efektif bahkan setelah dibilas. Kulit akan terasa segera, selembut sutra, dan tampak sehat.

3. Dear Me Beauty Skin Barrier Face Gel Cleanser

Sumber: www.dearmebeauty.com

Facial wash yang nyaman digunakan kulit sensitif dan kering. Tekstur busanya lembut dan tidak tidak terasa licin karena power cleanser-nya yang juara! Produk ini diklaim memiliki pH balancing yang tidak membuat kulit kering atau tertarik setelah cuci muka. Dengan hero ingredients untuk merawat kulit: hyaluronic acid untuk mengunci kelembapan kulit, 3 ceramides complex yang memperkuat skin barrier, serta betaine yang menghidrasi. 

4. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Sumber: www.cerave.com

Hydrating cleanser untuk jenis kulit normal to dry yang membersihkan kulit tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. MEngandung bahan-bahan yang lembut dan memperbaiki skin barrier, seperti ceramide dan hyaluronic acid. Kulit terasa bersih, segar, dan tidak membuatnya kencang. Non comedogenic face wash ini cocok untuk melembapkan kulit kering dan tidak menyebabkan iritasi. 

Baca juga: 5 Kandungan Serum Wajah Glowing Ternampol, Ini Rekomendasi Produknya!

Itulah beberapa ingredient sabun cuci muka untuk kulit kering yang efektif membuat kulit sehat dan terhidrasi. Seberapa sering kamu mencuci muka sangat bergantung pada kebutuhan kulit dan gaya hidup. Biasanya, pemilik kulit kering memilih pembersihan wajah sekali sehari (pada malam hari) untuk mencegah pengelupasan. Namun, jika kamu berolahraga di pagi hari dan berkeringat, sebaiknya cuci muka dua kali sehari.