10 Tugas Sales Promotion dan 6 Manfaatnya untuk Bisnis
Sales promotion adalah istilah yang tak lagi asing di telinga kamu, yang menyukai bidang marketing dan penjualan. Istilah ini digunakan pada banyak perusahaan untuk menunjukkan satu rangkaian aksi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan awareness masyarakat.
Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan sales promotion sendiri? Apakah kemudian ada kaitannya dengan istilah sales promotion girl atau boy yang sering hadir di ruang-ruang pameran produk?
Nah, selengkapnya bisa kamu simak penjelasan dari apa itu sales promotion dalam artikel singkat kali ini. Check this out!
Baca Juga: 9 Tugas Marketing, Fungsi, dan Tanggung Jawab di Perusahaan
Memahami Apa Itu Sales Promotion
Sales promotion adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang digunakan untuk memperkenalkan produk baru, menghabiskan stok produk lama, atau meningkatkan angka penjualan secara drastis dalam waktu singkat.
Jangka waktu dilangsungkannya program ini hanya sebentar dan memiliki tujuan untuk menarik perhatian pelanggan pada produk, sehingga melakukan pembelian saat itu juga karena merasa penawaran yang diberikan sangat menguntungkan pelanggan.
Aktivitas ini dilakukan dengan memberikan penawaran yang sangat menggiurkan pada rentang waktu tertentu atau momen tertentu, sehingga pelanggan akan merasa rugi jika tidak mengambil penawaran yang diambil.
Yang ingin dituju dari strategi ini adalah urgensi dari pelanggan untuk memaksimalkan penawaran terbatas yang diberikan.
10 Tugas Sales Promotion dalam Strategi Pemasaran
Sebenarnya jika berbicara mengenai tugas dari sales promotion dalam strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan, akan lebih komprehensif sekaligus membahas tugas staf yang ditunjuk secara langsung melaksanakan aktivitas ini.
Staf atau petugas yang ditunjuk akan disebut dengan sales promotion girl atau sales promotion boy, memiliki serangkaian tugas spesifik untuk meningkatkan penjualan produk dalam masa promosi yang dilakukan.
Secara singkat, tugas yang dimiliki adalah sebagai berikut.
- Melakukan penjualan langsung atau direct selling
- Mengelola produk di titik promosi
- Menjaga kebersihan area penjualan agar pelanggan tertarik untuk datang
- Memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan
- Melakukan promosi produk dengan alat peraga atau media yang disediakan
- Melakukan catatan penjualan dalam masa promo
- Membantu pelanggan memahami kegunaan produk dan mungkin mencobanya
- Memberikan pelayanan prima pada pelanggan yang hadir di titik promosi
- Memberikan informasi secara jelas
- Melayani komplain dari pelanggan yang telah menggunakan produk di titik promosi tersebut
Cukup luas cakupannya, namun semua itu adalah tugas dari staf yang ditunjuk mengeksekusi strategi sales promotion ini. Jelas, pelaksanaan tugas tersebut juga harus selaras dengan rencana yang sudah disusun sebelumnya, terkait detail pelaksanaan promosi yang dilakukan.
Manfaat Sales Promotion untuk Perusahaan atau Bisnis
Setidaknya ada 6 manfaat yang bisa diperoleh perusahaan ketika melaksanakan kegiatan sales promotion ini. Manfaat sales promotion adalah sebagai berikut.
1. Perkenalan Produk, Layanan, dan Fitur Baru
Produk yang dipromosikan biasanya merupakan produk yang memiliki inovasi baru. Selain itu, penyematan fitur baru juga dapat menjadi salah satu penyebab utama produk tersebut dipromosikan. Ketika kegiatan ini berjalan, maka semua fitur dan kebaruan yang dimiliki produk atau layanan dapat diperkenalkan.
Hal yang sama juga berlaku untuk produk stok lama, untuk mengingatkan kembali pada pelanggan mengenai nilai dan kelebihan dari produk tersebut.
2. Melakukan Survei Pasar
Manfaat sales promotion adalah untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik terkait apa harapan pelanggan pada produk. Interaksi yang terjadi secara langsung membuat perusahaan memiliki banyak bahan untuk mengembangkan produk dan layanan, agar dapat memenuhi keinginan pelanggan.
Informasi yang berhasil dikumpulkan ini juga dapat membantu perusahaan merencanakan strategi selanjutnya dalam pemasaran, pengembangan produk, dan penjualan.
3. Melakukan Up Selling atau Cross Selling
Manfaat ketiga dari sales promotion adalah dapat mendorong pelanggan yang sudah tertarik dengan produk untuk mengambil tawaran up selling atau cross selling yang diberikan. Jelas, cara ini cukup efektif karena dapat membuat pelanggan merasa memperoleh penawaran dengan value lebih besar.
Dengan pembelian yang lebih besar, keuntungan perusahaan juga otomatis akan lebih besar.
4. Terus Berkompetisi dengan Pesaing
Dengan awareness produk yang meningkat dan penjualan yang naik, maka perusahaan secara langsung juga akan memperkuat posisinya di persaingan industri. Dengan begini perusahaan akan terus eksis dan menjadi pesaing yang diperhitungkan, karena dapat melakukan penjualan dengan efektif dan efisien.
5. Penjualan Persediaan Berlebih
Manfaat kelima adalah dapat membantu menjual persediaan berlebih. Dengan memberikan promo menarik, misalnya ‘Beli 1 Gratis 1’, produk yang menumpuk di gudang bisa dikeluarkan dengan lebih cepat. Tentu saja, hal ini tetap memperhitungkan berbagai biaya, dan dijaga agar penjualan tetap menguntungkan.
6. Menghasilkan Perluasan Pasar
Sales promotion juga membawa manfaat lain bagi perusahaan, dengan mendatangkan banyak pembeli dan pelanggan baru. Dengan diperolehnya pelanggan baru, maka pasar yang dimiliki bisnis akan semakin luas dan prospek di masa yang akan datang akan semakin baik.
Baca Juga: Bagaimana Cara Dapat Centang Hijau WA? Ini 5 Langkahnya
Itu tadi sedikit pembahasan mengenai sales promotion, terkait definisi, tugas, dan manfaatnya untuk bisnis. Dapat dipahami bahwa sales promotion adalah salah satu strategi pemasaran yang jitu dalam meningkatkan awareness, serta penjualan produk dalam waktu singkat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, dan selamat melanjutkan aktivitas!