Salicylic Acid Adalah: Rekomendasi Produk untuk Skincare

Saat mencari produk untuk mengatasi jerawat, mungkin kamu akan menemukan nama salicylic acid pada urutan pertama. Manfaat salicylic acid adalah untuk mengobati jerawat. Asam salisilat ini memang telah lama dipercaya dan digunakan dalam perawatan kulit. Namun, tidak semua jenis kulit cocok menggunakan perawatan wajah dengan kandungan asam salisilat.

Karena bisa mengelupas kulit, penggunaan salicylic acid untuk wajah perlu hati-hati dan harus sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kulitmu. Bila digunakan sembarangan dan dosisnya tidak diperhatikan, produk perawatan wajah yang mengandung salicylic acid bisa menyebabkan kulit kering dan terkelupas! Penasaran apa saja manfaat, efek samping, hingga rekomendasi produknya untuk kamu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

salicylic acid adalah
(Sumber: iStockPhoto)

Manfaat Asam Salisilat untuk Kulit

Asam salisilat atau salicylic acid adalah obat yang termasuk dalam kelompok keratolitik, yaitu golongan obat yang bekerja sebagai peeling agent atau agen pengelupas kulit. Fungsi utama dari asam salisilat adalah menghilangkan sel kulit mati dan membuat permukaan kulit wajah yang kasar menjadi lebih halus. Kandungan salicylic acid biasanya ditemukan dalam produk acne spot treatment, sabun cuci muka, serum, dan toner. Berikut ini adalah beberapa manfaat salicylic acid untuk wajah:

1. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak. Nah, pemakaian salicylic acid untuk wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Tak heran jika skincare dengan kandungan salicylic acid menjadi andalan untuk mengurangi jerawat dan mempercepat penyembuhannya. Namun, salicylic acid hanya mampu mengobati jenis jerawat yang ringan hingga sedang. Untuk kondisi jerawat yang cukup parah, mungkin diperlukan perawatan dari dokter agar lebih efektif dan tidak menimbulkan bekas.

2. Meredakan Kemerahan

Penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung salicylic acid juga dapat mengurangi peradangan di kulit akibat jerawat. Karena efek anti radangnya ini, salicylic acid untuk wajah mampu meredakan kemerahan dan menenangkan kulit.

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

salicylic acid adalah
(Sumber: iStockPhoto)

Tidak hanya mampu mengobati jerawat, salicylic acid untuk wajah juga dapat menyamarkan bekas jerawat yang membandel dan susah hilang. Jika kamu memiliki bintik-bintik hitam di wajah, melakukan perawatan dengan salicylid acid efektif untuk memudarkannya. Hasilnya, warna kulit akan merata dan wajah pun terlihat lebih cerah, halus, serta bebas jerawat.

Baca juga:  10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

4. Menjaga Pori-Pori Tetap Bersih

Sebagai exfoliator kulit, pemakaian salicylic acid dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan merontokkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit. Dengan begitu, pori-pori pun tetap bersih dan terlindungi dari jerawat. Inilah alasannya skincare dengan kandungan salicylic acid direkomendasikan untuk kulit berjerawat.

5. Membersihkan Komedo

Pada dasarnya, komedo adalah bakal jerawat karena penumpukan sel-sel kulit mati dan minyak di pori-pori kulit. Nah, asam salisilat untuk wajah mampu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak wajah. Dengan begitu, terbentuknya komedo, baik komedo hitam maupun putih akan berkurang.

6. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Manfaat salicylic acid lainnya untuk kulit adalah dapat mengangkat penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Asam salisilat dapat menembus ke pori-pori paling dalam kulit untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dan menyumbat pori-pori. Senyawa ini juga membantu menghilangkan kotoran, bakteri, dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit sehingga pori-pori tetap bersih dan bebas dari iritasi kulit. Dengan demikian, produk dengan asam salisilat dapat meregenerasi kulit lebih cepat dan membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.

Efek Samping Salicylic Acid

Sejauh ini asam salisilat aman digunakan di kulit wajah, jika diaplikasikan sesuai dengan dosis dan takaran yang dianjurkan. Sama dengan produk perawatan kulit wajah lainnya, salicylic acid juga dapat menyebabkan efek samping, yang dapat berbeda-beda pada setiap orang. Namun beberapa efek samping yang umum dari penggunaan asam salisilat adalah:

  • Kulit terasa panas
  • Rasa menyengat di kulit
  • Kulit mengelupas
  • Iritasi ringan
  • Kekeringan

Kemudian ada beberapa kondisi tertentu yang tidak disarankan menggunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat. Beberapa di antaranya seperti orang yang memiliki kondisi penyakit ginjal atau penyakit hati. Kemudian orang dengan alergi terhadap kandungan asam salisilat. Wanita yang sedang hamil dan menyusui juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk penggunaan oral maupun topikal.

Tips Penggunaan Asam Salisilat

Pastikan untuk membaca informasi yang ada pada kemasan obat atau tanyakan pada dokter lebih dulu sebelum memakai asam salisilat dalam sediaan apapun. Perhatikan bahwa asam salisilat adalah obat khusus untuk kulit yang mengalami kondisi tertentu. Hindari pemakaian obat pada kulit yang sehat.

Jika ingin mendapatkan manfaat salicylic acid untuk mengatasi kutil dan kapalan, kamu bisa mengawali dengan membasahi bagian kulit yang teriritasi memakai air hangat selama sekitar 5 menit. Lalu keringkan dan oles obat secara merata. Selain itu, cek rekomendasi obat kutil lainnya pada artikel Ini 6 Jenis Obat Kutil yang Aman.

Sementara itu, apabila obat terkena hidung, mata, mulut, atau luka, segera basuh dengan air bersih selama sekitar 15 menit. Pastikan untuk mencuci telapak tangan sampai bersih setelah memakai obat atau produk yang memiliki kandungan ini. Jika kamu lupa, segera pakai obat apabila jeda dengan pemakaian selanjutnya tidak berdekatan.

Apabila jaraknya sudah dekat, cukup gunakan obat pada dosis selanjutnya. Terakhir, simpan obat dan produk asam salisilat pada suhu ruang, hindari dari paparan sinar matahari secara langsung. Pastikan pula obat dan produk jauh dari jangkauan anak-anak.

Baca juga:  9 Cara Makeup Natural dan Simpel, Cocok Buat Beginner!

Rekomendasi Produk Skincare Terbaik yang Mengandung Asam Salisilat

Produk kecantikan yang mengandung salicylic acid ini tak boleh digunakan setiap hari karena dapat mengikis lapisan kulit. Karena di dalamnya terkandung exfoliant yang mampu mengangkat sel kulit mati. Sehingga, penggunaannya harus sewajarnya saja agar tidak membuat kulit menjadi tipis dan menimbulkan iritasi. Dengan penggunaan yang tepat, maka akan membuat hasil yang lebih maksimal pada wajah dan terhindar dari berbagai masalah kulit wajah. Berikut rekomendasi produk dengan asam salisilat.

1. Scarlett Whitening Acne Serum

salicylic acid adalah
Sumber: Blibli

Produk pertama yang mengandung salicylic acid yang bisa membantu merawat kulit dari jerawat adalah Scarlett Whitening Acne Serum. Serum ini diformulasikan secara khusus dengan kandungan tea tree leaf water dan tumbuhan Centella asiatica, Vitamin C, dan liquorice extract yang mampu meregenerasi kulit dan mengontrol minyak berlebih.

2. Elshe Skin Acne Cleansing Wash

salicylic acid adalah
Sumber: Sociolla

Kandungan salicylic acid dan bahan anti jerawat dari Elshe Skin, sangat ampuh membersihkan kulit wajah yang berjerawat dari minyak berlebih, kotoran, debu, bahkan sisa make up yang digunakan dengan baik.

3. Scarlett Acne Day Cream

salicylic acid adalah
Sumber: Tribunnews

Selain produk serum, ternyata ada juga varian lainnya dari Scarlett Whitening yang mengandung salicylic acid, yaitu Acne Day Cream. Sesuai namanya, produk yang satu ini ampuh digunakan karena diperkaya dengan kandungan lainnya seperti aqua peptide glow, natural squalane, hexapeptide-8, tri ceramide, dan vitamin C alami.

4. Benton Aloe BHA Skin Toner

salicylic acid adalah
Sumber: Beauty Haul

Produk dengan komposisi natural ini mengandung bahan seperti snail secretion filtrate, salicylic acid, dan BHA. Ketiga kandungan tersebut mampu mencegah iritasi kulit, membantu menghidrasi kulit dengan baik, serta berguna sebagai salah satu zat anti peradangan.

5. Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer

salicylic acid adalah
Sumber: Wardah

Selanjutnya, ada produk pelembab dari Wardah yang mampu membantu kulit wajah lebih kenyal serta bebas jerawat. Pelembap untuk malam hari ini juga ampuh untuk menyamarkan noda bekas jerawat.

6. Azarine Anti Acne & Brightening Serum

salicylic acid adalah
Sumber: Azarine

Serum botol jerawat dari Azarine ini tak hanya mampu meredakan masalah jerawat yang ada di wajah, tetapi juga mampu menyamarkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan skincare yang mengandung salicylic acid ini diformulasikan khusus dari bahan alami yaitu dari tumbuhan agar dapat merawat kulit berjerawat.

7. Glam Glow SUPER SERUM 6-Acid Refining Serum

salicylic acid adalah
Sumber: Tokopedia

Serum yang satu ini memiliki formulasi yang tepat untuk pengelupasan kulit berjerawat dengan menghapus sel-sel permukaan kulit yang kusam. Selain itu, produk ini juga dapat mencegah munculnya garis halus pada wajah. Didukung oleh super six acid blend, salicylic acid, AHA, BHA, dan PHA membuatnya mampu mengatasi masalah jerawat dengan optimal.

8. Avoskin Your Skin Bae Series Toner Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water

salicylic acid adalah
Sumber: Shopee

Produk selanjutnya datang dari Avoskin dengan toner dan tea tree water, anti acne, dan exfoliating toner tersebut memiliki kandungan utama salicylic acid sebesar 1% untuk mengeksfoliasi kulit. Selain itu, ada juga zinc dan tea tree untuk mengatasi masalah kulit yang berjerawat serta berkomedo dengan cara menjaga kelembapannya.

9. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution

salicylic acid adalah
Sumber: Zalora

Dengan kandungan AHA, BHA, serta PHA, skincare yang mengandung salicylic acid ini mampu membantu membersihkan pori-pori tersumbat. Tak berhenti sampai di situ saja, produk eksfoliasi ini juga ampuh untuk menghilangkan sel kulit mati serta menjaga tingkat kelembapan kulit.

Itulah beberapa penjelasan tentang asam salisilat. Hindari melapisi asam salisilat dengan produk lain yang mengandung asam tanpa berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Mencampurkan produk yang mengandung asam dapat menyebabkan luka bakar, kerusakan atau jaringan parut jika digunakan secara tidak benar.