Sandalwood Jadi Aroma Parfum Paling Enak, Buktikan!

Sandalwood adalah aroma wewangian yang rich and sophisticated serta biasa digunakan dalam berbagai produk parfum, sabun, lotion, dan luxury candle. Aroma parfum yang enak ini digambarkan wanginya cukup khas. Namun bagi kamu yang belum pernah mencium aromanya secara langsung, mungkin penasaran bagaimana sebenarnya bau aroma kayu cendana ini. Tak perlu berlama-lama, kami akan memberi gambaran betapa aroma sandalwood adalah salah satu wewangian paling digemari para pecinta parfum.

Seperti Apa Wangi Aroma Sandalwood? 

sandalwood adalah
Gambar Red Sandalwood. Sumber: Freepik

DI antara jenis wewangian dasar seperti citrus, floral, amber, chypre, woody, ferns, dan leather, aroma sandalwood dikategoriikan sebagai woody fragrances. Selain sandalwood, ada aroma kayu terkenal lainnya yang biasa dipakai untuk parfum, seperti cedar, vetiver, patchouli, pine, dan cypress. 

Di antara aroma kayu tersebut, sandalwood adalah aroma yang paling mirip dengan patchouli atau nilam. Baik aroma kayu cendana dan nilam ini menjadi bagian dari woody amber yang dicirikan sebagai musky and earthy, dengan aroma sweet dan spicy. 

Dikutip dari laman Harlem Candle Company, aroma unik dan harum sandalwood berasal dari Santalol, senyawa alami yang hanya bisa didapatkan dari essential oil. Sandalwood diekstrak dari heartwood atau inti kayu tropical tree, Indian sandalwood (Santalum album).

Baca juga:  Mau Tahu Perbedaan Toner dan Micellar Water? Simak di Sini!

Bagaimana wangi dari aroma sandalwood itu sendiri? Jika kamu pernah merasakan sendiri aroma sandalwood, kamu langsung mencium wanginya yang sangat khas dan mudah dikenali. Namun kebalikannya, jika kamu belum pernah mencium wangi kayu cendana, maka kualitas aromanya agak sulit diungkap hanya dengan kata-kata saja. Jadi, kamu perlu untuk mencium langsung wewangian kayu ini.

Deskripsi Parfum dengan Aroma Sandalwood adalah

sandalwood adalah
Sumber: Freepik

Secara umum kita bisa memperkirakan seperti apa wangi kayu cendana. Karakteristik utamanya seperti softly woody, smooth and creamy, rich, earthy, sensual, seductive, exotic, musky, sedikit sweet dan pedas. 

Sebagai bagian dari woody fragrance family, bukan hal yang mengherankan jika “woody” adalah deskripsi utama dari aroma kayu cendana ini. Namun jika dibandingkan dengan aroma woody lain, misalnya cedar, keunikan sandalwood adalah memiliki vibe yang lebih cerah dengan sedikit rasa manis.

Aroma parfum bisa dideskripsikan dengan aroma yang smooth dan creamy seperti wangi buttery dan milky. Wangi kayu cendana menjadi base notes yang indah serta melengkapi dan membuat aroma lainnya menjadi lebih meningkat. 

Aroma kayu cendana dalam sebotol parfum akan lebih menakjubkan dan rich saat dicampur dengan berbagai top notes dan middle notes yang menonjolkan aroma floral, fruity, and earthy. Dulunya, parfum sandalwood adalah aroma maskulin yang banyak dipakai untuk wewangian pria. Namun saat ini, kayu cendana sangat populer dipakai untuk parfum wanita.

Baca juga:  Samarkan Bintik Bintik di Wajah dengan 5 Cara Alami

Manfaat Aroma Parfum Sandalwood

Dilansir dari Harlem Candle Company, sejak 4000 tahun lalu, kayu cendana sangat diperhitungkan karena manfaatnya untuk pengobatan. Manfaat kesehatan dari natural essential oil ini termasuk mengelola kecemasan, mempercepat penyembuhan luka, anti-inflamasi, anti kanker, dan bersifat antimikroba. Sebagai aromaterapi, wangi sandalwood membantu menenangkan, menurunkan tingkat stress, membuat lebih rileks, serta melawan anxiety.

Rekomendasi Parfum Sandalwood dari Brand Lokal dan Luar Negeri

Korloff Royal Oud EDP 88 ml

parfum aroma sandalwood
Sumber: Korloff

Rekomendasi parfum pertama dengan aroma sandalwood adalah Korloff Royal Oud EDP 88 ml dari koleksi Private Korloff. Parfum original merepresentasikan kemewahan dan eksklusivitas setiap momen hanya dengan satu semprotannya. 

Tingkatkan kepercayaan dirimu dengan wewangian musky ini pada setiap momen berharga yang kamu lalui. Kombinasi notes sempurna dari Royal ini meliputi vanilla, musk, sandalwood, dan amber. Aroma mewahnya dibalut jadi satu dengan sentuhan lembut oriental wood. Kombinasi unik soft rose dan kayu.

Hermetica Sandalsun EDP 100 ml

parfum lokal
Sumber: Hermetica

Ingin merasakan suasana santai dan teduh meski sedang berada di bawah terik matahari? Cobalah Hermetica Sandalsun dengan kesan aroma nutty dan sweet yang diracik dari ekstrak Vanilla, Hazelnut, dan Myrrh. Aroma woody dan gourmand menambah kesan efek yang hangat bagi pemakainya.

Penasaran dengan kombinasi aroma hazelnut, Vanilla, Bergamot, Cocoa, Myrrh, dan Sandalwood dalam satu parfum? Miliki segera Hermetica Sandalsun, salah satu varian produk lokal andalan.

Baca juga: Ini DIa Cara Jedai Rambut yang Tahan Lama, Penasaran?

Memberikan kesan eksklusif, sweet, and spicy dalam satu semprotannya, menjadikan sandalwood adalah pilihan terbaik parfum yang harus jadi koleksimu. Dapatkan segera aroma parfum sandalwood yang enak dan cocok untuk menyempurnakan penampilanmu.