scalp
Sumber: Freepik

Perhatikan Tanda Scalp Tidak Sehat, Pilih Produk Terbaiknya!

Permasalahan pada area kulit kepala atau scalp penting menjadi perhatian kamu saat menerapkan rutinitas hair care. Perawatan kulit kepala tak boleh ketinggalan dilakukan karena manfaatnya bagus untuk meraih rambut yang sehat dan indah. Kulit kepala yang sehat adalah kunci mendapatkan rambut yang sehat dan kuat pula. Jika kamu merasakan tanda-tanda seperti penumpukan, pengelupasan, dan iritasi, artinya kulit kepalamu sedang tidak baik-baik saja. Jika dibiarkan terus menerus tanpa perawatan yang tepat, kondisi ini dapat membuat folikel rambut lemah dan rusak, sehingga rambut rentan alami kerontokan.

Yuk ketahui bagaimana tanda kulit kepala yang sehat serta manfaat yang kamu peroleh jika konsisten lakukan scalp treatment sesuai jenis rambut yang kamu miliki? Simak ulasan selengkapnya berikut!

Penyebab dan Tanda Kulit Kepala Tidak Sehat

Kulit kepala yang bermasalah pasti ada penyebabnya. Pemakaian hair product secara berlebihan justru membuat penumpukan residu yang menyumbat folikel rambut. 

Kebiasaan keramas setiap hari juga membuat kulit kepala rusak karena cara ini justru tidak dapat menghilangkan sebum. Akibatnya, kekurangan sebum akan mempengaruhi pH kulit kepala, kulit kepala kering, mengiritasi, dan kulit kepala terkelupas. Kesehatan kulit kepala juga diperburuk oleh beberapa faktor seperti stres, polusi, dan pola makanan tidak sehat.

Apa saja tanda-tanda yang terlihat jika kulit kepala mengalami kerusakan dan segera harus diperbaiki? Simak poin-poin pentingnya berikut ini!

  • Rambut alami kekeringan
  • Terasa gatal dan tidak nyaman
  • Produksi sebum berlebih
  • Rambut terasa lebih berminyak
  • Terjadi pengelupasan kulit kepala
  • Kulit kepala alami peradangan
  • Helai rambut mudah patah
  • Pertumbuhan rambut yang sehat menjadi lambat
Baca juga:  7 Tips Ampuh Ketombe Hilang dari Kulit Kepala, No Worry!

Ini Manfaat Lakukan Scalp Treatment

Sumber: Freepik

1. Menjaga Kelembapan Rambut

Pertahankan tingkat kelembapan rambut tetap baik dan seimbang setiap harinya. Pilih shampo yang bersifat membersihkan rambut berminyak kemudian lanjutkan dengan conditioner yang lembut dan ringan. Untuk jenis shampo kulit kepala yang kering, pilih produk rambut yang lebih menghidrasi dan lembut.

Hilangkan dan angkat semua kotoran dan sebum yang berlebihan, pilih clarifying shampoo setidaknya satu minggu sekali menyesuaikan kondisi rambut dan kulit kepala masing-masing. 

Bagi pemilik rambut keriting dan kulit kepala sensitif, hindari ingredient product seperti mineral oil, pewangi, dan silikon. Untuk hasil rambut yang lebih sehat dan kuat, segera beralih bahan hypoallergenic dan bebas pewangi, yang mencegah iritasi dan mengatasi risiko peradangan pada scalp

2. Rambut Semakin Sehat dengan Scalp Exfoliation

Hair scrub penting dilakukan untuk mempertahankan kesehatan rambut dan kulit kepala. Pengelupasan kulit kepala berguna untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, residu produk rambut, dan sebum yang menumpuk di kulit kepala.

Hair scrub juga penting untuk membantu menstimulasi minyak alami rambut untuk rambut dan kulit kepala tetap ternutrisi dan kuat. Hasilnya, produksi sebum akan terkontrol dan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe di kulit kepala. 

Untuk mendapat manfaat rambut semakin sehat, rutin lakukan produk hair scrub yang tepat. Hasilnya, pertumbuhan rambut makin sehat dan berkilau serta mencegah iritasi. Khusus untuk sensitive scalp, konsultasikan kepada dokter untuk perawatan paling cocok dan aman. 

Baca juga:  Alami, 5 Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang
Sumber: Freepik

3. Perawatan Kulit Kepala untuk Rambut Keriting

Semua jenis rambut, termasuk pemilik rambut keriting harus melakukan perawatan kulit kepala. Sifat rambut keriting cenderung mudah rapuh, sehingga sebaiknya kamu perlu mengurangi proses hair styling dengan panas yang tinggi agar masalah kerontokan rambut tidak terjadi. Rutin melembapkan kulit kepala adalah kunci utama untuk menjaga rambut keriting tetap lembap, tidak kering, dan rambut tumbuh lebih kuat. 

Rekomendasi Produk Terbaik untuk Scalp Treatment

Carilah produk hair care yang berfokus pada perawatan kulit kepala dengan dilengkapi formula sebagai pemurni (purifying), pengelupas (exfoliating), dan pelembap (moisturizing) untuk menjaga dan memperkuat setiap helai rambut dari akarnya.

1. Yves Rocher Scalp Booster Treatment 75 ml (Semua Jenis Rambut)

Sumber: yvesrocher.id

Yves Rocher hadir dengan produk Scalp Booster Treatment yang jadi solusi sempurna untuk kamu yang menginginkan kulit kepala dan rambut sehat, tebal, dan kuat. Terdiri dari 98% kandungan organik, Agave fructans, dan natural. Serum rambut ini kaya akan nutrisi yang membuat rambut sehat dari akar hingga ke ujung batang rambut.

Bebas kandungan silikon sehingga rambut akan terhindar dari kerusakan di kemudian hari. Aplikasikan booster treatment ini sebagai andalan kamu merawat kulit kepala dan rambut selalu sehat!

2. Tresemme Deep Smoothing Hair Mask

Sumber: www.tresemme.com

Tresemme memiliki pilihan produk hair mask yang kamu butuhkan untuk merawat rambut. Produk hair care bernutrisi mendalam dengan formulasi khusus untuk melembapkan rambut dan mengontrol rambut kusut hingga 72 jam. Gunakan hair mask dari Tresemme untuk melawan frizzy hair, menghilangkan kusut, rambut jadi mudah diatur dan anti kusut. Dapatkan tampilan rambut indah yang akan menambah kepercayaan dirimu setiap hari.

Baca Juga: Wajib Tahu, 9+ Cara Menebalkan Rambut yang Alami dan Sehat

Terapkan perawatan kulit kepala dan rambut yang tepat untuk hasil rambut sehat dan indah serta terbebas dari kerusakan lebih lanjut. Lengkapi juga dengan asupan nutrisi yang lengkap untuk mempertahankan kesehatan mahkota indahmu. Selalu pilih dan gunakan produk hair care routine terbaik dan berkualitas untuk mengoptimalkan nutrisi untuk rambut dan kilau rambut indahmu akan semakin terpancar.

Add comment

Share