serabi solo
Ilustrasi Membuat Serabi Solo (Sumber: cookpad)

Resep Serabi Solo Buatan Rumah, Serasa Serabi Notosuman!

Kudapan asli Indonesia sangatlah beragam. Salah satunya adalah Serabi Solo. Kudapan berbahan dasar tepung beras dan santan ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Cocok untuk menu sarapan ditemani dengan kopi atau teh panas. Salah satu jenama Serabi Solo yang terkenal adalah Notosuman.

Ada cerita menarik dibalik pembuatan Serabi Notosuman. Selain namanya diambil dari nama salah satu jalan di Solo, ternyata serabi ini dibuat tanpa sengaja! Mau tau bagaimana ceritanya? Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai kudapan khas Kota Solo yang satu ini!

serabi solo teflon
Sumber: Pinterest

Fakta Menarik Serabi Solo

Suatu ketika, tetangga meminta Hoo Ging Hok (pembuat pertama serabi) membuat apem dengan bentuk berbeda. Dia meminta apem itu dibuat dengan bentuk lebih pipih. Lantaran bentuknya yang berbeda dari biasa, orang tidak menyebutnya dengan apem, melainkan serabi. Di luar dugaan, apem berbentuk pipih dengan nama serabi itu ternyata lebih digemari daripada apem itu sendiri. Hingga akhirnya, Hoo Ging Hok memilih berjualan serabi.

Awalnya, Serabi Notusuman disajikan sesuai bentuk aslinya selepas dimasak. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Serabi Notosuman biasa disajikan dengan digulung dan dilapisi dengan daun pisang sebelum dikemas dengan kotak karton. Serabi Notosuman menawarkan dua rasa, yaitu serabi orisinal yang mengedepankan rasa gurihnya santan dan serabi rasa cokelat yang dibubuhi taburan meses cokelat.

Baca juga:  Keajaiban & Keindahan Serta Mitos Candi Prambanan

Resep Serabi

serabi solo buatan rumah
Sumber: Pinterest

Setelah mengetahui fakta menariknya, kamu bisa membuat serabi ini di rumah tanpa harus ke Solo, lho! Berikut resep serabi yang bisa kamu coba.

Bahan:

  1. 300 gr tepung beras
  2. 50 gr tepung tapioka
  3. 250 gr gula pasir
  4. 5 gr ragi instan
  5. garam secukupnya
  6. 500 ml santan hangat
  7. 150 ml santan kental (panaskan)

Cara Membuat:

  1. Masukkan tepung beras, tapioka, gula pasir, ragi, garam dan 400 ml santan. Aduk hingga rata, kemudian diamkan selama 20 menit.
  2. Panaskan cetakan serabi, masukkan adonan ke dalam cetakan. Gunakan api sedang untuk memanaskannya.
  3. Jika adonan sudah agak matang, tuangkan 1 sendok sayur santan kental. Tutup lagi adonan dan tunggu hingga matang.
  4. Taburi topping seperti pisang, nangka, meses, atau keju.
  5. Angkat dan sajikan

5 Jenis Serabi di Indonesia

serabi solo, surabi bandung, serabi kocor, jaje laklak, serabi minang
Sumber: Pinterest

Ada beberapa jenis serabi yang bisa kamu temukan di Indonesia. Coba cek, apakah ada yang menjual serabi di kotamu?

  1. Serabi Solo. Selain Serabi Notosuman, kamu bisa menemukan serabi ini di kota-kota besar seperti Solo, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya dengan jenama yang berbeda. Seperti Serabi H. Oemar, dan lainnya.
  2. Surabi Bandung. Bentuknya bulat sempurna seperti pancake, tapi lebih tipis. Teksturnya lembut dengan permukaan bersarang. Surabi biasanya disajikan dengan kuah gula merah.
  3. Serabi Kucur. Serabi khas Ambarawa ini disajikan dengan kuah gurih cukup banyak. Disebut serabi kucur karena kue serabi direndam di kucuran kuah santan gula merah. Jenis serabi ini cukup mudah di temukan di Ambarawa dan sekitarnya. Hal yang membedakan dengan serabi biasanya adalah cara memasak, alat mencetaknya, dan penyajiannya.
  4. Serabi Minang Pinikuik. Padang juga punya serabi khas yang enak buat camilan, namanya pinukuik. Bentuknya bulat dengan tekstur lebih padat dari serabi daerah lain, sekilas mirip kue apem. Kata pinukuik sendiri diambil dari kata panekuk atau pancake. Dalam pembuatannya, pinukuik atau serabi Minang ini menggunakan bahan tape singkong.
  5. Kue Jaje Laklak. Kue lak lak merupakan serabi khas Bali yang banyak ditemukan di pasar tradisional. Bentuknya bulat dengan tekstur lembut. Jaje Laklak juga biasanya disajikan dengan parutan kelapa serta gula merah.
Baca juga:  Wow! Inilah 5 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Nah, itu dia informasi tentang serabi yang perlu kamu tahu. Sekarang kamu bisa membuat serabi dengan bahan-bahan yang terjangkau di rumah, ya! Dan ternyata ada 4 jenis serabi selain Serabi Solo.

Mia Atika

Add comment

Share