Sirkuit Mandalika, Siap Memacu Adrenalinmu di Surga Wisata Lombok

Sirkuit Mandalika, yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dipastikan menjadi tuan rumah salah satu seri balapan MotoGP pada Oktober 2021 mendatang. Sirkuit Mandalika dipastikan menjadi salah satu tuan rumah setelah rilis di laman resmi MotoGP dikeluarkan. Seri balapan MotoGP Indonesia ditempatkan pada urutan ke-15, yaitu berada di tengah-tengah, setelah MotoGP Thailand dan sebelum MotoGP Argentina.

Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Pembangunan Sirkuit Mandalika sampai saat ini masih terus berjalan dan telah memasuki tahap pengaspalan, tepatnya uji coba lapisan sub-grade. Pembangunan sirkuit yang memiliki panjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan ini diperkirakan rampung pada pertengahan tahun depan.

Dorna Sports selaku promotor ajang balap MotoGP sudah menandatangani kesepakatan dengan pihak Sirkuit Mandalika untuk menggelar balapan selama lima tahun ke depan. Artinya, seri balap MotoGP Indonesia akan digelar di Sirkuit Mandalika sampai tahun 2026. 

Dalam kawasan Sirkuit Mandalika juga telah disiapkan sejumlah fasilitas umum antara lain Masjid Nurul Bilad berkapasitas 4000 orang, Kuta Beach Park, The Mandalika, yang dilengkapi arena bermain anak-anak, tempat bilas, loker tempat menyimpan barang, dan toilet, serta Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata (Balawista) dengan fungsi sebagai Pos Penyelamatan, Pos Kesehatan, Pusat Informasi Wisata, dan Pengamanan Pantai.

Kawasan The Mandalika bakal memiliki Bazaar Mandalika dengan kapasitas 330 Lot yang difungsikan untuk menampung produk UMKM. Selain itu, pengembangan kawasan The Mandalika yang termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas ini juga mendapat dukungan dari pemerintah khususnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Kementerian PUPR telah berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur pendukung The Mandalika.

Wisata Alternatif di Sekitar Sirkuit Mandalika

Meski bukan pertama kalinya, gelaran MotoGP Indonesia pada 2021 jelas akan menarik minat wisatawan, tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri tetapi juga mancanegara. Apalagi, Mandalika sendiri merupakan kawasan yang sarat akan tempat wisata seru dan menarik.

Baca juga:  Berburu Sunrise Terindah di Pantai Lovina

Nah, sebagai referensi kamu nonton MotoGP sambil liburan, kami punya rekomendasi 7 tempat wisata seru di Mandalika yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Seger

Pantai Seger letaknya tak jauh dari Pantai Kuta. Pantai Seger cukup akrab dengan wisata kebudayaan. Pantai ini punya event tahunan yang seru yaitu, Bau Nyale. Ratusan warga berkumpul di pinggir pantai untuk mengumpulkan cacing laut yang diyaini warga setempat sebagai jelmaan Putri Nyale. Sosok legenda yang rela menceburkan diri ke laut agar tidak terjadi perpecahan di Lombok.

Goa Kotak

Seperti namanya, goa ini berbentuk kotak. Keunikan inilah yang membuat destinasi wisata di sekitar Sirkuit Mandalika ini menjadi ngehits. Bukannya berbentuk lorong panjang yang menyempit atau melebar, Goa Kotak menghadirkan goa dengan lorong berbentuk kubus, tanpa stalagmit atau stalagtit, dan di ujungnya menyajikan pemandangan laut lepas yang menakjubkan. Serunya lagi, letak goa ini berada di atas bukit, sehingga siapapun bisa menikmati keindahan panorama alam Mandalika.

Batu Payung

Jika kamu mencari landmark Mandalika, Batu Payung sangat sesuai jika dinobatkan untuk itu. Bentuk batu yang khas berupa karang di pinggir laut dan memiliki popularitas yang mendunia menjadi alasan untuk itu.

Karang berbentuk payung ini berada di kawasan Pantai Tanjung Aan. Kamu tidak akan menjumpai pantai berpasir di sini, melainkan pantai dengan batu karang dan salah satunya yang paling menonjol adalah karang berbentuk payung. Tidak sedikit yang menjadikan Batu Payung sebagai latar belakang untuk berswa foto. Selain karena memang sangat ikonik, pemandangan di sekitarnya juga istimewa.

Pantai Kuta

Sama dengan nama pantai di Bali, Lombok juga punya pantai bernama Kuta yang disebut sebagai pantai terpanjang di Mandalika. Pantai cantik ini dikelilingi pepohonan rindang dan berugak (gazebo, dalam bahasa Sasak) yang bisa dimanfaatkan pengunjung pantai untuk beristirahat atau berteduh saat matahari terik. Jika kamu berniat menonton gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika dan berkunjung ke pantai ini, sempatkan bermain ke Desa Sade. Di desa ini kamu bisa berinteraksi dengan penduduk asli Lombok, yaitu Suku Sasak. Lihat langsung aktivitas warga sehari-hari yang diisi dengan menenun kain tradisional, memancing, dan menjala ikan.

Baca juga:  9 Spot Wisata Lampung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bukit Merese

Jika punya kesempatan mengunjungi Sirkuit Mandalika, dan tertarik menikmati sunset dengan nuansa terbaik, Bukit Merese adalah salah satu spot yang wajib kamu kunjungi. Bukan hanya lanskap bukitnya yang keren, pemandangan yang disajikan di bukit ini menjadi salah satu daya tarik untuk menikmati keistimewaan wisata di Mandalika.

Momen terbaik berada di sini adalah saat matahari terbenam. Bayangkan, melihat matahari yang perlahan tenggelam dari atas bukit yang hijau, ditemani pemandangan laut yang menakjubkan dan tiupan angin yang menyejukkan. Susah mencari tandingan sensasi seperti ini.

Pantai Serenting

Pantai Serenting juga bisa menjadi destinasi wisata alternatif di sekitar Sirkuit Mandalika. Namun demikian, nuansa asyik dan keindahannya tidak kalah dengan pantai populer lainnya di Mandalika.

Seperti halnya pantai indah lain di Mandalika, Pantai Serenting juga memiliki pasir putih yang lembut dengan ombak yang aman untuk berselancar.

Salah satu spot ikonik di Pantai Serenting adalah tengkong atU jamur dalam bahasa Sasak, yang terletak di tengah laut. Pantai ini juga cenderung sepi, jadi sangat sesuai untuk kamu jadikan tempat bersantai tanpa banyak gangguan.

Pantai Tanjung Aan

Jika kamu menengok ke sebelah Barat Bukit Merese, terhampar sebuah pantai cantik dengan posisi melengkung. Di sana terdapat Pantai Tanjung Aan, salah satu destinasi terbaik di sekitar Sirkuit Mandalika. Ombaknya cukup tennag jika dibandingkan beberapa pantai lainnya. Pasir putih yang terhampar terkesan menawan. Makin mengesankan karena pengelola Mandalika menyediakan ayunan pohon untuk ber-selfie ria.