10 Skincare Lokal yang Tidak Kalah dengan Skincare Luar

Memiliki rangkaian skincare atau perawatan untuk kulit tentu menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Terutama bagi yang sudah menginjak usia 25 tahun ke atas. Pasalnya, di usia tersebut berbagai jenis kulit memerlukan perawatan yang benar untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Nantinya, ini pun akan membuat kulit lebih awet muda. Skincare lokal kini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini tak lepas dari kualitas produk yang semakin baik dan harga yang terjangkau. Ada banyak sekali jenama skincare lokal yang tersedia di pasaran, sehingga kamu mungkin bingung untuk memilih yang terbaik. Jika kamu baru ingin mencari produk perawatan kulit yang cocok, simak 10 rekomendasi produknya di bawah ini!

skincare lokal
Sumber: iStockPhoto

10 Rekomendasi Produk Skincare Lokal

Dari sekian banyak produk perawatan kulit yang diproduksi dalam negeri, ada 10 rekomendasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Apa saja ya?

1. Emina

skincare lokal
Sumber: Emina Cosmetics

Emina merupakan salah satu produk perawatan kulit lokal terbaik dengan target market adalah remaja. Sebenarnya Harga dari produk Emina pun sangat terjangkau karena harganya yang di bawah 150 ribu. Produk Emina meliputi sabun cuci muka, toner, make up remover, moisturizer, face mask hingga serum untuk kulit wajah. Produknya yang terbaru adalah Natura Pal Series yang terdiri atas moisturizer, serum, essence, dan cleanser. Natura Pal Series ini diklaim mampu membuat kulit menjadi lembap dan terlindungi dari radikal bebas. Selain itu, skin barrier juga akan terjaga dengan baik. Kemasannya juga terbuat dari bahan-bahan yang natural sehingga ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.

2. Wardah

skincare lokal
Sumber: Wardah

Wardah membangun branding sebagai produk skincare lokal terbaik dengan label halal. Produk Wardah telah dikenal sebagai salah satu jenama perawatan kulit lokal terbaik yang mengandung bahan-bahan alami untuk menjaga kulit. Tidak hanya fokus untuk skincare, jenama ini juga mengeluarkan perawatan rambut, produk untuk riasan wajah, hingga perawatan tubuh. Jenama Wardah juga memberikan label anti-animal testing, artinya produk yang mereka produksi tidak menggunakan hewan percobaan karena semua menggunakan bahan alami yang sehat.

Baca juga:  5 Step Menghilangkan Bruntusan dengan Produk Lokal Terbaik

3. Avoskin

skincare lokal
Sumber: Tokopedia

Avoskin adalah salah satu jenama perawatan kulit lokal terbaik yang mengklaim cruelty-free. Artinya, jenama ini tidak menggunakan proses tes ke hewan yang bisa membahayakan nyawa hewan. Avoskin sendiri juga menggunakan bahan-bahan alami untuk produk yang mereka keluarkan ke market. Avoskin membagi produk perawatan wajahnya ke dalam empat kategori, yaitu untuk kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif dan kulit berjerawat. Dengan begitu, para konsumen bisa mempunyai pilihan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah. 

4. N’Pure

skincare lokal
Sumber: Shopee

Jenama N’Pure telah berdiri sejak tahun 2017 silam. N’Pure membagi produknya ke dalam tiga kategori, yaitu Centella Asiatica Series yang terdiri dari toner, sabun untuk cuci muka, serum, dan juga krim untuk wajah. Selanjutnya ada Marigold Series, yaitu rangkaian perawatan yang terdiri dari serum wajah dan mempunyai keunggulan untuk membuat kulit lebih kencang dan juga bisa mencegah penuaan dini. Kemudian ada juga seri Cactus Aloe Vera yang menggunakan bahan ekstrak kaktus dan lidah buaya dan berfungsi untuk menutrisi serta melembabkan kulit. 

5. Mineral Botanica

skincare lokal
Sumber: 123ish.com

Mineral Botanica rilis pada tahun 2015 dan mengklaim bahwa produk mereka menggunakan bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuhan dan mineral. Jenama Mineral Botanica ini mempunyai beragam produk yang berfungsi untuk memberikan perawatan pada berbagai macam permasalahan kulit wajah, hingga produk make up. Selain fokus pada produk skincare dan juga make up, Mineral Botanica juga memproduksi produk body care yang terdiri dari wewangian segar mulai dari fragrance mist hingga eau du toilette.

6. Somethinc

skincare lokal
Sumber: Sociolla

Somethinc adalah salah satu produk perawatan kulit wajah lokal terbaik dan mengklaim telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Jenama ini juga menyatakan bahwa produk yang mereka miliki telah mendapatkan izin dan telah diuji oleh BPOM sehingga aman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti bekerja di luar ruangan dan lain-lain. Somethinc sendiri mempunyai beragam jenis produk yang terbagi menjadi beberapa kategori mulai dari make up, skincare, dan juga body care atau perawatan tubuh.

Baca juga:  5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

7. WhiteLab

skincare lokal
Sumber: SehatQ.com

Whitelab adalah satu dari jenama skincare lokal terbaik di Indonesia yang menyatakan bahwa mereka mempunyai produk untuk segala jenis kulit. Percaya diri untuk bersaing di kancah industri kecantikan, Whitelab telah mengantongi izin BPOM untuk berproduksi. Whitelab sendiri menyatakan bahwa mereka menggunakan bahan-bahan yang aman untuk menjaga dan merawat kulit dan tubuh pengguna mereka.

8. Azarine

skincare lokal
Sumber: Azarine

Azarine adalah salah satu jenama skincare lokal terbaik di Indonesia yang membagi produknya berdasarkan jenis kulit orang Indonesia. Mulai dari rangkaian perawatan untuk kulit berjerawat, kulit yang memiliki bekas jerawat, kulit kusam dan masih banyak lagi. Azarine pun mempunyai rangkaian perawatan untuk kulit wajah dan juga rambut.

9. Sensatia Botanicals

skincare lokal
Sumber: productnation.co

Sensatia Botanicals merupakan jenama perawatan kulit wajah lokal yang berfokus pada produk-produk berbahan dasar alami dari Indonesia. Brand ini memiliki berbagai produk skincare yang cocok untuk kulit sensitif. Jenama Sensatia Botanicals dibentuk dari keinginan untuk memproduksi produk makeup yang menggunakan bahan-bahan natural dan berkualitas. Dalam proses produksinya tidak memakai bahan kimia maupun zat buatan. Menariknya lagi, jenama ini juga menjual produk-produk skincare yang dirancang khusus untuk ibu dan bayi.

10. ElsheSkin

skincare lokal
Sumber: Sociolla

Elsheskin merupakan jenama perawatan kulit lokal yang berfokus pada produk-produk berbahan dasar aktif. Jenama ini memiliki berbagai produk skincare yang cocok untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, dan penuaan dini. Beberapa produknya yang best-seller antara lain Retinol Rejuvenating Night Serum, Radiant Skin Serum, dan sebagainya. Karena sudah diakui oleh BPOM, setiap produknya aman digunakan. Perlu diketahui bahwa produk ini tidak mengandung sulfat, paraben, maupun pewangi tambahan.

Nah, itu dia 10 rekomendasi produk skincare lokal yang bisa kamu pilih. Tentunya, sesuaikan dengan budget dan juga permasalahan kulitmu. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit terpercaya mengenai kandungan apa yang cocok untuk permasalahan kulitmu. Penggunaan produk skincare biasanya tidak memberikan hasil yang instan. Diperlukan waktu untuk melihat hasilnya. Selain itu, pemakaiannya juga harus dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih optimal.