Jadi Glow Up, Ini Buah untuk Skincare Mencerahkan Wajah Kusam

Merawat dan menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan rangkaian skincare mencerahkan wajah secara urut dan rutin saja tentunya tidak cukup. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kebiasaan baik ini juga harus didukung dengan cara menerapkan pola hidup sehat sebagai bentuk perawatan kulit dari dalam.

Salah satunya adalah mengonsumsi buah. Ternyata, banyak kandungan buah yang sangat bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Ini bisa menjadi solusi sehat bagi kamu yang ingin kulit wajahnya glow up secara alami. Yuk, simak skincare “buah” untuk mencerahkan wajah kusam di bawah ini.

skincare mencerahkan wajah
Sumber: iStockPhoto

Penyebab Kulit Kusam

Muka kusam akan tampak kehilangan cahaya alaminya dan terlihat pucat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kurangnya Hidrasi

Dehidrasi adalah penyebab wajah kusam yang utama dan paling umum. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik cenderung kering, kasar, dan kusam. Minum kurang dari 8 gelas air setiap hari dapat mengakibatkan kulit kering dan dehidrasi.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar UV dari matahari menyebabkan produksi pigmen kulit (melanin) meningkat, yang bisa menyebabkan munculnya noda hitam. Ini adalah salah satu penyebab muka kusam dan noda hitam.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Bila sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit, akan menyebabkan kulit tampak kusam dan kurang bercahaya. Ini juga bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan wajah kusam dan bruntusan.

4. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Seperti yang kita tahu, apa yang kamu makan mempengaruhi kesehatan kulit. Konsumsi terlalu banyak makanan olahan, minuman berkafein, dan gula dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah, yang pada gilirannya menyebabkan inflamasi dan muka kusam.

5. Penggunaan Skincare untuk Mencerahkan Wajah yang Salah

Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu bisa menjadi penyebab wajah kusam. Misalnya, penggunaan produk dengan bahan agresif atau penggunaan makeup berlebihan tanpa membersihkannya dengan baik.

6. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Tidur adalah waktu bagi kulit untuk memperbaiki dan meremajakan diri. Kurang tidur dapat mempengaruhi proses ini, sehingga menjadikan kulit kusam dan lelah.

7. Merokok

Penyebab wajah kusam yang terakhir adalah merokok. Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga untuk kulit. Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak segar.

8. Tidak Menggunakan Pelembab

Pelembab dapat menjaga kelembaban kulit dan melindungi lapisan kulit agar tetap sehat. Tidak menggunakan pelembab wajah dapat mempengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit serta menyebabkan muka kusam, terutama pada pemilik kulit kering.

Baca juga: 10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Bahan Aktif dari Skincare untuk Mencerahkan Wajah Kusam

skincare mencerahkan wajah
Sumber: iStockPhoto

Proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit sering menjadi cara tepat untuk mengurangi kulit kusam. Namun, ada cara yang lebih aman untuk meningkatkan kecerahan dan mengurangi kulit kusam, yaitu dengan skincare pencerah kulit. Kandungan pada skincare pencerah wajah biasanya bekerja dengan menghidrasi kulit. Sebelum memilih produk skincare untuk mencerahkan kulit, pastikan skincare tersebut mengandung beberapa kandungan berikut ini:

1. Niacinamide

Niacinamide adalah vitamin B3 yang memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kulit. Kandungan ini sangat efektif untuk mencerahkan warna kulit. Zat ini digunakan sebagai pelindung kulit dan pelembab yang membantu memperbaiki pori-pori yang membesar, warna kulit tidak merata, hiperpigmentasi, garis-garis halus, kerutan, dan kulit kusam.

Skincare yang mengandung niacinamide dapat digunakan bersama dengan produk yang mengandung retinol untuk meningkatkan efek anti-penuaan dan meratakan warna kulit. Gunakan serum retinol 1-2 kali per minggu bersama dengan produk skincare yang mengandung niacinamide, maka ini akan membuat wajah tampak lebih muda, cerah, bercahaya.

2. Asam alfa hidroksi (AHA)

Asam alfa hidroksi merupakan kelompok zat asam yang berasal dari tumbuhan atau hewan. Beberapa jenis AHA yang umum digunakan dalam produk skincare adalah asam sitrat, asam glikolat, asam laktat, asam malat, dan asam tartarat. Kandungan skincare ini biasanya terkandung dalam serum, toner, krim, atau produk eksfoliasi. AHA berperan dalam membantu pengelupasan kulit dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru. Jika kulit mati terangkat sepenuhnya, produk skincare lain dapat meresap lebih dalam, sehingga kulit terhidrasi dan lembab. 

Baca juga:  Inilah Alpha Arbutin, Brightening Agent yang Aman untuk Kulit

3. Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang dapat mencerahkan dan melembabkan kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga dapat merangsang pembentukan kolagen, yakni protein yang berperan penting dalam membentuk jaringan kulit sehat. Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin C untuk kulit kering dan kusam ini dalam berbagai produk skincare untuk kulit kusam. Seperti sabun cuci muka, serum, face oil, dan krim pelembab.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan kulit. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu memperbaiki struktur kulit, serta membantu menjaga kelembaban kulit. Vitamin ini juga banyak digunakan dalam skincare untuk mencegah penuaan dini.

5. Asam Hialuronat

Asam hialuronat atau hyaluronic acid dapat ditemukan secara alami dalam jaringan tubuh manusia, termasuk di kulit. Namun, faktor penuaan dan kebiasaan merokok dapat menurunkan jumlah asam hialuronat dalam tubuh hingga akhirnya membuat wajah menjadi kusam.

Untuk memenuhi kadar asam hialuronat dalam tubuh, kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung bahan tersebut, seperti serum, sabun cuci muka, dan pelembab. Asam hialuronat diketahui dapat mengikat molekul air, sehingga kulit selalu lembab. Selain melembabkan kulit, skincare untuk kulit kering dan kusam ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih sehat dan glowing.

6. Asam Salisilat

Penggunaan sabun cuci muka yang mengandung alkohol dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga kulit menjadi kering. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih produk sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat. Zat ini mampu melarutkan kotoran dan minyak tanpa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, asam salisilat juga tersedia dalam bentuk obat oles yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati pemicu utama kulit kusam.

7. Shea Butter

Shea butter adalah lemak yang diekstraksi dari pohon shea. Kandungan skincare untuk wajah ini biasanya tersedia dalam bentuk krim berwarna putih pudar. Minyak alami ini umum digunakan dalam berbagai produk skincare untuk kulit kusam karena dinilai mampu mengunci kelembaban kulit.

Selain krim, shea butter dalam bentuk masker juga dipercaya dapat mencerahkan wajah kusam. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker wajah dengan kandungan shea butter secara rutin sekitar 1–3 kali seminggu.

8. Ceramide

Ceramide merupakan sejenis lemak alami yang dihasilkan oleh jaringan kulit. 

Jenis ceramide buatan biasa digunakan sebagai salah satu kandungan skincare untuk mencerahkan kulit yang kusam.

9. Ekstrak Beras Putih

Ekstrak beras putih mengandung resveratrol, yakni zat yang dapat melembabkan kulit dan mencegah serta memperbaiki kerusakan kulit akibat penuaan. Karena manfaatnya tersebut, ekstrak beras putih biasanya ditambahkan dalam berbagai produk skincare, seperti sabun, toner, pelembab, dan serum wajah.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu pelembab alami kulit. Gel dari daging lidah buaya mengandung pelembab alami serta zat yang dapat mengurangi peradangan dan membantu mencerahkan kulit kusam.

Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan (sunburn). Berkat manfaatnya yang beragam ini, lidah buaya kerap ditambahkan sebagai kandungan skincare untuk mencerahkan wajah kusam.

Buah yang Bisa Dijadikan Skincare, Apa Saja?

skincare mencerahkan wajah
Sumber: iStockPhoto

Berikut ini beberapa buah yang bagus untuk dijadikan skincare untuk mencerahkan kulit wajah kusam yang bisa kamu konsumsi secara rutin:

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah tinggi kalori yang kaya akan antioksidan seperti lutein dan beta karoten. Selain mengkonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa memanfaatkan alpukat sebagai masker untuk membantu melembutkan dan melembabkan kulit wajah. Cukup haluskan alpukat, campur dengan satu sendok teh madu, kemudian oleskan pada wajah sampai merata. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

2. Lemon

Kandungan vitamin B, C, dan fosfor di dalamnya dapat membantu membuat kulit menjadi lebih bersinar. Bahkan, kandungan asam dalam lemon dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan juga menyamarkan bintik hitam sebagai salah satu tanda penuaan dini.

Lemon juga menjadi buah yang baik untuk kulit karena dapat membersihkan pori-pori tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit wajah. Untuk dapat merasakan manfaat dari lemon, kamu cukup mencampurkan satu sendok air perasan lemon dengan putih telur serta ekstrak jus anggur sebagai masker wajah.

Baca juga:  Cara Kerja Botox dan Efek Sampingnya

3. Stroberi

Selanjutnya ada buah stroberi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, dan menyamarkan garis halus serta kerutan pada kulit wajah. Stroberi juga mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu mencerahkan warna kulit. Untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa membuat masker wajah dari stroberi yang sudah dihaluskan, diberi tambahan bubuk kakao dan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

4. Buah Bit

Buah yang satu ini mengandung vitamin dan mineral, serta bersifat anti-radang yang bisa meredakan jerawat yang meradang, mencerahkan kulit, dan menyamarkan bintik hitam. Sama seperti buah lainnya, kamu bisa membuat masker dari buah bit yang dihaluskan dan mengaplikasikannya secara rutin.

5. Labu

Kandungan vitamin A, C, dan seng di dalamnya dapat membantu mengatur produksi minyak, memperbaiki warna kulit, dan mengecilkan pori-pori. Selain mengonsumsi segenggam biji labu secara rutin, kamu juga bisa membuat masker labu. Campurkan tiga sendok teh labu, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh susu, kemudian dihaluskan. Oleskan masker dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

6. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, K, B1, B3, B5, B6, B7, C, serta likopen yang bisa menunda penuaan dini. Kamu bisa menggunakan tomat sebagai masker dan digunakan secara rutin agar kulit tampak bersinar.

7. Jeruk

Hampir sama dengan lemon, jeruk juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker untuk membuat kulit menjadi bersih dan cerah dalam waktu singkat.

Hal ini disebabkan oleh kulit jeruk yang bersifat antimikroba dan antibakteri. Caranya cukup ambil bubuk parutan kulit jeruk dan campurkan dengan dua sendok yogurt tawar. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

8. Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang baik untuk kulit karena mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi garis halus serta kerutan yang menjadi tanda penuaan dini. Pepaya juga mengandung enzim papain yang bertindak sebagai zat antiradang, mencegah penuaan, dan berfungsi sebagai eksfoliator alami.

9. Kiwi

Selain memiliki rasa yang manis, buah kiwi juga mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mencegah infeksi kulit sekaligus membantu mengencangkan kulit. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga sangat baik untuk membantu kulit memproduksi kolagen dan menjaga keseimbangan minyak alami kulit wajah.

10. Jambu Biji

Kandungan vitamin C di dalamnya sangat ampuh untuk merangsang produksi kolagen dalam tubuh, sehingga bisa membuat kulit tampak cerah, lembab, dan kenyal.

Baca juga: 5 Manfaat Lactic Acid untuk Kulit Wajah Makin Glowing

Tips Lain untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat

skincare mencerahkan wajah
Sumber: iStockPhoto

Selain konsumsi jenis buah-buahan yang disarankan sebagai skincare untuk mencerahkan wajah kusam, kamu juga perlu untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

1. Kendalikan Stres

Stres dapat menyebabkan peningkatan hormon kortisol, di mana hormon ini berpengaruh terhadap aliran darah ke kulit. Jadi, jika kamu mengalami stres berlebih, maka bukan tidak mungkin apabila kulit wajah akan tampak kusam, kering, bahkan timbul jerawat. Oleh karena itu, usahakan untuk mencari pengalihan dari hal-hal yang dapat membuat stres. Misalnya mengatasi stres dengan pergi berbelanja, menonton film, atau melakukan hobi lainnya.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Apabila tubuh mendapatkan cairan yang cukup, maka kolagen dan kelembaban pada kulit pun akan terjaga.

3. Rutin Olahraga

Olahraga dikatakan sebagai salah satu cara mencerahkan kulit secara alami karena dapat meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah. Dengan begitu, jaringan kulit akan menerima asupan nutrisi dan oksigen dengan baik dan membuat kulit menjadi lebih cerah sekaligus sehat.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Jika kamu ingin kulit terawat dengan baik, maka usahakan untuk mengurangi asupan makanan olahan dan makanan asin. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut dapat meningkatkan risiko pembengkakan jaringan melalui retensi cairan sehingga menghambat refleksi cahaya alami kulit.

5. Tidur yang Cukup

Mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti begadang, juga bisa membantumu dalam memperoleh kulit yang sehat dan cerah. Jadi, pastikan untuk memiliki waktu tidur yang cukup setidaknya 7 jam per hari guna membantu pembentukan kolagen. Tidur yang cukup juga dapat melancarkan aliran darah, sehingga kulit akan mendapatkan nutrisi dengan optimal.

6. Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Memakai tabir surya merupakan salah satu cara mencerahkan wajah yang tidak boleh terlewatkan. Saat berada di luar ruangan, kulit akan terpapar sinar matahari secara langsung. Di mana paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit tampak lebih gelap. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Untuk memperoleh manfaat sunscreen tersebut secara optimal, aplikasikan tabir surya setiap 2–3 jam sekali, terutama saat kulit terkena air atau berkeringat.

Nah, itulah beberapa hal yang dijelaskan mengenai skincare untuk mencerahkan wajah kusam. Dengan konsumsi buah dan menerapkan gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin kamu akan memiliki kulit wajah yang glowing dan juga sehat. Perlu digaris bawahi bahwa proses tersebut membutuhkan waktu. Jadi, tetaplah konsisten selama melakukan perawatan kulit untuk memperoleh hasil yang maksimal.