Skincare untuk Kulit Berminyak dan Pori Besar, Hindari 5 Bahan Berikut Ini!

skincare untuk kulit berminyak dan pori besarSumber: Freepik

Membangun rutinitas skincare untuk kulit berminyak dan pori besar kedengarannya lebih mudah diucapkan dibanding saat mengaplikasikan. Mungkin kamu selama ini telah beralih ke produk dengan bahan kuat dengan harapan seluruh kelebihan minyak (sebum) dapat terserap. Namun faktanya, eksfoliasi berlebihan dan memakai toner yang keras dapat menjadi bumerang serta membuat kulit makin berminyak dan pori-pori tersumbat.

Nah, produk skincare untuk kulit berminyak dan pori besar harus tepat agar tidak memicu jerawat dan iritasi kulit. Lalu apa saja bahan skincare yang harus dihindari bagi pemilik jenis kulit berminyak dan pori besar? Mari simak penjelasan mendalam berikut ini.

Apa itu Kulit Berminyak?

Pada intinya, kulit berminyak (oily skin) adalah hasil dari peningkatan produksi sebum yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan besar. Jadi meskipun muncul sedikit kilau ekstra di wajah, keberadaannya bisa mendorong perubahan tekstur kulit menjadi tidak rata. 

Lalu bagaimana oily skin dan pori besar dapat terjadi? Kulit berminyak dapat disebabkan oleh sejumlah penyebab, di antaranya perubahan hormon, genetika, cuaca, dan produk skincare tertentu yang mengandung alkohol. Setelah tahu apa saja penyebabnya, tentu untuk mengurangi tampilan kulit berminyak dan pori besar, bahan yang terkandung dalam skincare harus betul diperhatikan.

Inilah Bahan Skincare yang Perlu Dihindari Oily Skin

Sumber: Freepik

Sebelum mengetahui apa saja produk skincare untuk kulit berminyak dan pori besar yang efektif mengurangi wajah mengkilap dan jerawat, berkut beberapa bahan yang perlu dihindari oily skin.

  1. Petrolatum (Petroleum Jelly)

Salep berminyak (greasy ointments) yang diaplikasikan pada kulit berminyak bisa memicu penyumbatan pori-pori. Untuk itu, jauhi salep berminyak yang mengandung petrolatum dan gunakan krim atau lotion ringan. Pastikan kamu memilih produk skincare untuk kulit berminyak dan pori besar dengan label “non-comedogenic”. Artinya, produk tersebut telah terbukti tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  1. Alkohol

Dalam konteks perawatan kulit, hindari produk berbasi alkohol bagi jenis kulit berminyak dan pori besar. Produk berbasis alkohol seperti toner, dapat membantu menghilangkan sebum berlebih dari kulit, namun jika terlalu berlebih dapat mengelupas kulit dan menyebabkan iritasi. Saat kamu terlalu mengeringkan kulit dengan produk berbasis alkohol, ini dapat mengganggu kesehatan skin barrier dan menyebabkan peradangan.

  1. Natural Oil

Sebagian besar jenis natural oil dapat memperburuk kulit berminyak dan menghalangi pori-pori yang berkontribusi terhadap pertumbuhan jerawat. Kamu tidak boleh menggunakan natural oil secara sembarangan. Ahli dermatologis merekomendasikan tea tree oil dan coconut oil sebagai minyak alami yang paling cocok untuk kulit berminyak dan pori besar.

  1. Lulur Kasar (Harsh Scrub)

Meski eksfoliasi yang lembut dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, over-exfoliate dapat memicu iritasi kulit. Scrub yang keras dan kasar dapat menyebabkan “retakan” pada lapisan kulit luar yang mengakibatkan hilangnya hidrasi dan kulit menjadi meradang.

Baca juga:  Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Simak 7 Tips Ampuh Memudarkannya

Over-exfoliate juga bisa merusak skin barrier dan menyebabkan peningkatan produksi sebum untuk membantu mengimbanginya. Untuk mendapatkan produk eksfoliator yang aman, carilah bahan yang lembut dan noncomedogenic.

  1. Pomade

Sudah jelas, apa yang kita aplikasikan pada rambut dapat mempengaruhi kulit. Apalagi jika rambut menyentuh wajah atau saat kamu mengaplikasikan produk rambut di dekat garis rambut. Perlu kamu ketahui, produk rambut pomade dapat menyebabkan jerawat karena kandungannya dapat menyumbat pori-pori sehingga muncul jerawat di sekitar garis rambut. 

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak dan Pori Besar

Sumber: Freepik

Mulai rutinitas skincare untuk mengatasi kulit berminyak dan pori besar dengan langkah pembersihan, eksfoliasi, melembapkan, dan memakai sunscreen setiap hari. Kesalahpahaman yang masih ada seperti kulit berminyak tidak memerlukan pelembap karena akan membuat kulit lebih berminyak. Namun tidak demikian, karena jika kamu tidak memakai pelembap yang cukup, kulit dapat terkompensasi secara berlebihan dan menghasilkan lebih banyak sebum.

Beberapa skincare untuk kulit berminyak dan pori besar berikut perlu kamu jadikan rutinitas. Berikut rekomendasi produknya!

  1. Cleanser  

Pilih produk pembersih wajah yang lembut serta mengandung salicylic acid untuk mengobati jerawat tanpa mengiritasi kulit. Bahan aktif ini juga membersihkan kulit tanpa mengeringkan serta membuat kulit terasa lembut dan halus.

Cetaphil Oily Skin Cleanser

Sumber: cetaphil.co.id

Cetaphil Oily Skin Cleanser bisa jadi cleanser andalan kamu karena diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, jerawat, hingga sensitif. Sebum akan dibersihkan dengan teksturnya yang lembut, cair, dan busa rendah. Efek lembapnya bisa kamu rasakan setelah mencuci wajah berkat niacinamide (vitamin B3) dan panthenol (pro-vitamin B5). 

Deep cleaning sekaligus mengecilkan pori-pori tanpa menghilangkan kelembapan alami. Tak hanya untuk wajah, produk ini juga bisa kamu gunakan untuk bagian tubuh lainnya.

  1. Moisturizer

Carilah produk pelembap dengan bahan glycerin dan salicylic acid untuk menghidrasi kulit dan niacinamide untuk membantu meratakan warna kulit. Gunakan pelembap dengan formula bebas minyak dan silicon-free sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Baca juga:  5 Cara Identifikasi Undertone Skin Kamu dan Tips Make Up yang Cocok

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Sumber: somethinc.com

Pelembap untuk kulit berminyak dan pori besar dari brand lokal Somethinc ini perlu kamu coba! Dilengkapi formula Hyrdolyzed Marine Collagen yang mampun menyerap lebih cepat ke kulit. Kandungan kolagen di dalamnya mampu memperkuat skin barrier. Penggunaan rutin akan menghasilkan tekstur kulit yang lebih kenyal, lembap, dan bebas penuaan dini.

  1. Exfoliant

Glycolic acid bermanfaat untuk mengurangi produksi sebum berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub

Sumber: himalayawellness.in

Cobalah scrub wajah yang diformulasikan untuk kulit sehat, cerah, dan bebas jerawat ini. Himalaya Herbals Purifying Neem Scrub memiliki aksi ganda sebagai exfoliator dan cleanser. Formula utama ekstrak daun neem berperan penting sebagai pembersih dan anti bacterial untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Dipadukan dengan serbuk biji aprikot yang bagus untuk mengangkat komedo membandel, sel kulit mati, sebum, dan kotoran yang menumpuk. Pemakaian secara tepat akan menghasilkan kulit menjadi lebih cerah, lembut, segar, dan awet muda.

  1. Sunscreen

Carilah sunscreen atau tabir surya untuk kulit berminyak dengan formula yang melindungi sinar UVA dan UVB, non comedogenic, hypoallergenic, serta bebas dari minyak, paraben, dan pewangi.

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Sumber: wardahbeauty

Produk sunscreen lokal yang nyaman diaplikasikan karena formulanya yang non-sticky. Cocok digunakan untuk kulit berminyak dengan tekstur gel yang ringan dan cepat meresap di kulit. Menutrisi kulit berkat formula vitamin E dan pro vitamin B5. Sunscreen Wardah ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan tetap memberikan kualitas terbaik untuk kulit.

  1. Retinol

Retinol membantu “mengentalkan” kulit untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan mengelupas kulit dengan halus. Kunci untuk kulit berminyak adalah produk yang mengelupas, meningkatkan pergantian sel, dan mengangkat pori-pori. Retinol atau retinoid ini adalah bahan aktif yang bagus untuk membantu mengurangi sebum, meningkatkan pergantian sel, memperbaiki pigmentasi, dan mencegah jerawat.

Baca juga: Kupas Tuntas Dark Spot: Penyebab dan 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Rutinitas skincare untuk kulit berminyak dan pori besar yang tepat perlu kamu mulai dari sekarang. Perawatan wajah yang tepat akan membantumu merawat kulit menjadi lebih sehat, lembap, dan bebas masalah. Jika permasalahan kulit berminyak dan pori besar semakin tak terkendali dan parah, segera konsultasikan dengan dokter kulit masing-masing untuk perawatan terbaik.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Berita Terbaru