10 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Wajah Bersih!

Mari mulai dengan satu pemahaman: tidak masalah memiliki jerawat dan bekas jerawat yang ada di wajah. Secara alami kulit tak harus selalu halus dan bersih agar menjadi cantik dan bersinar. Memang bagi sebagian orang, munculnya bekas jerawat adalah hal yang menyebalkan. Jika kamu sedang menghadapi masalah jerawat dan bekasnya yang tak kunjung pudar, kamu tak sendiri. Kami akan membantumu mencoba beberapa treatment dan bahan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Perlu dipahami, bahwa perawatan bekas jerawat berikut ini bisa jadi berbeda tergantung pada jenis jerawatnya. DI bawah ini, simak acne scars treatment yang bisa kamu coba di rumah.

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam 

Cara terbaik untuk memastikan kamu tidak harus berurusan dengan bekas jerawat hitam adalah dengan mengambil langkah pencegahan. Salah satunya adalah dengan tidak memencet jerawat agar tidak semakin meradang dan membekas. Segera perbaiki rutinitas skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam dengan bahan dan treatment efektif berikut.

1. Asam Salisilat (Salicylic Acid)

Manfaat salicylic acid adalah membantu mengangkat kotoran, sel-sel kulit, minyak berlebih hingga bakteri penyebab jerawat. Bahan aktif yang sering menjadi formula utama acne treatment product ini juga bersifat antibacterial dan anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan, kemerahan, dan bengkak di area jerawat..

Salicylic acid pada dasarnya efektif untuk memudarkan semua jenis bekas jerawat hitam dan bopeng. Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, dianjurkan untuk lakukan uji produk (spot test)  pada area kecil kulit, misalnya belakang siku. Tujuannya adalah untuk memastikan asam aktif ini aman dan tidak menimbulkan reaksi dan iritasi.

2. Alfa Hydroxy Acid (AHA) 

Alpha hydroxy acid (AHA) bekerja efektif dalam membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membebaskan pori-pori tersumbat. Jenis asam yang ringan ini bekerja dengan mengikis lapisan luar kulit kemudian mendorong pertumbuhan lapisan kulit baru di bawahnya. Ada banyak skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang dijual bebas dengan kandungan aktif AHA di dalamnya. AHA juga telah disetujui dokter dan dermatologis untuk merawat jerawat dan mencegah timbulnya bekas jerawat. 

3. Lactic Acid

Sumber: Freepik

Agen pengelupasan berikutnya yang bisa kamu coba adalah asam laktat atau lactic acid. Bahan aktif ini bertindak sebagai chemical exfoliator yang lembut dengan mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di pori-pori. Penggunaan secara rutin dapat membantu menyamarkan bekas luka dan memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus.

Baca juga:  Manfaat dan Efek Samping Glycolic Acid, Skincare Terbaik untuk Wajah

Asam laktat dalam produk skincare yang kamu gunakan manfaatnya juga mencerahkan area bekas jerawat hitam. Sama seperti bahan aktif lainnya, lakukan spot test di area kecil kulit, sebelum mengaplikasikan ke wajah.

4. Bahan Pencerah: Vitamin C, Azelaic Acid

Salah satu tanda hiperpigmentasi pasca-inflamasi adalah perubahan warna kulit di area jerawat. Gunakan bahan pencerah yang terbukti efektif seperti Vitamin C, tranexamic acid, azelaic acid. Bahan-bahan pencerah ini bersifat lebih intens dan harus diaplikasikan dengan hati-hati.

5. Retinoid

Krim retinoid dikenal sebagai salah satu skincare ingredient untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng. Manfaat retinoid ini adalah mengurangi jerawat membandel, mencegah peradangan, hingga membantu mempercepat regenerasi sel kulit. 

Jika kamu baru pertama kali mencobanya, pastikan untuk mengoleskan retinoid dengan lapisan tipis agar kulit beradaptasi. Retinol atau retinoid ini lebih baik digunakan hanya dua atau tiga kali seminggu. Dalam kurun waktu beberapa minggu, kamu bisa meningkatkan pemakaiannya jika kulit tidak bereaksi. Dalam pemakaiannya, kandungan retinoid bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari, terutama jika tidak memakai sunscreen

6. Jangan Lewatkan Tabir Surya

Bukan rahasia jika tabir surya atau sunscreen adalah kebutuhan sehari-hari untuk melindungi kulir dan mencegah penuaan dini. Rajin memakai tabir surya terutama di siang hari juga membantu mencegah bekas jerawat memburuk. Hal ini karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang merusak kulit. Pilih sunscreen dengan SPF 30 baik saat beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

7. Perawatan Rumahan dengan Bahan alami

Sumber: Freepik

Sebagian besar orang setidaknya pernah melakukan perawatan rumahan dengan bahan alami untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan bopeng. Beberapa bahan yang populer digunakan telah terbukti efektivitasnya, namun sebagian lainnya juga masih perlu riset lebih mendalam. Untuk keamanan, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan home treatment untuk mencegah iritasi atau masalah lebih lanjut.

Perawatan rumahan dari bahan alami biasanya digunakan sebagai face oil atau campuran masker wajah. Beberapa natural ingredients yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat antara lain olive oil, coconut oil, honey, shea butter, aloe vera gel, tomat, dan lemon.

8. Chemical Peeling atau Pengelupasan kimia 

Umumnya dokter kulit yang terpercaya akan merekomendasikan exfoliating treatment sesuai dengan jenis kulit, tingkat keparahan jerawat, hingga bekas jerawat yang tertinggal. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dan mencoba chemical peeling di klinik kecantikan terpercaya untuk menghilangkan bekas jerawat. Salah satu jenis chemical peels yang diaplikasikan seperti Trikloroasetat Acid (TCA) yang mendorong perbaikan bekas jerawat. 

Baca juga:  Sama-Sama Wangi, Ini Beda Body Mist, Body Spray, dan Cologne

9. Microneedling

Sumber: Freepik

Prosedur kecantikan yang bisa kamu coba adalah microneedling dengan memasukkan jarum kecil di area kulit sekitar bekas luka. Tujuan dari suntikan ini adalah merangsang tubuh memproduksi lebih banyak kolagen. Fungsi dari kolagen ini adalah membantu mengurangi bekas jerawat dan menghaluskan kulit yang kasar.

Pastikan kamu melakukan treatment ini setelah berkonsultasi dengan dokter. Jika tidak dilakukan hati-hati, side effects microneedling di antaranya adalah kemerahan, peradangan hingga nyeri yang dirasakan, meski dapat mereda seiring waktu.

10. Perawatan Laser

Laser treatment bertujuan untuk memberi lapisan kulit tanpa paparan bahan kimia atau scrub fisik. Lapisan kulit paling atas akan diperbarui dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan cerah.

Namun perlu dicatat, perawatan laser ini tidak cocok dilakukan untuk semua orang. Hal ini karena tindakannya harus bergantung pada jenis kulit dan bagaimana kondisi bekas jerawat yang dialami. Bahkan laser treatment berpotensi menyebabkan reaksi bagi pemilik kulit sensitif.

Rekomendasi Produk Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Pipi

Berikut rekomendasi produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegahnya terjadi sebagai rutinitas wajib skincare pagi dan malam hari.

  • Whitelab Acne Cream 10 gr
Sumber: www.whitelab.co.id

Spot treatment product dari Whitelab ini dapat mengurangi sebum berlebih, dan mengeringkan bekas jerawat agar infeksi bakteri tidak makin parah. Kandungan sulfur dan tea tree sebagai antibakterial yang mampu meredakan peradangan akibat bakteri jerawat. DIlengkapi pula dengan salicylic acid dan niacinamide, sebagai eksfoliator dan anti inflammatory untuk jerawat cepat kempes dan menghilangkan bekas jerawat. 

  • Azarine Acne Spot Gel
skincare untuk menghilangkan bekas jerawat
Sumber: azarinecosmetic.com

Simple dan effective, acne spot gel dari Azarine ini mengandalkan manfaat Salicylic Acid untuk proses eksfoliasi dan membebaskan pori-pori tersumbat. Tanpa kandungan anti inflammatory, microemulsion gel dengan natural fusion active complex ini lebih efektif mengatasi bopeng serta blackhead dan whitehead yang membandel. Acne gel ini teksturnya ringan dan cepat meresap ke kulit, sehingga bisa dipakai sebelum makeup.

  • Murad InvisiScar Resurfacing Treatment
skincare untuk menghilangkan bekas jerawat
Sumber: murad.com

Produk acne treatment dari Murad mengandalkan bahan-bahan yang bekerja untuk mengatasi semua jenis bekas jerawat. Formulanya mencakup antioksidan dan salicylic acid untuk memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata. Selain itu juga untuk membantu meratakan warna kulit dan mencerahkan noda hitam. Gunakan dua kali sehari pada permukaan bekas luka yang membandel.

Baca juga: 5 Step Menghilangkan Bruntusan dengan Produk Lokal Terbaik

Bekas jerawat di pipi bisa membuat seseorang tampil tidak percaya diri. Karena bersifat sementara, banyak orang yang berhasil menerapkan cara menghilangkan bekas jerawat di pipi. Dalam kasus bekas jerawat yang membandel, berkonsultasi dan melakukan perawatan medis di dokter kulit juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.