skincare untuk remaja
Sumber: Freepik

7 Urutan Skincare untuk Remaja, Bikin Kulit Glowing dan Sehat

Masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak kerap dialami para remaja. Perubahan dan melonjaknya hormon memicu kelenjar minyak di bawah permukaan kulit membesar, sehingga kulit remaja rentan berminyak, komedoan, dan pori-pori besar. Langkah paling tepat untuk mengatasi tantangan kulit yang menghampiri ini tidak lain dengan mengaplikasikan skincare untuk remaja. Tentu manfaat skincare untuk remaja selain merawat kulit tetap sehat dan glowing, juga akan mencegah berbagai kondisi kulit yang tak diinginkan. Jangan bingung lagi, kini kamu dapat dengan mudah menerapkan urutan skincare untuk remaja yang tepat beserta rekomendasi produknya yang bisa kamu coba. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Urutan Daily Skincare untuk Remaja

Simak langkah perawatan kulit untuk remaja yang aman dan efektif hasilnya seperti dilansir dari laman Skinkraft.

1. Rutin Membersihkan Wajah dengan Lembut

Sumber: Freepik

Kulit kamu berminyak? Untuk membersihkan wajah dua kali sehari, kamu memerlukan produk cleanser dengan tekstur berbusa atau gel yang cocok untuk oily skin. Rutin bersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Jika kamu suka make up-an, pastikan sisa make up dihapus terlebih dahulu memakai cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water. 

Tahap berikutnya untuk double cleansing adalah memakai produk facial wash dengan formula ringan, lembut, melembapkan dan cocok untuk jenis kulitmu, ya! Karena penting untuk menghilangkan minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran di wajah, pembersihan wajah wajib banget kamu lakukan. Wajah yang bersih akan lebih optimal menyerap skincare dan terhindar dari pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat.

Baca juga:  Manfaat dan Efek Samping Glycolic Acid, Skincare Terbaik untuk Wajah

2. Kontrol Produksi Sebum Berlebih di Kulit

Untuk hasil wajah yang glowing, lembap, namun tidak minyakan, kamu perlu melakukan beberapa cara sederhana untuk mengontrol sebum di kulit. Pertama, pilih gunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk mengontrol sebum. Kedua, saat memulai makeup, aplikasikan primer bebas minyak yang melembapkan dan mengontrol kilau. Ketiga, gunakan kain khusus atau tisu untuk mengangkat minyak wajah di siang hari.

3. Rutin Lakukan Eksfoliasi Wajah

Sumber: Freepik

Untuk pembersihan mendalam dan kulit glowing, jangan lupa lakukan eksfoliasi wajah cukup 2-3 kali dalam seminggu. Pilih produk physical atau chemical exfoliator yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Oleskan dan gosok kulit secara lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Jangan lakukan eksfoliasi berlebihan karena dapat merusak kulit.

4. Lembapkan Kulit dengan Moisturizer 

Sumber: Freepik

Moisturizer adalah basic skincare yang penting dimiliki setiap remaja untuk mencegah kulit kering. Menjaga kulit tetap lembap penting untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Kulit yang lembap dan terhidrasi memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan bebas dari penuaan kulit. Untuk kulit kering, pilih pelembap dengan tekstur creamy atau oil based. Sedangkan kulit berminyak dan berjerawat, pilih pelembap berbasis gel untuk mengunci kelembapan.

5. Pilih Produk Acne Treatment yang Tepat

Sumber: Freepik

Produk skincare untuk remaja yang perlu kamu miliki adalah produk acne treatment. Jika kamu memiliki kulit berjerawat yang kerap meradang, lakukan treatment yang tepat. Mulai dengan mencuci wajah dengan bersih, memakai toner, pelembap ringan, lalu oleskan acne spot treatment untuk meredakan jerawat. Pastikan kamu cermat dalam memilih produk anti jerawat yang berkualitas dan hasilnya ampuh untuk kulit.

6. Pakai Sunscreen Setiap Hari

Sumber: Freepik

Mari berinvestasi untuk kulit sehat dan terawat dengan skincare untuk remaja satu ini. Beri perlindungan ekstra kulitmu dari paparan sinar matahari dengan memakai sunscreen setiap hari. Temukan produk sunscreen terbaik yang bebas minyak, formulanya ringan, SPF minimal 30, dan pasti non-whitecast! Selalu aplikasikan sunscreen meski cuaca mendung atau hanya beraktivitas di dalam ruangan, ya!

Baca juga:  Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering, Ini 8 Ingredients-nya!

7. Konsultasi dengan Dokter Kulit untuk Perawatan Terbaik

Tak ada salahnya meski masih remaja, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan kulit terbaik. Permasalahan yang kerap dikeluhkan seperti kulit kusam dan jerawat membandel. Kamu akan mendapatkan treatment dan rekomendasi produk skincare untuk remaja yang paling cocok untuk mengatasi permasalahan kulitmu. Memakai produk skincare sesuai rekomendasi dokter kulit jauh lebih cepat dan efektif merawat kulit dibanding produk yang dijual bebas.

Rekomendasi Produk Skincare yang Aman untuk Remaja

1. Face Wash untuk Remaja: Pond’s Bright Beauty Facial Foam

Sumber: ponds.com

Buat kamu yang masih suka mager merawat kulit, Bright Beauty Facial Foam dari Pond’s ini bisa jadi teman baikmu! Facial wash untuk remaja ini berisi kebaikan 50% brightening cream yang membuat tone kulit kamu naik satu tingkat seketika. Aplikasikan teratur untuk hasil wajah cerah dan bintik hitam memudar. Formula hyaluronic acid complex di dalamnya efektif mengunci kelembapan dan kelembutan kulit. 

2. Produk Eksfoliasi Wajah: Himalaya Purifying Neem Scrub 100 ml

Sumber: watsons

Salah satu produk face scrub terbaik milik Himalaya ini bisa jadi andalan kamu untuk mencegah masalah jerawat. Diperkaya bahan aktif neem, yaitu ekstrak tumbuh-tumbuhan dari India yang memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri jerawat. Selain itu, ekstrak apricot di dalamnya akan melembutkan, mengangkat komedo dan sel kulit mati yang menumpuk. Formulanya lembut dan aman untuk semua jenis kulit.

3. Acnes Spot Care 12,5 gr

Sumber: instagram.com/acnesid

Punya masalah jerawat dan bekasnya yang tak kunjung hilang? Acnes selalu punya solusi untuk mengayasinya. Gel transpraran yang digunakan untuk merawat bekas jerawat ini bekerja melembutkan kulit yang kasar serta menyamarkan noda hitam. Ada kandungan vitamin C yang menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam, anti bakteri, vitamin E, arbutin, dan salicylic acid untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan Acnes Spot Gel 2-3 kali sehari pada wajah yang bersih. 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Jadi Lebih Halus dan Glowing, Ampuh!

Miliki kulit sehat dan glowing dengan perawatan memakai produk skincare untuk remaja yang aman mulai dari sekarang. Lakukan rutinitas skincare remaja sehari-hari untuk merawat kulitmu dan menjaganya dari berbagai skin problem. Pastikan kamu mendapatkan produk skincare berkualitas terbaik serta selalu terapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat setiap harinya.

Add comment

Share