10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Selain menjaga asupan makanan yang bergizi, ibu hamil tentunya ingin menjaga kesehatan tubuh dengan perawatan kulit. Apalagi kehamilan dapat menyebabkan beberapa keluhan, seperti stretchmark atau munculnya jaringan parut. Perubahan hormon saat hamil membuat kulit menjadi lebih sensitif dan kering. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui apa saja skincare yang aman untuk ibu hamil.

Untuk memilih produk perawatan kulit, tentunya kamu bisa mencari yang tidak mengandung zat-zat tertentu yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil. Jika kamu ingin mengetahui apa saja 10 rekomendasi jenama skincare dan make up yang aman bagi ibu hamil, maka kamu bisa membaca informasi di bawah ini. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Ilustrasi ibu hamil berdandan (Sumber: iStockPhoto)
Ilustrasi ibu hamil berdandan (Sumber: iStockPhoto)

Kandungan Skincare dan Make Up yang Aman bagi Ibu Hamil

Untuk mempermudah kamu dalam pemilihan produk perawatan kulit dan juga produk kecantikan yang aman bagi ibu hamil, sebaiknya kamu memperhatian kandungan dalam produknya. Adapun kandungan yang aman digunakan oleh ibu hamil adalah sebagai berikut:

  1. Glycerin, Hyaluronic Acid, dan Shea Butter guna mengatasi kulit kering
  2. Vitamin C dan Niacinamide untuk mengurangi flek hitam
  3. Citric Acid dan Bakuchiol guna mencerahkan kulit
  4. Vitamin E, vitamin K, vitamin B3, Peptida dan green tea sebagai anti-aging
  5. Zinc Oxide dan Titanium Dioxide untuk sunscreen
  6. Benzoyl PeroxideAzelaic Acid, dan Glycolic Acid dosis rendah di bawah 10%, serta gel antibiotik Clindamycin dengan resep dokter guna mengatasi jerawat

10 Pilihan Skincare dan Make Up yang Aman untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan zat yang aman digunakan ibu hamil, kamu bisa menggunakan beberapa produk dari jenama terpilih di bawah ini.

1. Mama’s Choice

Sumber: mamaschoice.id
Sumber: mamaschoice.id

Mama’s Choice sudah sejak lama dipercaya sebagai salah satu jenama skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Bagaimana tidak, jenama tersebut menggunakan bahan-bahan alami dan halal yang tentunya tak berbahaya bagi ibu hamil. Mama’s Choice juga tersedia dalam berbagai pilihan produk, mulai dari perawatan kulit hingga rambut. Siapkan saja uang Rp300.000 dan kamu sudah bisa membawa salah satu produk perawatannya ke rumah!

Baca juga:  Intip 7+ Ciri dan 5 Tips Ampuh Mengatasi Tumbuh Gigi pada Bayi

2. Wardah

Produk Wardah (Sumber: moiamor.com)

Wardah bukan cuma sekedar jenama asli lokal berpredikat halal, melainkan juga memiliki kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil menurut dokter. Inilah alasan mengapa Wardah menjadi holy grail para perempuan Indonesia. Dengan rangkaian perawatannya, berbagai permasalahan kulitmu bisa diatasi dengan produk berikut. Dapatkan produknya dengan harga mulai dari Rp 100.000-an saja!

3. Emina

Produk Emina (Sumber: beautynesia.id)

Skincare untuk ibu hamil yang cocok digunakan lantaran tingkat keamanannya yang tinggi adalah Emina. Jenama ini menawarkan berbagai jenis kosmetik yang aman digunakan para ibu hamil serta mudah dipakai. Kamu dapat dengan mudah untuk mendapatkan produk ini karena Emina dijual bebas di pasaran. Emina terbukti praktis dan bebas dari zat berbahaya sehingga dapat digunakan selama proses hamil dan menyusui.

4. The Body Shop

Produk The Body Shop (Sumber: thebodyshop.co.id)

Jenama perawatan kulit lainnya yang aman untuk ibu hamil adalah The Body Shop. The Body Shop terbuat dari bahan alami yang aman digunakan oleh ibu hamil. Jenama kecantikan ini tidak memiliki kandungan kimia yang berbahaya sehingga para ibu hamil tidak perlu ragu untuk menggunakannya ketika hamil dan menyusui.

The Body Shop terkenal dengan produk pelembab kulitnya, kamu bisa menggunakan produk ini ketika kulit terasa kering dan gatal akibat perubahan hormon. Wangi parfum alaminya juga dapat meningkatkan suasana hati ibu hamil, lho.

5. Cetaphil

Produk Cetaphil (Sumber: cetaphil.co.id)

Cetaphil sering menjadi rekomendasi skincare yang aman untuk ibu hamil menurut dokter. Hal ini dikarenakan jenama facewash satu ini bertekstur lembut, tak mengandung bahan berbahaya, serta mampu menghidrasi kulit kering. Tidak hanya itu, sunscreen-nya juga memiliki formulasi ringan yang sangat cocok untuk kulit ibu hamil. Kamu dapat membelinya dengan mudah di berbagai apotek maupun e-commerce. Harganya dimulai dari Rp 49.000-an tergantung ukuran yang dibeli.

Baca juga:  MPASI Anti Bingung, Coba Ide Cemilan Bayi 6 Bulan Ini!

6. Sebamed

Produk Sebamed (Sumber: my-best.id)

Selain dikenal ampuh merawat kulit berjerawat, Sebamed ternyata juga merupakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Seperti Bio Oil, jenama satu ini pun berfungsi sebagai perawatan kulit kering, sensitif, sampai dengan mengatasi masalah stretchmarks. Adapun harganya yaitu sekitar Rp 100.000-an ke atas,

7. Mineral Botanica

Produk Mineral Botanica (Sumber: ubeauty.id)

Produk ini mengandung bahan alami yang bebas dari paraben dan zat kimia. Mineral Botanica sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para wanita lantaran jaminan keamanannya. Kamu dapat menggunakan berbagai produk MIneral Botanica seperti lipstik, body lotion, facial wash, serta eyeliner. Produk-produk tersebut tergolong aman dan tidak menimbulkan efek membahayakan bagi ibu hamil dan janin.

8. Avoskin

Produk Avoskin (Sumber: tokopedia.co.id)

Akhir-akhir ini, Avoskin menjadi salah satu skincare lokal yang diminati banyak orang. Pasalnya, produk tersebut menggunakan bahan-bahan alami, halal, dan telah disesuaikan dengan karakteristik kulit wanita Indonesia. Dalam website-nya dijelaskan bahwa Avoskin juga memiliki beberapa produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan uang Rp 100.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan salah satu produk skincare-nya.

9. Bio Oil

Produk Bio Oil (Sumber: Official Website Bio Oil)

Bio Oil merupakan minyak serbaguna yang mudah ditemukan di toko kecantikan manapun. Minyak ini digunakan untuk menghidrasi wajah dan menghilangkan noda-noda hitam hiperpigmentasi akibat bekas jerawat. Selain untuk wajah, Bio Oil juga dapat membantu mencegah atau menghilangkan stretchmark dan membantu menghilangkan bekas luka di tubuh.

Walaupun Bio Oil mengandung vitamin A dan Rosemary oil, namun konsentrasi kedua zat ini sangat rendah dan dicampur dengan kandungan-kandungan lain sehingga aman untuk bumil. Sebagai catatan, produk Bio Oil ini sebaiknya mulai digunakan mulai dari trimester dua, ya. Harganya sendiri pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 50.000 untuk ukuran 25mL.

10. Sensatia Botanical

Produk Sensatia Botanical (Sumber: sensatia.com)

Selain Avoskin, Sensatia Botanical juga merupakan salah satu produk lokal dengan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Keunggulannya, jenama asal Bali ini menjadikan bahan alami sebagai komposisi utamanya. Kamu bisa menemukan Sensatia Botanical dalam banyak pilihan, seperti face washscrubtoner, masker, bahkan hingga essential oil. Harga dari produk ini bervariasi mulai dari Rp 100.000-an ke atas tergantung jenis produknya.

Itulah rekomendasi produk skincare yang aman untuk ibu hamil menurut dokter. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, atau mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan dokter kulit.