Sleeper Bus: Bagaimana Sensasi Tidur dalam Bus?

Bus merupakan salah satu moda transportasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun waktu tempuhnya lebih lama daripada kereta dan pesawat terbang, namun bus dapat menjangkau daerah-daerah terpencil. Yang menjadi kekurangannya adalah peletakan kursi bus yang terlalu dekat. Sehingga, terkadang penumpang merasa pegal saat naik bus. Saat ini ada inovasi terbaru, yaitu sleeper bus. Apa itu?

Sleeper bus adalah salah satu jenis bus yang menempatkan kursi yang bisa berfungsi sebagai “tempat tidur” untuk penumpang. Kursi dapat direbahkan 190 derajat hingga datar seperti alas tidur. Tidak ketinggalan, disediakan juga bantal dan selimut. Kelebihan bus ini juga bisa dirasakan dari segi pelayanan. Mulai kantung plastik untuk menyimpan alas kaki dan sandal tipis, hingga makanan yang disajikan untuk penumpang juga tidak kalah mewahnya. Simak 7 rekomendasi busnya di bawah ini!

sleeper bus
Sumber: Pinterest

7 Rekomendasi Sleeper Bus di Indonesia

1. DAMRI (Jakarta-Malang PP)

sleeper bus
Sumber: Kompas Otomotif

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau yang lebih populer dengan DAMRI resmi meluncurkan bus anyar model double decker atau bus tingkat mereka, Kamis lalu. Berbeda dengan era sebelumnya, kali ini bus tingkat DAMRI jauh lebih modern dengan fasilitas sleeper bus. Produk terbaru ini diberi nama “Imperial Suites” untuk layanan bus AKAP trayek Jakarta – Malang atau sebaliknya.

Layanan ini mengusung konsep bus tingkat dengan dua kelas. Pada dek bawah terdiri atas 6 kursi rebahan dengan Sleeper Seat Imperial Suites. Sementara itu pada dek atas terdiri atas 30 kursi penumpang dengan konfigurasi 2-1 yang diberi nama Royal Class Imperial Suites. Pada dek ini menggunakan kursi model legrest jumbo yang dilengkapi dengan layar AVOD. Dikarenakan layanan bus ini baru berjala, maka tarif yang digunakan pun masih promo, mulai Rp 495.000 hingga Rp 595.000.

Baca juga:  MotoGP Mandalika Terselenggara Sukses, Ini 7 Fakta Uniknya

2. Unicorn Indorent (Jakarta-Yogyakarta)

sleeper bus
Sumber: Indorent

Bus Unicorn Indorent bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin menikmati perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta menggunakan bus, namun tetap nyaman. Bus Unicorn ini sebenarnya memiliki 3 kelas berbeda, yakni First Class, Super Executive Class, dan Executive Class. Nah, untuk fasilitas sleeper seat sendiri bisa kamu coba dengan membeli tiket First Class.

Layanan ini terdiri dari dua kabin dan terletak di depan penumpang dengan kursi duduk biasa. Selain dari tempat duduk berbentuk kasur, fasilitas yang bisa kamu dapat pada First Class ini ada bantal, selimut, coffee maker, snackswifi, toilet, TV LCD, water dispenser, audio system, hingga AVOD (Audio Video On Demand). Untuk biayanya dibanderol dengan harga Rp 450.000.

3. Pandawa 87 (Banyuwangi-Jakarta-Tangerang PP)

sleeper bus
Sumber: Ayo Naik Bis

Tak hanya tujuan Yogyakarta saja, sleeper seat juga tersedia ke banyak rute, lho. Salah satunya rute Jakarta atau Tangerang ke Banyuwangi, dan sebaliknya. Meski tak semewah bus sebelumnya, bus Pandawa 87 juga menyediakan berbagai fasilitas menarik yang termasuk dalam kelas Super Executive.

Diluncurkan 2021 lalu, selain sleeper seat, bus Pandawa 87 menyediakan fasilitas lain, seperti TV Android, air purifying, water dispenser, dan lain sebagainya. Nah, buat kamu yang tertarik, bus Pandawa 87 kelas Super Executive yang menyediakan sleeper seat bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek mulai dari Rp300.000 – Rp520.000, tergantung tujuan.

4. Sinar Jaya Suite Class (Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Surabaya)

sleeper bus
Sumber: Sewa Bus Murah

Menjadi salah satu bus paling terkenal dengan rutenya yang lengkap, tentu Sinar Jaya juga memiliki bus dengan sleeper seat yang tak kalah menarik, yang diberi nama Bus Sinar Jaya Suites Class. Digadang-gadang jadi bus rasa hotel pertama di Indonesia, di dalam Sinar Jaya Suite Class ini terdapat 21 tempat duduk sleeper. Tepatnya di atas dan bawah, lalu terbagi menjadi 4 VIP seat yang berada di depan dan 17 suite seat di bagian belakang.

Baca juga:  Wujudkan Dinner Romantis di Ketinggian Bukit Bintang Jogja

Untuk rutenya sendiri terbagi menjadi dua, yakni jalur Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Surabaya. Nah, untuk fasilitasnya pun hampir serupa dengan bus dengan sleeper seat lainnya. Dengan fasilitas menyerupai kereta kelas eksekutif, sleeper seat dalam Sinar Jaya Suite Class ini dihargai mulai dari Rp430.000 hingga Rp450.000.

5. Tami Jaya (Yogyakarta-Denpasar)

sleeper bus
Sumber: Ticbus

Tidak hanya antar kota di pulau Jawa, kamu juga bisa pergi ke ke luar pulau Jawa menggunakan sleeper bus. Siap mengantarmu dari Yogyakarta menuju Denpasar, bus Tami Jaya menyediakan tempat duduk berbentuk sleeper yang nyaman dan mewah, lho! Dengan harga Rp400.000 – Rp450.000, kamu sudah bisa menikmati perjalanan yang nyaman menuju Bali selama 12 jam. Ditambah dengan fasilitas lain, mulai dari TV, bantal, selimut, snack, makan prasmanan, dan air mineral. Mulai tertarik mencoba sleeper seat ke Bali?

6. Putra Jaya (Makassar-Palopo)

sleeper bus
Sumber: Ayo Naik Bis

Bus Vicolux dari PO Putra Jaya ini terdapat 3 kelas mulai dari bisnis, VIP dan luxury. Rutenya dari Makassar ke Palopo. Kelas Luxury hanya memiliki 4 sleeper seat, yakni berupa tempat tidur yang terlihat seperti kamar hostel. Selain kasur, ada juga bantal, guling, LCD TV yang bisa kamu gunakan untuk hiburan. Bisa dibilang ini adalah seat termewah dalam ukuran standar bus di Indonesia. Harga kelas luxury berkisar Rp 500.000 ke atas.

7. Rosalia Indah (Jakarta-Solo)

sleeper bus
Sumber: Situs Resmi PT. Rosalia Indah

Jika ditanya PO Bus yang dikenal dengan pelayanannya yang baik dan kecepatannya, tentu kita semua tidak bisa berpaling dari Rosalia Indah. PO Bus yang berkantor di Solo ini memiliki bus kelas First Class ala pesawat terbang. Fasilitasnya lengkap, mulai dari bantal, selimut, makan prasmanan, TV, audio, toilet, air mineral dan ada juga pramugara atau pramugari yang melayani penumpang. Harga First Class Jakarta-Solo adalah Rp 325.000, sementara harga Super Top harganya Rp 265.000.

Itulah 7 rekomendasi sleeper bus yang bisa kamu pilih untuk mencoba sensasi “rebahan” di dalam bus. Semoga dengan adanya inovasi terbaru ini, bisa meningkatkan minat masyarakat untuk naik bus. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?