9 Spot Wisata Lampung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!

Salah satu kabupaten yang berada di Lampung adalah Lampung Barat. Daerah ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan. Karena sebagian besar topografi wilayahnya berupa dataran tinggi membuat kabupaten ini memiliki beberapa spot wisata yang indah dan dilengkapi udara yang sejuk dan dingin. Jenis wisata Lampung Barat pun beragam, mulai dari perbukitan, gunung, pantai, hingga wisata sejarah.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Lampung Barat, tentunya kamu akan menyiapkan daftar tempat wisata mana yang ingin kamu datangi. Sebelum itu, ada baiknya kita simak dulu penjelasan di bawah ini agar kamu dapat menentukan spot wisata mana yang ingin kamu kunjungi. Let’s check it out!

Sumber: indonesia-travel

9 Spot Wisata Lampung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Gunung Seminung

Sumber: Pinterest

Daerah Lampung Barat berada di kawasan Pegunungan Bukit Berbaris. Oleh karenanya, tidak heran jika kabupaten ini memiliki beberapa tempat wisata berupa gunung yang bisa menjadi alternatif bagi kamu pecinta kegiatan outdoor. Salah satunya adalah Gunung Seminung yang merupakan gunung berapi namun sudah lama mati. Gunung ini berada sekitar 25 kilometer dari barat laut ibukota Kabupaten Liwa, dan terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Di kaki gunung ini juga terdapat Danau Ranau yang semakin memperindah bentang alam di Lampung Barat.

2. Bukit Mandi Angin

Sumber: indonesia-tourism.com

Bukit dengan tinggi 400 meter ini adalah salah satu spot paralayang favorit di Lampung Barat. Jika kamu ingin mencoba olahraga yang memacu adrenalin seperti paralayang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Bukit Mandi Angin. Bukit yang berada di kawasan Lumbok Ranau ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Saat bermain paralayang, kamu akan melihat pemandangan dari Gunung Seminung, Danau Ranau, dan sawah hijau yang terbentang luas.

Baca juga:  Hal Menarik Apa Saja yang Bisa Ditemukan di Museum Merapi?

3. Sungai Way Besai

Sumber: visitlambar.com

Jika kamu mahir dalam olahraga air arung jeram, maka kamu harus mencoba bermain di Sungai Way Besai. Sungai ini berada di Desa Suka Jaya, Kecamatan Suka Jaya dengan panjang lintasan sekitar 12 kilometer. Saat melewati sungai, kamu akan disuguhi dengan pemandangan hutan dan perkebunan kopi. Meskipun jeramnya dikelompokkan dalam kategori kelas 2+ dan 3, sungai ini tetap menjadi tantangan dan keseruan tersendiri bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

4. Danau Ranau

Sumber: nativeindonesia.com

Spot wisata ini merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau Ranau berada di antara dua Provinsi, yaitu Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan. Pemandangan di danau ini dilengkapi dengan Gunung Seminung dan Pulau Marisa yang memiliki sumber air panas. Total luas danau ini adalah sekitar 125,9 km persegi. Di sekitar danau ini terdapat persawahan, pemukiman warga, dan keramba-keramba milik warga sekitar.

5. Wisata Alam Kubu Perahu

Sumber: wisato.id

Wisata ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan. Kamu bisa mengunjungi tempat ini melalui Kecamatan Balik Bukit. Wisata Alam Kubu Perahu ini menyajikan referensi wisata alam mirip seperti hutan rimba. Kamu bisa menikmati jernihnya air sungai, air terjun, hingga asrinya hutan yang masih terjaga.

6. Kebun Raya Liwa

Sumber: kelilinglampung.net

Kebun raya ini memiliki konsep modern dan letaknya tidak jauh dari pusat Kota Liwa. Koleksi flora di tempat ini cukup banyak, dengan total luas area sekitar 86 hektar. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan keluargamu tanpa biaya retribusi, hanya membayar parkir kendaraan saja. Kondisi di kebun raya ini masih terbilang alami, udaranya sejuk, panorama alamnya menakjubkan dan di saat tertentu kawasan ini dikelilingi oleh kabut putih.

Baca juga:  7 Fakta Unik Jakarta E-Prix yang Perlu Kamu Tahu

7. Situs Batu Brak

Sumber: visitlambar.com

Spot wisata Lampung Barat selanjutnya adalah Situs Batu Brak yang merupakan salah satu peninggalan Negeri Sekala Brak di Kabupaten Lampung Barat. Lokasinya berada di perbatasan antara Kecamatan Kebun Tebu dan Kecamatan Gedung Surian. Di dalam situs megalitik ini kamu dapat menemukan beberapa peninggalan berupa dolmen, menhir, dan batu-batuan dengan beragam jenis.

8. Air Terjun Mbah Gimo

Sumber: lampung.co

Salah satu wisata air terjun di Lampung Barat adalah Air Terjun Mbah Gimo. Letaknya berada di Kecamatan Air Hitam, kamu bisa mencarinya melalui aplikasi peta di dalam gawaimu. Spot wisata ini berada di dekat perkebunan kopi milik Mbah Gimo, salah satu warga sekitar, patut untuk kamu jadikan destinasi wisata jika berkunjung ke Lampung Barat. Dengan retribusinya yang gratis, kamu dapat menikmati indahnya air terjun yang terlihat seperti tirai dan panorama alam di sekitarnya.

9. Sumber Air Panas Gemburak

Sumber: indonesia-travel

Rekomendasi wisata di Lampung Barat yang terakhir adalah Sumber Air Panas Gemburak yang berlokasi di Sidomakmur dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa menawan, karena keeksotikannya. Air panas di tempat wisata ini diyakini bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Sumber Air Panas Gemburak ini adalah salah satu destinasi wisata keluarga terfavorit di Lampung Barat.

Nah, demikian penjelasan mengenai 9 spot wisata Lampung Barat yang pastinya sayang jika kamu tidak berkunjung ke sana. Setiap tempat menawarkan keindahan alamnya masing-masing. Kamu pasti akan mendapatkan berbagai pengalaman tak terlupakan saat berada di sana. Hal tersebut juga menjadi bukti jika Lampung Barat memiliki beragam wisata yang dapat menarik perhatian turis, baik turis lokal maupun mancanegara. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjungi wisata Lampung Barat?

Mia Atika

Share