Sri Asih: 10 Fakta Unik Sebelum Kamu Tonton di Bioskop

Pada tahun 2022 ini, Jagat Sinema Bumilangit sebagai rumah produksi film telah merilis film mereka dengan judul Sri Asih. Film ini adalah film kedua mereka setelah 3 tahun lalu memunculkan film Gundala ke bioskop. Bintang utama dari film Sri Asih adalah Pevita Pearce sebagai pahlawan wanita pertama asal Indonesia.

Film yang diangkat dari komik karya mendiang R. A. Kosasih ini akan tayang di bioskop mulai November 2022. Sebelum menonton filmnya, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta unik dan menarik yang berhubungan dengan film Sri Asih. Yuk, simak artikel ini.

Sumber: Twitter @sriasihofficial

10 Fakta Unik dan Menarik tentang Film Sri Asih

Sebelum menonton filmnya, yuk kita sama-sama mengulas 10 fakta unik dan menarik dari film ini!

1. Misteri Asal Muasal Jagat Sinema Bumilangit

Setelah sukses menyutradarai film Gundala pada 2017, Joko Anwar kembali terlibat dalam proyek Jagat Sinema Bumilangit sebagai penulis naskah Sri Asih bersama sang sutradara Upi. Ketika menjelaskan konsep cerita Sri Asih, Joko mengatakan bahwa film ini akan memberikan titik terang dari asal muasal dan masa depan cerita Jagat Sinema Bumilangit. Ia juga mengungkapkan aka nada misteri dari film gundala yang akan terjawab di film Sri Asih, dan akan ada petunjuk tentang film ketiga Bumilangit.

2. Teknik CGI yang Dibuat oleh Anak Negeri

Terdapat banyak hal yang patut diapresiasi dalam pengerjaan film ini. Mulai dari akting, pemilihan tempat, adegan laga dan pemberian spesial efek CGI pada film yang mempermanis dan memanjakan mata penonton. “Untuk special effect-nya ini semua dikerjakan oleh anak negeri sendiri,” kata Upi Avianto selaku sutradara film ini.

Pada film Sri Asih, tidak hanya adegan laga yang menjadi hiburan utama bagi para penonton. Namun, adanya spesial efek yang begitu luar biasa menjadi penyempurna seluruh adegan tersebut. Jika kebanyakan film Indonesia melakukan kerjasama dengan pihak asing, Upi mengatakan dirinya dan tim lebih mengoptimalkan dan mempercayakan hal tersebut kepada kemampuan dari negeri sendiri.

Baca juga:  8 Fakta Menarik Alice in Borderland Season 2, Lebih Sadis!

3. Karya Pertama dari R.A. Kosasih

Sumber: Tempo

Sri Asih adalah karakter dan komik pertama karya R.A. Kosasih yang dijadikan permulaan munculnya para superhero asli Indonesia, seperti Gundala, Godam, Si Buta dari Gua Hantu, dan lain-lain. Komik ini diluncurkan pada tahun 1954 di Madjalah Komik. Terbitnya komik ini pun menjadi tonggak sejarah perkomikan di Tanah Air.

4. Adegan Laga Pevita Pearce

Dalam film ini, Pevita Pearce mendapat peran sebagai superhero wanita. Selama memainkan peran tersebut, Pevita melakukan adegan laga bersama dengan beberapa lawan mainnya, salah satunya Randy Pangalila yang berperan sebagai Mateo. Dan ia mengakui bahwa sekitar 90% dari adegan yang dilakukan tidak memakai stuntman alias pemeran pengganti, lho! Totalitas sekali, ya.

Meskipun tidak memiliki ilmu dasar beladiri, tetapi Pevita mampu memerankan seluruh adegan secara baik dan lembut. Ia mengatakan dirinya mempersiapkan seluruh adegan secara maksimal dan dibantu oleh team yang membuatkan koreografi untuk adegan-adegan bertarung. Selain itu, Pevita juga dibantu oleh dua aktor laga Indonesia berpengalaman, yaitu Iko Uwais dan Joe Taslim. Untuk Latihan fisik, Pevita mengakui latihan yang dijalaninya cukup keras, sampai-sampai dia tidak bisa membedakan keringat dan air mata yang mengalir selama pelatihan berlangsung.

5. Bertabur Bintang

Film ini dibintangi oleh sederet aktris dan aktor terkenal yang tidak perlu lagi diragukan kemampuannya aktingnya. Seperti Reza Rahadian sebagai Jatmiko, Pevita Pearce sebagai Alana/Sri Asih, Surya Saputra sebagai Prayogo, Jefri Nichol sebagai Tangguh, hingga Christine Hakim sebagai Eyang Mariani. Dalam press conference-nya, Joko juga mengakui bahwa dalam film ini terdapat pemeran lainnya, yaitu Najwa Shihab sebagai Nani Wijaya. Wah, luar biasa!

Dengan durasi sepanjang 2 jam 15 menit, para penonton dapat merasakan sensasi menonton film yang berbeda dan seru. Para pemain tersebut juga berhasil memainkan karakter dalam film Sri Asih dengan maksimal dan baik.

6. Pernah Difilmkan Sebelumnya

Sebelum 2022 ini, Sri Asih sudah pernah dibuatkan filmnya pada tahun 1954. Tahun yang sama dengan penerbitan komiknya. Dan film ini menjadi film superhero pertama yang ada di Indonesia pada kala itu. Film hitam putih tersebut disutradarai oleh Turino Djunaedy dan sosok Sri Asih diperankan oleh Mimi Mariani.

Baca juga:  Kisah Perempuan Tanah Jahanam di Ajang Piala Oscar

7. Sinopsis Film

Sumber: Google

Alana lahir sebagai anak yatim piatu yang dibesarkan di panti asuhan sejak kecil. Orangtuanya meninggal karena menjadi korban letusan Gunung Merapi, tepat pada hari kelahirannya. Kemudian, ia diadopsi oleh pengusaha kaya bernama Sarita Hamzah (Jenny Chang). Ia merawat Alana dengan sepenuh hati dengan menganggapnya seperti anak kandung sendiri.

Saat beranjak dewasa, Alana memilih karier sebagai pegulat profesional. Ia bahkan mampu mencatat rekor dengan tidak pernah kalah selama bertarung di atas ring. Meski begitu, kelemahan Alana adalah sering dikuasai rasa marah sehingga sulit mengendalikan emosi. Bahkan, ia juga menyimpan ketakutan karena rasa marah itu berulang kali menghantui dirinya lewat mimpi. Dalam mimpi, ia selalu melihat makhluk berwujud api.

8. Jadwal Tayang

Film Sri Asih sudah mulai tayang mulai tanggal 17 November lalu, lho! Kamu bisa langsung segera memesan tiket filmnya di bioskop kesayanganmu. Jangan sampai ketinggalan, ya!

9. Sutradara Film

Film ini disutradarai oleh Upi Avianto, yang sebelumnya pernah terlibat dalam film Radit dan Jani juga Serigala Terakhir. Upi mengakui bahwa dirinya bukanlah penggemar superhero. Sejak kecil, dia hanya mengetahui R.A. Kosasih melalui komik pewayangannya. Namun setelah ditawari untuk menggarap film ini, Upi baru tahu jika komikus favoritnya ini adalah pembuat komik superhero wanita pertama di Indonesia.

Dalam proses pembuatan film, Upi mengaku dia tidak hanya belajar membuat film superhero yang bagus, tetapi juga memantau komentar rakyat Bumilangit (sebutan untuk penggemar Bumilangit) hingga teori-teori yang dibuat mereka.

10. Sarat Akan Nuansa Mistis dan Magis

Menurut pengakuan Upi, fokus dari film ini adalah membuat karakter utama kental akan unsur budaya Nusantara. Seperti adanya kekuatan mistis, magis, kesaktian orang di jaman dahulu, hingga keberadaan dewa-dewi. Dalam film ini juga terdapat unsur-unsur budaya Jawa yang diberikan kepada penonton. Mulai dari pakaian, dialek bahasa, hingga adanya ornamen yang kental akan budaya Jawa.

Itulah 10 fakta unik dan menarik tentang film Sri Asih. Bagaimana, apakah kamu tertarik menonton filmnya? Yuk, segera kunjungi bioskop kesayanganmu dan rasakan keseruan menonton film bersama teman-teman!

Mia Atika

Add comment

Share