Penerapan Strategi Pemasaran 4P, Maksimalkan Setiap Poinnya!

Industri yang terus berkembang juga mendorong berbagai inovasi di bidang pemasaran agar dapat tetap relevan dengan zaman. Namun demikian, strategi pemasaran 4P yang dikenal cukup lama ternyata masih menawarkan efektivitas yang cukup baik di era modern ini.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran 4P ini?

Untuk kamu yang memiliki bisnis atau usaha, strategi ini dapat kamu gunakan agar bisnis yang dimiliki semakin tinggi keuntungannya. Serupa dengan banyak strategi pemasaran lain, tujuan utama dari strategi ini adalah meningkatkan penjualan, cakupan pemasaran, serta konsumen yang semakin luas.

Baca Juga: Bahas Tuntas Analisis Data, Ini Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

Mengenal Strategi Pemasaran 4P

strategi pemsaran 4p

Strategi pemasaran ini merupakan salah satu model yang digunakan pelaku bisnis untuk membantu menentukan bauran pemasaran yang dimiliki. Inti dari strategi ini adalah dapat menyediakan produk yang tepat, di lokasi yang tepat, serta pada waktu dan harga yang tepat.

Strategi ini berfokus pada elemen product, price, place, dan promotion, sehingga dikenal dengan singkatan 4P. Dinilai cukup mudah dipraktekkan, strategi ini menjadi dasar yang digunakan banyak pebisnis di tingkat pemula atau bahkan lanjutan sekalipun.

  • Product, mengacu pada jenis barang atau jasa apa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar yang dituju. Jenis produk juga akan menentukan besaran anggaran bisnis yang dibutuhkan dan beberapa faktor lain dalam pemasaran di strategi ini.
  • Price, mengacu pada harga yang harus dibayar untuk sebuah produk. Penentuan harga ini penting agar produk dapat bersaing di pasar dengan kompetitor, dengan harga yang tepat dan tetap menarik untuk dibeli oleh pelanggan. Riset diperlukan untuk menentukan harga yang tepat, dan beberapa kombinasi strategi bisa digunakan agar harga produk semakin menarik.
  • Place, pada masa yang lalu, place atau tempat mengacu pada lokasi fisik dimana produk dapat ditemukan. Namun di era kekinian, place memiliki cakupan lebih luas, sebab kini tersedia marketplace dan media sosial yang didukung internet sebagai tempat pemasarannya. Produk yang ditempatkan di ‘tempat’ yang tepat, dapat menarik pasar sehingga meningkatkan potensi penjualan.
  • Promotion, mencakup pada strategi iklan dan promosi yang dilakukan. Tujuannya jelas untuk memperkenalkan produk dan membuat pelanggan tertarik pada produk yang kamu jual ini, sehingga lebih mudah menjangkau target pasar potensial dari produk itu sendiri.
Baca juga:  5 Peluang Usaha yang Menjanjikan, Mudah, dan Minim Biaya

Manfaat Penerapan Strategi Ini untuk Bisnis kamu

strategi pemsaran 4p

Beberapa manfaat dan keuntungan dari strategi pemasaran 4P ini bisa kamu simak dalam penjelasan singkat berikut ini.

  • Penerapan strategi pemasaran ini dapat membantu meningkatkan strategi penjualan
  • Bisnis kamu akan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar atau pelanggan yang kamu sasar
  • Memiliki hubungan baik dengan target pasar, sebab rumusan produk, penempatan, harga, serta promosinya dapat disesuaikan
  • Mengalami pertumbuhan bisnis jangka panjang
  • Bisnis akan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, dan membuatnya menjadi pelanggan tetap
  • Brand building dapat dilakukan di benak pelanggan seiring dengan berjalannya waktu.

Lalu Bagaimana dengan Tujuan dari Penerapannya?

strategi pemsaran 4p

Terkait dengan tujuan penerapan strategi ini sendiri, kemudian dapat dibagi ke dalam beberapa poin berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Dapat Menciptakan SInergi

Kombinasi dari empat elemen strategi yang ada di dalamnya dapat menciptakan sebuah koordinasi yang membantu promosi tepat untuk produk dari bisnis kamu. Target akan tercapai lebih mudah, sehingga keuntungan bisa lekas didapatkan.

2. Mendekatkan Pelanggan

Rumusan harga, produk, lokasi pemasaran, dan cara promosi yang tepat juga akan membuat produk kamu lebih dekat dengan pelanggan seiring berjalannya waktu. Semakin mudah produk dijangkau, maka semakin mudah pula peningkatan penjualan diperoleh.

3. Keputusan Strategis

Jika strategi pemasaran 4P ini diterapkan, kamu akan dapat mengambil keputusan strategi lebih cepat. Data dari analisis empat faktor yang masuk dalam strategi ini berfungsi optimal dalam mengambil keputusan penting, sehingga waktu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca juga:  9 Ide Usaha Rumahan Terkini yang Banyak Dicari

4. Loyalitas pada Brand

Seiring terjalinnya kedekatan antara produk dan pelanggan, maka loyalitas pada brand akan semakin baik. Tentu akan sangat jauh jika dibandingkan dengan produk milik Unilever misalnya, namun jika dirancang dan dieksekusi dengan tepat, hal ini bukan tidak mungkin terjadi pada produk kamu.

5. Meningkatkan Volume Penjualan dan Awareness

Karena masuk ke dalam strategi pemasaran, maka tujuan umum dari strategi ini adalah meningkatkan volume penjualan dan awareness pasar pada produk yang kamu miliki. Dengan demikian, keuntungan akan datang dalam bentuk materiil atau non-materiil, untuk perusahaan kamu.

Ilustrasi Penerapan Strategi Pemasaran 4P dalam Bisnis

strategi pemsaran 4p

Setelah memahami semua poin yang tertera di atas tadi, berikut kira-kira ilustrasi penerapan strategi yang bisa menjadi gambaran umumnya. Dalam hal ini, mari simak strategi yang diterapkan oleh McDonald dalam bisnisnya.

  • Untuk product, produk yang dimiliki McDonald utamanya adalah burger, ayam goreng, dan beberapa menu lain. Karena sudah terkenal di skala internasional, asosiasi burger dan brand McDonald di publik Indonesia sudah kuat.
  • Untuk price, harga yang ditawarkan pada produk yang dijual cukup unik, karena harga paket-paket penjualan akan jauh lebih murah daripada ketika pelanggan membelinya satuan.
  • Place, faktor ketiga yakni place, McDonald juga dapat ditemui dengan mudah di berbagai titik strategis pusat keramaian, dan bahkan merambah pada layanan pesan antar miliknya atau menggunakan platform pihak ketiga agar lebih mudah dijangkau pasar.
  • Untuk promotion, dilakukan hampir di setiap media yang ada saat ini. Mulai dari promosi konvensional, promo dengan potongan harga, hingga promo di media sosial dan berbagai banner di situs terkait.

Baca Juga: 10 Opsi Teknik Marketing Jitu, Anda Bisa Lihat di Sini! 

Strategi pemasaran 4P sejatinya merupakan strategi yang bersifat mendasar, namun jika diterapkan secara cermat dapat membawa banyak keuntungan. Analisis yang baik akan menentukan segalanya, jadi pastikan kamu melakukannya dengan cermat dan akurat, agar memperoleh output terbaik dari penerapan strategi pemasaran ini.