Sugar Rush dan Dampaknya pada Kesehatan Anak, Bahayakah?

Sugar rush adalah suatu kondisi yang bisa dialami oleh anak-anak sebagai akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Kabarnya, sugar rush menjadi salah satu momok bagi para orang tua karena dikaitkan dengan penyebab anak hiperaktif. Namun pada kenyataannya, gula memang memiliki efek negatif bagi tubuh, tetapi tidak memicu hiperaktif secara tiba-tiba.

Banyak orang tua yang memercayai bahwa sugar rush pada anak terjadi akibat terlalu banyak memberikan makanan atau minuman yang mengandung gula. Namun, apakah benar konsumsi terlalu banyak gula bisa membuat anak menjadi terlalu aktif? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan lebih dalam mengenai dampak sugar rush, dan alternatif sumber alami gula yang baik untuk anak di bawah ini!

Sumber: Freepik

Dampak Sugar Rush bagi Anak

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis atau yang mengandung gula dalam jumlah besar membuat anak lebih berisiko terkena berbagai penyakit di kemudian hari, seperti:

  1. Diabetes
  2. Obesitas
  3. Penyakit jantung
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Masalah pada gigi, misalnya karies gigi
  6. Kolesterol tinggi
  7. Insomnia
  8. Depresi
  9. Asam urat

Batasi asupan gula untuk anak agar tidak melebihi 25 gram atau setara dengan 6 sendok teh per hari. Jumlah tersebut sudah termasuk gula yang terkandung dalam makanan atau minuman, bukan hanya gula pasir.

Baca juga:  Pahami 10 Manfaat Daging Ayam bagi Anak dan Ibu Hamil!

Sumber Alami Makanan/Minuman Manis sebagai Cemilan

Sumbe: iStockPhoto

Setelah mengetahui dampak sugar rush bagi anak, saatnya kamu mengetahui sumber alami cemilan minim gula. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai alternatif dalam mencegah terjadinya sugar rush pada anak.

  1. Buah. Kamu bisa mengolah buah menjadi cemilan menyenangkan bagi anak, seperti membuat pancake pisang, atau jus buah.
  2. Sayur. Kamu bisa membuat keripik sayur, atau mencampurkan sayur dan lauk kesukannya menjadi nugget yang mudah dikonsumsi anak.
  3. Pizza homemade. Ini bisa menjadi salah satu pilihan jika anak susah makan sayuran atau lauk. Gunakan adonan yang kamu buat sendiri, dengan topping yang dipilih sesuai keinginan anak.
  4. Popcorn. Ganti mentega dengan minyak zaitun untuk menambahkan rasa gurih. Selanjutnya, masak popcorn di atas kompor dan bukan di microwave. Agar lebih sehat, kreasikan dengan bahan alami lain seperti lada, bawang putih, kayu manis, dan lain sebagainya.
  5. Yoghurt. Produk olahan susu ini adalah sumber yang baik untuk protein dan juga kalsium.

Itulah dampak sugar rush bagi kesehatan anak. Sugar rush adalah kondisi yang cukup membahayakan bagi anak, karena jumlah asupan gula yang diterima anak melebihi batas normal. Untuk itu, batasi konsumsi gula pada anak dengan alternatif camilan seperti yang dijelaskan sebelumnya.