7 Langkah Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

affiliate marketing

Sederhananya, affiliate marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).

Tak selamanya yang bergabung ke dalam program afiliasi adalah individu. Sekelompok orang atau bahkan perusahaan dipersilakan untuk mengikuti program afiliasi yang tersedia.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam sistem affiliate marketing, yaitu:

  • Merchant: Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.
  • Affiliate: Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.
  • Pelanggan: Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing semakin meningkat. Saking banyaknya perusahaan yang mengadakan program ini, kamu harus benar-benar selektif. Pilihlah program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu agar bisa memperoleh hasil yang terbaik serta menguntungkan.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

cara kerja affiliate marketing
sumber : Marcomplus

Pada dasarnya affiliate marketing adalah cara mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk yang kamu beli.

Berikut langkah-langkah yang ditempuh untuk melakukan afiliasi

  • Daftar Program Afiliasi

Kamu mendaftar program afiliasi dari perusahaan tertentu.

  • Promosi Produk

Kamu mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di blog dan media sosial yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menyisipkan kode referral di konten kamu.

  • Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Kamu

Ada orang yang membeli produk menggunakan kode referral yang kamu letakkan di media promosi kamu. Biasanya orang yang menggunakan kode referral akan mendapatkan diskon tambahan

  • Dapatkan Komisi

Setelah itu, kamu akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli melalui link yang kamu letakkan di blog dan media sosial kamu.

Baca juga:  7 Cara Membuat CV Menarik untuk Kerja Terlengkap

Cukup mudah bukan?

Cara kerja affiliate marketing di atas adalah yang paling umum dan perlu diingat bahwa alur kerja di setiap perusahaan penyedia affiliate marketing bisa berbeda-beda. Pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar program afiliasi. 

Cara Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

sukses affiliate marketing
sumber : Harmony

Memulai affiliate marketing bukan hal yang sulit. Selama kamu memiliki media promosi dan kemauan untuk mempelajari hal tersebu. Kamu bisa menghasilkan dari komisi penjualan. Berikut adalah tujuh tips untuk menjalankan affiliate marketing yang menghasilkan:

1. Buat Review yang Personal

Kamu bisa saja membuat review produk tanpa perlu benar-benar menggunakannya. Namun, isi kontennya akan sama dengan review-review produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambahkan nilai lebih di review dengan pengalaman kamu menggunakan produk yang kamu promosikan. Dengan begitu review kamu memiliki nilai personal yang tidak bisa ditemukan di review-review lain.

2. Jangan Fokus Mendapatkan Komisi Saja

Tujuan utama kamu memang untuk menghasilkan uang dari program afiliasi. Namun, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kebutuhan pembaca. Yang dicari pembaca ketika mencari produk bukan sebatas informasi harga dan spesifikasi saja. Mereka juga mencari pengalaman orang-orang yang sudah menggunakan produk yang ingin mereka beli. Mereka butuh pertimbangan dari orang lain untuk menentukan membeli sebuah. Review produk adalah sarana kamu untuk membantu mereka menentukan produk yang paling cocok untuk mereka.   

3. Buat Review yang Menarik

Walaupun program afiliasi bisa dianggap sebagai pekerjaan sampingan, bukan berarti kamu bisa melakukannya setengah-setengah. Buat review semenarik mungkin. Berikan pengalaman kamu ketika menggunakan produk. Tambahkan gambar produk dengan kualitas tinggi. Jika diperlukan, kamu juga bisa membuat infografik sederhana tentang produk yang kamu promosikan. Intinya adalah buat konten promosi semaksimal mungkin.

4. Perhatikan SEO

Konten review yang menarik akan lebih baik lagi ketika didukung SEO yang optimal. Temukan keyword yang banyak dicari terkait produk yang akan Anda promosikan melalui riset keyword. Kemudian buat konten review sesuai kaidah SEO. Dengan begitu review Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diklik dan dibaca.

Baca juga:  9 Soft Skill Penting untuk Calon Pengusaha Sukses

5. Pahami Target Audience

Pahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk yang kamu promosikan. Cari tahu apa pertanyaan yang sering mereka ajukan mengenai produk tersebut melalui media sosial dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang produk yang kamu promosikan melalui review yang kamu buat.

6. Sesuaikan Produk Dengan Niche Blog

Kamu memang bisa mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan, tapi bukan berarti kamu bisa asal mendaftar program afiliasi. Pilihlah produk yang sesuai dengan niche/tema blog kamu. Misalnya, Anda mengelola blog dengan niche teknologi maka sebaiknya produk-produk yang kamu promosikan adalah produk teknologi. Jika blog kamu nichenya adalah fashion, sebaiknya kamu mendaftar program afiliasi dari perusahaan fashion juga.

Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan pembaca. Tentu mereka lebih percaya pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu kamu secara tidak langsung membangun narasi bahwa kamu ahli di bidang tersebut.

7. Berikan Call to Action

Tujuan utama dari mendaftar program affiliate marketing adalah agar orang-orang menggunakan kode referral kamu. Hanya dengan kode referral tersebut perusahaan penyedia afiliasi bisa mengidentifikasi kalau orang-orang membeli produknya melalui kamu.

Untuk memberi perintah kepada pengunjung untuk memakai kode referral kamu, kamu membutuhkan CTA atau Call to Action. Call to Action adalah petunjuk atau perintah kepada pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, dalam hal ini adalah menggunakan kode referral kamu. CTA dapat berupa gambar atau teks.  

Langkah sukses untuk menjalani bisnis affiliate marketing di atas cukup mudah ditiru bukan? Jangan lupa affiliasi akan membutuhkan visibilitas, jadi jangan malas melakukan promosi. Salam sukses

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru