sunburn
Sumber: Freepik

7 Tips Atasi Sunburn pada Kulit, Tak Lagi Perih dan Kemerahan!

Kamu pasti tahu dengan sunburn atau kondisi dimana kulit terbakar akibat paparan sinar matahari secara langsung. Manfaat sinar matahari memang sangat baik untuk kulit karena mendukung pembentukan vitamin D pada kulit. Namun apabila kulit terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, kamu berisiko terkena sunburn yang berdampak buruk bagi kulit. Jika kamu sering kali beraktivitas outdoor, jangan khawatir lagi. Segera terapkan cara mengatasi kulit terbaik secara alami maupun menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Untuk mencegah kulit tersengat matahari saat kamu akan berjemur, kamu juga perlu tahu beberapa cara mencegahnya agar kulit tetap terlindung dan sehat. Check this out!

Table of Contents

Bagaimana Ciri-Ciri Sunburn yang Kamu Alami?

Ciri-ciri kamu alami kulit terbakar yang bisa kamu amati bisa hanya muncul beberapa menit saja saat berjemur. Tanda-tanda yang pasti adalah kulit terasa panas dan perih saat kamu menyentuhnya. Kemudian, ciri-ciri lain yang dapat dirasakan adalah kulit mengelupas; melepuh, bengkak pada area kulit; dan kepala terasa pusing. Pada tingkatan yang lebih parah, kulit terbakar juga dapat menimbulkan gejala lain pasca terpapar panas terik matahari, seperti dehidrasi kulit, demam, dan mati rasa atau kebas pada kulit.

Cara Tepat Mengatasi Sunburn secara Alami

1. Kompres dan Dinginkan Kulit yang Terbakar dengan Es atau Air Sejuk

Sumber: Freepik

Langkah pertolongan pertama saat kulitmu terbakar sinar matahari adalah dengan mendinginkan area kulit dengan kompres dingin memakai es atau air sejuk. Tentunya langkah pendinginan kulit ini tidak seketika kamu lakukan setelah terbakar sinar matahari. Beri jeda beberapa saat agar kulit tidak semakin parah dan teriritasi. 

Cara mengompres kulit yang terbakar yaitu gunakan kain lembut dan bersih, lalu basahi kain dengan air dingin. Hindari terlalu keras menggosok handuk ke kulit untuk mencegah kulit kering dan iritasi. Cukup tepuk-tepuk secara lembut. 

Untuk efek dingin secara menyeluruh, mandi dan berendam dengan air yang sejuk mampu membantu mendinginkan kulitmu yang terbakar matahari yang menyengat.

2. Gunakan Pakaian Tertutup saat Beraktivitas Outdoor

Sumber: Freepik

Selalu usahakan untuk mengenakan pakaian tertutup saat kamu beraktivitas outdoor terlebih saat di siang hari. Selain menutupi tubuh terpapar langsung sinar matahari, tentunya jenis pakaian yang kamu gunakan harus nyaman, lembut, anti gerah dan menyerap keringat. Menggunakan pakaian tertutup selain mencegah sunburn, juga dapat mengatasi kulit yang telah terbakar tidak semakin parah. Jika diperlukan, saat proses penyembuhan luka akibat kulit terbakar, aplikasikan obat atau salep pereda nyeri untuk mengurangi rasa perih, baru kemudian kenakan pakaian tertutup.

Baca juga:  Kapan Mulai Perawatan Anti Aging? Ini 7 Bahan Aktif Andalannya

3. Rutin Aplikasikan Pelembap Kulit untuk Atasi Peradangan

Sumber: Freepik

Berikutnya untuk mengatasi kulit terbakar, kamu perlu mengaplikasikan produk pelembap kulit yang mengandung formula anti peradangan dan menghidrasi kulit. Kamu bisa memilih pelembap dengan formula aloe vera dan centella asiatica. 

Segera atasi kulit terbakar dengan rutin mengoleskan body lotion dari bahan-bahan alami yang maksimal membantu merawat kulit tubuh. Produk pelembap kulit, baik untuk wajah dan tubuh, selain membantu meredakan peradangan kulit juga bagus untuk menghidrasi kulit kering akibat luka dari paparan sinar matahari.

4. Jangan Skip Oleskan Sunblock sebelum Beraktivitas Luar Ruangan

Sumber: Freepik

Untuk mengatasi masalah kulit terbakar agar cepat mereda dan tidak terjadi lagi, jangan lewati langkah untuk mengoleskan produk sunblock pada kulit sebelum beraktivitas outdoor. Perawatan kulit tubuh dengan produk sunblock ini selain mampu membantu meringankan efek kulit terbakar, juga efektif mencegah penuaan dini, bintik hitam bahkan kanker kulit. Formula dalam sunblock efektif memproteksi kulit dari paparan buruk sinar matahari dengan menyerap dan memantulkan energi panas sinar UV. Jadi, jangan skip memakai sunblock andalan kamu, ya!

5. Oleskan Gel Lidah Buaya sebagai Burn Plant yang Mendinginkan

Sumber: Freepik

Masalah kulit terbakar akibat sengatan matahari juga dapat kamu atasi dengan perawatan alami dengan olesan gel lidah buaya, lho! Aloe Vera sebagai burn plant ini dikenal ampuh menyembuhkan dan menenangkan kulit yang meradang akibat sifat anti-inflamasi. 

Gel lidah buaya secara alami mengandung senyawa bioaktif (vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan) yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Oleskan gel lidah buaya langsung ke kulitmu yang terkena sunburn, sehingga kemerahan dan rasa perih menjadi berkurang. Gel lidah buaya juga bagus untuk melembapkan kulit secara alami, menenangkan, dan mencegah pengelupasan kulit. 

6. Optimalkan Hidrasi Kulit dengan Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sumber: Freepik

Cara mengatasi kulit yang terbakar matahari juga perlu perawatan dari dalam tubuh. Bagaimana caranya? Ya, optimalkan hidrasi tubuh dengan perbanyak minum air putih. Ini harus dilakukan karena kulit yang terbakar matahari menarik cairan pada kulit keluar tubuh yang mengakibatkan dehidrasi. Agar kebutuhan hidrasi tubuh tetap terpenuhi dan dehidrasi cepat diatasi, pastikan kamu memperbanyak konsumsi air putih setiap hari, ya!

7. Jangan Memecahkan Kulit Melepuh

Sumber: Freepik

Kulit melepuh yang parah dan meluas memerlukan perhatian dokter kulit, namun jika masih ringan kamu hanya cukup membiarkan saja. Menyentuh dan memecahkan kulit melepuh dapat membuat kulit rentan terhadap infeksi. Jika lepuh kulit muncul secara alami, bersihkan luka terbuka dengan sabun lembut dan air, kemudian tutup dengan salep antibiotik dan perban.

Baca juga:  7 Tips Make Up Glass Skin Paling Simpel, Bening dan Flawless!

Tips Sebelum Berjemur Agar Kulit Tidak Terbakar

Risiko kulit terbakar di bawah terik sinar matahari, seperti perih, meradang, bengkak, hingga melepuh, bisa terjadi jika kamu kerap berjemur terlalu lama. Agar efek jangka panjang akibat sering alami sunburn tidak terjadi, kamu perlu menerapkan beberapa tips penting sebelum berjemur. 

Kita tahu bahwa kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa disertai perlindungan seperti sunscreen bisa mempercepat penuaan dini pada kulit. Penuaan dini dikenali dengan beberapa gejala seperti kulit menjadi kering, keriput, muncul garis-garis halus hingga bintik kehitaman. 

Untuk mendapatkan manfaat baik sinar matahari di pagi hari untuk kesehatan kulit, lakukan cara berjemur yang tepat. Pilih jam-jam berjemur di pagi hari sebelum matahari terik. Oleskan sunscreen pada wajah dan sunblock ke seluruh tubuh untuk melindungi dari paparan sinar matahari yang menembus kulit. 

Satu hal yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin menggelapkan skintone. Selain paparan sinar matahari, tanning bed adalah cara lain untuk menggelapkan warna kulit. Metode tanning bed ini jika digunakan berlebihan justru dapat memancarkan sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Baca Juga : Coba 7 Cara Menghilangkan Mata Panda secara Cepat dan Alami

Tak perlu khawatir lagi jika kamu mengalami masalah sunburn pada kulit karena terdapat beberapa cara tepat mengatasinya. Lakukan perawatan kulit sesuai dengan kondisi kulitmu agar tidak semakin memperparah masalah kulit yang ada. Lengkapi kebutuhan berbagai produk perawatan kulit berkualitas yang bisa kamu dapatkan secara mudah.

Add comment

Share