Mau Lihat Sunrise di Jogja? Kunjungi 9+ Spot Terbaiknya!

Di Jogja, spot sunrise-nya tidak terlalu banyak dibandingkan tempat melihat matahari terbenam atau sunset. Selain lokasinya yang berada di selatan Pulau Jawa, banyak gunung dan perbukitan yang menutupi. Kamu harus berada di tempat yang cukup tinggi untuk melihat keindahan alam ini. Selain itu, salah satu kendala melihat sunrise adalah susah bangun pagi. Kamu harus bangun pagi-pagi buta agar bisa mendapatkan momen ini.

Berburu indahnya matahari terbit menjadi hiburan tersendiri bagi para pemburu sunrise. Cantiknya sang surya yang memancar pertama kali di pagi hari, terasa sangat hangat dan merupakan momentum yang dinanti-nantikan. Untuk mendapatkan momentum yang pas saat matahari terbit, biasanya orang-orang rela pergi ke suatu tempat yang jauh untuk bisa menikmatinya. Inilah spot sunrise di Jogja yang bisa kamu datangi untuk melihat matahari terbit!

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

9+ Spot Terbaik Melihat Sunrise di Jogja

1. Puncak Suroloyo

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Pemandangan matahari terbit dari Puncak Suroloyo bisa kamu nikmati setelah menaiki sekitar 300 anak tangga. Meskipun membuat lelah, pemandangan yang disuguhkan sebanding dengan usahanya. Sunrise cantik yang muncul dari balik Gunung Merapi dan Merbabu tampak memesona. Puncak Suroloyo masih termasuk bagian dari Pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Waktu tempuhnya dari pusat kota sekitar satu jam. Sebaiknya kamu berangkat pukul 3 pagi, untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbit tepat waktu. Jadi, sampai disini kamu bisa menunggu sebelum matahari terbit dari arah timur.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Di daerah Gunungkidul tepatnya di Patuk, ada spot sunrise yang sayang jika kamu dilewatkan, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Jalur pendakiannya cukup mudah dan cepat sehingga aman dan mudah untuk pemula. Untuk melihat matahari terbit, kamu bisa mendirikan tenda di atas semalaman atau mendaki pagi-pagi buta. Kamu akan disambut sinar mentari di ufuk timur yang terasa hangat di kulit. Hamparan pemandangan alamnya juga melengkapi pagi hari di Puncak Nglanggeran.

Baca juga:  Daftar 7 Pulau Terkecil di Indonesia, Ada yang Hanya 0,5 hektar!

3. Gunung Ireng

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Destinasi untuk menikmati sunrise selanjutnya adalah Gunung Ireng. Namanya berarti gunung hitam berasal dari bahasa Jawa “ireng” artinya hitam, karena terdiri dari batu – batuan hitam yang dikelilingi sedikit pepohonan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini membuat suasana di daearah Gunung Ireng ini sejuk dan dingin, dijamin betah untuk menikmati suasana sunrise di sini. Perpaduan antara langit, bukit, awan serta pepohonan yang menghiasi indahnya sang surya menyingsing menjadi point view di sini. Lokasinya berada di daerah Patuk yang memiliki jarak 25,6 Km dari kota dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

4. Candi Abang

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Spot sunrise terbaik di Jogja selanjutnya adalah Candi Abang. Candi Hindu kuno ini tertutupi oleh batu-batuan, sehingga bentuknya seperti bukit. Kamu bisa menikmati matahari terbit dari sini, sambil menghamparkan tikar dan berpiknik pagi-pagi. Atau kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti yoga atau senam. Lokasi destinasi ini berada di daerah Berbah, Sleman. Untuk harga tiketnya kamu dikenai biaya Rp 5.000 dan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor.

5. Kebun Buah Mangunan

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Di daerah Dlingo, Bantul, kamu bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata yang hits ini menyuguhkan pemandangan sunrise yang indah. Di antara gumpalan awan putihnya, terlihat sinar mentari yang memancarkan sinarnya. Kamu juga akan melihat pemandangan “lautan awan” saat waktu matahari akan terbit. Untuk melihat pemandangan ini, kamu harus berangkat pagi-pagi buta. Jika dari pusat kota kurang lebih sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi.

6. Tebing Watu Mabur

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Jika kamu mencari spot sunrise bagus sekaligus estetik, Tebing Watu Mabur jawabannya. Tempat wisata di daerah Bantul ini menyuguhkan keindahan yang tidak bisa disaksikan di lokasi wisata lainnya. Perpaduan awan dan sinar mentari membuatmu serasa di atas awan. Selain pemandangan matahari terbitnya yang indah, kamu juga bisa berburu foto bagus di sini. Ada beberapa spot foto yang disediakan oleh pengelola. Jadi, pastikan bawa kamera terbaik untuk dapatkan gambar yang bagus.

Baca juga:  Bouldering vs Rock Climbing, Apa Manfaatnya?

7. Bukit Panguk Kediwung

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Bukit Panguk Kediwung di daerah Dlingo, Bantul jadi spot sunrise yang sering dikunjungi wisatawan. Tempatnya sangat strategis untuk melihat pemandangan matahari terbit. Tak ada penghalang apapun di depannya, sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas. Di tengah hamparan awan putih, sinar matahari terlihat menyeruak dengan indahnya. Tidak heran kalau bukit ini sering dijadikan lokasi foto prewedding. Banyak pasangan ingin mengabadikan momen spesial mereka di tengah pemandangan yang syahdu.

8. Bukit Cendana

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Untuk datang ketempat wisata ini memang sangat disarankan ketika pagi hari sebelum matahari menyongsong. Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat mempesona. Dengan adanya gardu pandang, kamu bisa menikmati pemandangan yang tidak terlupakan. Hamparan hijau yang memanjakan mata dan luasnya Waduk Sermo terlihat jelas dari atas Bukit Cendana.

Untuk mencapai lokasi puncak Bukit Cendana, kamu harus berjalan kaki sekitar 5-10 menit. Kemudian kalian dapat menunggu hingga matahari terbit dari arah timur dengan sangat indah. Lokasinya berada di Kokap, Kulon Progo, dengan jarak 38 Km dari kota dan waktu tempuh sekitar 1 jam 18 menit. 

9. Pantai Widodaren

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Pantai Widodaren, Gunung Kidul jadi salah satu spot sunrise di Indonesia yang memiliki keindahan tak terlupakan. Kamu bisa melihat keindahan matahari yang terbit sambil menikmati suara ombak. Agar tidak ketinggalan momen seru ini, kamu bisa berkemah di pinggir pantai. Jangan khawatir dengan keamanannya, ombak di pantai ini cukup tenang. Kamu bisa mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih. Pada pagi harinya, kamu tinggal membuka tenda dan menikmati pemandangan ini dengan tenang.

10. Pantai Sundak

sunrise jogja
Sumber: Pinterest

Matahari terbit tidak melulu harus dilihat dari lokasi yang berada di ketinggian. Dari daerah dataran rendah pun keindahan dari sunrise juga tak kalah mempesona. Pantai Sundak menjadi tempat wisata pantai yang asyik untuk kamu kunjungi, karena pasir putih di tepi pantainya cukup luas. Untuk mendapatkan sunrise di pantai ini, sebaiknya kamu berangkat ketika matahari masih belum terbit. Lokasi pantai ini berada di Tepus, Gunung Kidul. Jaraknya cukup jauh, yaitu 67 km atau 2 jam perjalanan dari kota.

Nah, itulah 9+ spot untuk menikmati matahari terbit di Jogja. Sebelum pergi ke sana, pastikan kondisi kendaraan dan juga memperkirakan waktu tempuh. Jangan sampai ketika sampai sana kamu terlambat melihat matahari terbit dan segala pemandangan alam yang disuguhkan di sana. Selamat menikmati sunrise dengan orang-orang terkasih!