sunscreen yang bagus
Sumber: Freepik

Manfaat dan Pentingnya Sunscreen yang Bagus sebagai Daily Use

Menerapkan sunscreen setiap pagi di wajah sangat penting untuk perlindungan kulit. Aplikasi sunscreen yang bagus setiap hari diperlukan untuk mendapat manfaat Sun Protection Factor (SPF). Setiap hari kita terpapar sinar UV yang menghasilkan radikal bebas di kulit, sehingga memicu menurunnya produksi kolagen dan elastin kulit. Kandungan dalam sunscreen terbukti efektif untuk membantu mencegah penuaan dini, kerutan, bintik-bintik hitam, dan kulit kendur. Yuk pahami berbagai manfaat, jenis sunscreen sesuai jenis kulit, dan rekomendasi produk sunscreen yang bagus untuk melindungi kulitmu! 

Manfaat Sunscreen yang Bagus untuk Kulit

Tak ada produk selain sunscreen yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. SUnscreen yang bagus langsung bekerja setelah diaplikasikan dan formulanya dapat mencegah timbulnya kerutan dan sunburn. Manfaat sunscreen yang bagus juga untuk merawat dan menjaga kulit tampak bercahaya dan sehat dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan sunscreen sebagai daily use. 

Dampak Tidak Menggunakan Sunscreen untuk Kulit

Sumber: Freepik

Lalu apa saja dampak yang dapat kamu alami saat tidak menggunakan sunscreen?

  • Bintik Matahari. Sunspot atau bitik penuaan terjadi ketika kulitmu terpapar sianr matahari dalam waktu lama. Bintik matahari ini biasanya berhubungan dengan munculnya rasa gatal, sensai terbakar, nyeri.
  • Penuaan Dini. Jika kamu tidak mengoleskan tabir surya, radiasi UV dapat merusak kolagen dan jaringan ikat di kulit. Dampak buruknya bisa memicu hilangnya elastisitas kulit, menyebabkan kerutan, hingga penuaan dini.
  • Warna Kulit Jadi Lebih Gelap. Sebagai bentuk pertahanan alami terhadap sinar matahari, kulit yang tidak dioleskan tabir surya dapat memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan. Hal ini meninggalkan bercak gelap pada kulit dan warna kulit tidak merata. 
  • Terbakar Matahari (Sunburn). Terlalu banyak terpapar sinar UV dapat menimbulkan luka bakar pada kulit (sunburn). Kulit dapat mengalami sengatan matahari ringan hingga parah dengan ditandai bercak merah, panas, dan nyeri, hingga kulit melepuh.
  • Kulit kering. Paparan sinar matahri langsung pada kulit dapat menyebabkan hilangnya kelembapan dan minyak alami dari kulit. Tanpa menggunakan sunscreen, kulit dapat mengalami dehidrasi dan akhirnya muncul bercak kering. 
Baca juga:  Eau de Toilette Beda dengan Eau de Parfum, Pahami Sebelum Beli Parfum Baru!

Perbedaan Chemical & Physical Sunscreen

Ada dua kategori sunscreen yang dapat kamu aplikasikan pada kulit, yaitu physical dan chemical sunscreen. Tabir surya fisik mengandung mineral aktif yang dapat memantulkan dan menyebarkan radiasi dari sinar matahari. Sedangkan tabir surya kimia menyerap radiasi sebelum mencapai lapisan dalam kulit. Berikut perbedaan dan cara kerja kedua jenis sunscreen ini.

Cara Kerja Physical Sunscreen

Physical sunscreen atau mineral sunscreen, melindungi kulit dengan memantulkan sinar UV sehingga sunburn tidak terjadi. Mengandung mineral zinc oxide dan titanium dioxide, yang membantu memantulkan dan menyebarkan sinar berbahaya dari matahari. 

Jenis sunscreen ini menjadi pilihan perlindungan kulit yang ideal untuk kulit sensitif serta cepat menyerap bekerja jika kamu harus segera ke luar ruangan. Meski diakui aman dan efektif memblokir sinar UV, teksturnya lebih tebal sehingga lebih sulit untuk diterapkan serta meninggalkan whitecast pada kulit. Untungnya, ada teknologi bahan baru dan tinted formula yang bagus untuk mengurangi tampilan whitecast.

Cara Kerja Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen bekerja membantu mencegah kerusakan UV. Biasanya tabir surya kimia ini mengandung oxybenzone, dioxybenzone, avobenzone, octocrylene, homosalate, octinoxate dan lainnya. Sunscreen ini lebih mudah diaplikasikan dan tidak meninggalkan whitecast. Formulanya cenderung lebih ringan dan lebih disukai oleh jenis kulit berminyak.

Meskipun umumnya dianggap aman, sunscreen kimia memiliki potensi efek samping yang masih dipelajari, di antaranya yang telah diketahui adalah bisa mengiritasi kulit sensitif.

Baca juga:  9 Urutan Hair Care Routine yang Perlu Kamu Terapkan, Rambut Sehat dan Berkilau!

Rekomendasi Jenis Sunscreen yang Bagus Sesuai Tipe Kulit 

1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF5 PA++++ 

Sumber: azarinecosmetic

Sunscreen dalam bentuk gel ini fungsinya bagus untuk melembapkan, menenangkan, dan melindungi kulit dari paparan buruk sinar UV. Diperkaya ekstrak alami royal jelly, aloevera, green tea, dan resveratrol yang bermanfaat untuk kulit. Gelnya terasa dingin dan ringan, mudah diserap kulit, dan no whitecast. Cocok untuk semua jenis kulit, mulai dari normal, berminyak, kombinasi, dan berjerawat (acne prone).

2. Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

Sumber: emina cosmetic

Sun protection dari Emina ini memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar UV dengan SPF 30 PA+++. Teksturnya ringan cepat meresap ke kulit dengan Aloe D – Panthenol Complex dan Hi-grade formula yang efektif menjaga kulit. Wanginya tercium enak saat diaplikasikan pada kulit. Aplikasikan pagi hari sebelum beraktivitas dan lakukan re-apply sesuai petunjuk produk.

3. Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50++ PA++++

Sumber: somethinc.com

Transparent sunscreen stick dengan formula SPF 50+ PA++++ yang dapat memblokir radiasi UVA &UVB. Teksturnya ringan sehingga mudah untuk meresap dan tidak menyumbat pori-pori. Memberikan perlindungan dan tampilan kulit healthy glow finish yang tidak lengket dan greasy. Mudah diaplikasikan dimana saja dan kapan saja. NO whitecast.

Baca juga: Manfaat Masker Organik untuk Semua Jenis Kulit, Aman dan Alami

Melindungi kulit wajah dari efek buruk paparan sinar UV dan polusi adalah kewajiban. Mau itu beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan, jangan lupa menggunakan produk sunscreen yang bagus dan sesuai dengan jenis kulitmu. Jadikan sunscreen sebagai skincare routine product yang mendatangkan hasil nyata untuk kulit sehat dan cantik alami.

Add comment

Share