Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Supervisor yang Handal

Dalam perusahaan ataupun pekerjaan, dibutuhkan satu orang yang dapat mengatur divisi atau bagian-bagian yang ada. Orang tersebut adalah supervisor. Supervisor adalah salah satu peran penting yang terdapat dalam organisasi perusahaan. Perannya penting untuk kelangsungan operasional perusahaan secara efisien dan berkelanjutan. Perencanaan dan perumusan adalah langkah yang dilakukan oleh manajer dan dieksekusi oleh karyawannya. 

Dalam pelaksanaan eksekusi, tentu akan dilakukan pengawasan, saat itulah tanggung jawab supervisor berada dalam alur tersebut. Jika tidak ada supervisor pada struktur organisasi perusahaan, maka perusahaan akan kesulitan untuk mengontrol karyawannya secara langsung. Lalu, apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi supervisor yang handal?

supervisor adalah
Sumber: iStockPhoto

Definisi Supervisor

Supervisor adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pengawasan dan koordinasi tugas-tugas yang dilakukan oleh karyawan atau tim kerjanya. Supervisor biasanya berada di antara manajemen dan karyawan, dan memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa tugas-tugas yang diberikan kepada karyawan atau tim kerjanya terlaksana dengan baik, sesuai dengan standar yang ditetapkan, dan dalam batas waktu yang ditentukan.

Jika dilihat dalam struktur organisasi, biasanya jabatan supervisor berada di antara manajer dan staf pelaksana. Seorang supervisor dituntut mampu bertindak sebagai jembatan antara manajer dan staf pelaksana atau staf bawah. Tugas seorang supervisor adalah untuk berhubungan secara langsung dengan stafnya, hal ini untuk menentukan kelancaran selesai tidaknya sebuah proyek. Jika manajer bertanya perkembangan lapangan, maka supervisor yang memahami secara menyeluruh mengenai hal tersebut.

Fungsi Supervisor dalam Perusahaan

Supervisor sebagai pemimpin di tempat kerja adalah membangkitkan semangat dari para anggotanya. Semangat muncul dengan adanya kesepakatan dan merasa dapat mengendalikan situasinya. Berikut adalah fungsi dari adanya supervisor dalam sebuah perusahaan yang perlu diketahui:

1. Pengawasan dan Manajemen Tim 

Supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola tim kerja di bawahnya. Mereka harus memastikan bahwa anggota tim bekerja efisien, sesuai dengan standar perusahaan, dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga:  Lebih Dalam Mengenai 5 Fungsi dan Tugas Buyer dalam Bisnis

2. Memberikan Solusi 

Supervisor seringkali harus menghadapi masalah dan tantangan dalam operasi sehari-hari. Mereka harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis akar penyebabnya, dan mencari solusi yang efektif.

3. Jembatan Komunikasi 

Komunikasi yang efektif merupakan aspek penting dalam peran supervisor. Mereka harus mampu berkomunikasi dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, kepada anggota tim serta manajemen senior.

Baca juga: 5 Cara Efektif Mengoptimalkan Pengelolaan Inventaris Bisnis Anda

4. Memotivasi dan Menjaga Kinerja 

supervisor adalah
Sumber: iStockPhoto

Salah satu peran penting supervisor adalah memberikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja dengan semangat dan mencapai hasil terbaik. Mereka harus menciptakan lingkungan kerja yang mendukung produktivitas dan kinerja yang tinggi.

5. Manajemen Konflik

Supervisor juga harus memiliki kemampuan dalam menangani konflik di antara anggota tim. Ini bisa melakukan mediasi, penyelesaian masalah, atau tindakan lain untuk mengatasi ketegangan di tempat kerja.

6. Perencanaan Strategis

Supervisor harus dapat mengikuti visi dan tujuan perusahaan, serta merencanakan langkah-langkah strategis untuk mencapainya. Mereka juga dapat berkontribusi dalam pengembangan strategi perusahaan dengan memberikan wawasan dari perspektif operasional.

Peran Supervisor

Supervisor memiliki peran penting di perusahaan. Selain bertanggung jawab pada manajer, ia bertanggung jawab pula untuk memastikan seluruh staf dibawahnya melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan, agar seluruh proses berjalan sebagaimana mestinya. Apabila tidak ada SPV (Supervisor) dalam struktur organisasi perusahaan skala besar, maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan karyawan. Supervisor merupakan salah satu posisi vital dan berperan penting bagi keberlanjutan perusahaan.

Seorang supervisor memiliki peran untuk bertanggung jawab untuk mengawasi, serta mengelola sebuah produksi dan pelayanan kepada konsumen, juga membimbing dan mengatur rekan kerja bawahannya guna mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, seorang supervisor harus membantu bawahannya bila ada permasalahan, misal dengan staff HR mengenai absensi.

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

1. Mengatur Karyawan

Supervisor dituntut untuk bisa mengatur pekerjaan yang akan diselesaikan oleh staf pelaksana. Setiap saat diperlukan pengaturan harian yang jelas oleh supervisor kepada staf bawahannya agar karyawan tetap bekerja maksimal, dan tercipta suasana kerja yang disiplin dan tertib. Selain itu juga, supervisor harus  memberikan perintah untuk menjaga setiap rencana berada dalam satu garis dan tujuan yang jelas.

2. Memberikan Motivasi Karyawan

Memberikan motivasi kepada karyawan yang ada di bawahnya juga salah satu tugas penting menjadi seorang supervisor, guna menjaga fokus dan kualitas kerja karyawan agar tidak merasa bosan dengan pekerjaan yang diberikan sehingga dapat menghasilkan hasil kerja yang maksimal.

Baca juga:  Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia dan 8 Fungsinya

Seringkali pekerjaan yang diberikan oleh atasan memerlukan pemikiran yang berat, namun tugas supervisor setidaknya harus bisa memberikan mood yang baik pada karyawan, sehingga membuat pekerjaan tersebut menjadi mudah dan menyenangkan untuk dituntaskan.

3. Mampu Menjelaskan Deskripsi Pekerjaan Dengan Baik

Supervisor dituntut untuk mampu menjelaskan dan mengkomunikasikan rencana kerja pada staf bawahannya. Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan, karena pekerjaan yang diinstruksikan oleh manajer tidak dapat langsung dimengerti oleh karyawan, maka penjelasan yang disampaikan oleh supervisor harus mampu menyampaikan setiap detail yang ada dalam perencanaan manajer. Dengan arahan pekerjaan yang baik, maka karyawan akan paham dan mengeksekusi perencanaan manajer dengan baik dan tepat.

4. Mampu Memberikan Arahan pada Karyawan

Adanya arahan yang diberikan secara terperinci dan rutin akan membuat pekerjaan karyawan terlaksana dengan baik. Sebagai supervisor, selain menjadi ruang koordinasi pekerjaan, arahan yang dilakukan secara terjadwal dan rutin dapat menjaga komunikasi yang baik antara supervisor dan bawahannya, sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Baca juga: 8 Tips Mengoptimalkan Manajemen Produksi, Pahami Lebih Jauh!

5. Melakukan Kontrol dan Evaluasi Kinerja Karyawan

supervisor adalah
Sumber: iStockPhoto

Supervisor juga bertugas untuk mengontrol dan memberikan evaluasi dari setiap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan. Dengan adanya kontrol yang kuat, maka eksekusi pekerjaan yang sesuai rencana bisa terjaga, juga dengan adanya evaluasi yang benar dapat dilakukan koreksi terhadap hasil kerja yang tidak mencapai target.

Namun, evaluasi yang dilakukan sebaiknya bersifat membangun agar karyawan tetap memiliki semangat kerja yang tinggi. Biasanya perusahaan memiliki alat evaluasi berupa KPI (Key Performance Indicator) di setiap posisi, sehingga supervisor juga lebih mudah dalam evaluasi pekerjaan yang tidak mencapai KPI yang telah ditetapkan.

Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Supervisor

Sebagian perusahaan akan memilih seseorang yang mengawali karirnya dari posisi non manajerial untuk menempati posisi supervisor. Ini dikarenakan ia dianggap mampu membuktikan diri mampu memimpin karyawan lainnya dengan baik. Ketika memutuskan tentang siapa yang akan ditunjuk sebagai supervisor, biasanya perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki skill atau karakter berikut:

  • Mempunyai kemampuan komunikasi sangat baik.
  • Ahli bekerja secara teamwork.
  • Sanggup bekerja dalam tekanan.
  • Kuat dalam etos kerja.
  • Memiliki keterampilan dalam manajemen waktu.
  • Kepribadian profesional dan bersikap positif.
  • Tertarik dalam hal kepemimpinan.
  • Mengerti kebijakan dalam perusahaan serta memahami pedoman yang diterapkan di lapangan.

Itu adalah beberapa hal mengenai supervisor dan juga keterampilan yang diperlukan. Peran supervisor sangat penting dalam menjaga kelancaran operasional perusahaan dan mencapai keberhasilan jangka panjang. Supervisor memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa karyawan bekerja secara efisien, berkembang, dan berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi.