3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Survival, Apa Saja?

Ketika berada di dalam alam bebas atau terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya bencana alam, secara naluriah kita diharapkan melakukan sesuatu untuk bertahan hidup. Kemampuan untuk dapat bertahan hidup di suatu kondisi tertentu disebut dengan survival. Apalagi jika kamu sering melakukan kegiatan luar ruangan.

Untuk menguasai kemampuan bertahan hidup ini, tentu akan ada hal-hal penting yang harus dipelajari dan dipersiapkan. Apa sajakah itu? Dan bagaimana cara untuk menghadapi situasi darurat? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, teknik, dan peralatan yang harus disiapkan dalam survival. Yuk, kita simak.

Sumber: freepik

Pengertian Survival

Survival, atau keberlangsungan hidup adalah kemampuan seseorang untuk bertahan hidup dari kondisi darurat atau sulit. Dalam kegiatan luar ruangan seperti pendakian, hiking dan lainnya, hal ini merupakan salah satu kemampuan dasar bagi setiap pegiatnya, atau minimal satu orang dalam kelompok kegiatan. Kondisi darurat atau sulit yang dimaksud adalah kondisi yang tidak diinginkan, seperti bencana alam, tersesat di suatu tempat, serta kondisi lain yang membahayakan dan minim bantuan dari luar.

Dalam kemampuan ini, survivor (orang yang bertahan hidup) diharapkan untuk bisa memanfaatkan segala jenis sumber daya yang tersedia, baik berupa barang yang dibawa ataupun sumber dari sekitarnya, hingga bantuan datang atau kita dapat menemukan jalan menuju bantuan tersebut.

Teknik Survival

Untuk menerapkan prinsip survival, ada beberapa teknik bertahan hidup yang perlu kamu ketahui dan pahami. Beberapa teknik tersebut adalah sebagai berikut.

1. STOP

Langkah awal yang wajib kamu pahami adalah STOP (Stop, Thinking, Observe, Planning). Stop berarti kamu harus berhenti sejenak dan menenangkan diri. Thinking berarti kamu memikirkan semua kejadian yang dialami dan mengevaluasi hal tersebut. Observe berarti kamu mengamati lingkungan sekitar, dan Planning berarti kamu merencanakan langkah selanjutnya untuk bisa bertahan hidup. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan hidup dan menentukan langkah selanjutnya yang lebih efisien.

Baca juga:  12 Rekomendasi Tempat Libur Lebaran Tahun 2024

2. Alat Perlindungan

Teknik ini sangat penting untuk kamu kuasai, karena dengan hal ini kamu dapat terlindungi baik dari cuaca maupun kondisi lain yang mungkin dapat membahayakan nyawamu. Alat perlindungan dalam kondisi darurat salah satunya adalah shelter atau tempat berteduh, contohnya tenda dan bivak. Buatlah shelter dengan tepat dan cepat. Selain itu, pakaian juga adalah perlindungan pertama kita dari hawa panas maupun dingin.

3. Menemukan Sumber Daya untuk Bertahan Hidup

Selain menguasai cara membuat tempat perlindungan, hal lain yang perlu kamu pahami ketika mengalami kondisi darurat adalah mencari sumber daya untuk kebutuhan pribadimu, seperti makan, minum, dan membersihkan diri. Saat kamu berada di alam bebas, pastikan kamu terhindar dari binatang buas dan daerah yang sekiranya membahayakan nyawamu.

4. Tanda

Teknik yang harus kamu kuasai berikutnya adalah memberikan tanda kepada orang lain bahwa kamu sedang dalam kondisi darurat atau membahayakan. Tujuannya agar orang lain dapat mengetahui lokasi dan kondisimu. Cara memberi tanda kamu dalam bahaya antara lain sebagai berikut.

  1. Api. Kamu dapat membuat api dan membentuk asap dengan kain agar orang mengerti bahwa kamu butuh bantuan.
  2. Cahaya. Gunakan senter atau sumber cahaya, dan buatlah berkedip atau berikan kode morse.
  3. Bendera. Kibarkan bendera yang kamu punya, agar orang dapat mengetahui jika ada orang di lokasi tersebut.
  4. Peluit. Tiuplah peluit jika kamu mendengar ada orang yang melewati lokasi kamu berada.
  5. Membuat tanda “SOS” dengan kayu atau batu di tanah lapang, agar orang yang berada di kejauhan dapat melihat tanda yang kamu buat.
Baca juga:  Ranu Kumbolo, Surga Sunrise dan Sunset di Kaki Mahameru

Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)

Sumber: freepik

Jika kamu mengalami kondisi darurat dan membutuhkan pertolongan medis, sebaiknya gunakan pertolongan pertama terlebih dahulu sebelum menemukan pertolongan profesional. Yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pertolongan pertama antara lain mengobati memar, membalut luka, hingga pembidaian. Pastikan kamu memahami apa yang kamu bawa dalam kotak PPGD dan bagaimana kamu menggunakannya.

Peralatan untuk Survival

Setelah mengetahui beberapa teknik yang perlu kamu kuasai untuk bertahan hidup di kondisi darurat, kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat. Atau jika kamu tersesat saat melakukan kegiatan luar ruangan. Berikut perlengkapan yang termasuk dalam survival kit:

  1. Senter, atau sumber cahaya lainnya
  2. Pemantik api
  3. Pisau lipat
  4. Peluit atau benda lain yang bisa memberikan sinyal darurat
  5. Selendang atau syal
  6. Perlengkapan PPGD dan obat-obatan pribadi
  7. Kompas
  8. Botol air minum
  9. Pakaian secukupnya, usahakan membawa pakaian kering dan hangat
  10. Jas hujan. Selain untuk melidungi di saat hujan, benda ini juga berguna sebagai shelter.
Sumber: freepik

Kemempuan bertahan hidup atau survival ini adalah kemampuan dasar yang sering digunakan oleh para pegiat kegiatan luar ruangan. Hal ini disebabkan banyaknya kemungkinan yang akan terjadi ketika kamu berada di luar ruangan, terutama alam bebas. Dan tentu saja kamu perlu bersiap dengan kemungkinan tersebut.

Kamu tidak harus mendalami kemampuan ini. Setidaknya ketika kamu memahami teknik-teknik yang diperlukan, kamu bisa mengandalkan nalurimu saat terjadi kondisi darurat. Artikel di atas sudah menjelaskan mengenai pengertian dari survival, teknik dasarnya, dan peralatan yang perlu kamu siapkan ketika menghadapi kondisi darurat.