8 Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah Kawasan Taman Nasional yang terletak di ujung paling barat pulau Jawa. Tepatnya di antara Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang provinsi Banten. Luas Kawasan Taman Nasional ini adalah 122.956 ha, dan 44.337 ha dari keseluruhan luas kawasan ini merupakan perairan.

Pada 1 Februari 1992, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkanĀ taman nasional ini sebagai Situs Warisan Dunia kategori Alam. Di sekitar kawasan taman nasional yang terkenal dengan badak bercula satu ini, terdapat beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi. Beragam aktivitas bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan panjangmu, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak sampai selesai, ya.

8 Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

Kamu dapat mengunjungi kawasan ini dengan transportasi darat dan laut. Dari Serang, kamu bisa menuju Terminal Pakupatan dan mengambil bus ke Tamanjaya. Dari situ, kamu dapat mengambil kapal wisata dengan harga sekitar Rp 100.000 per wisatawan.

Untuk harga tiket masuknya, kamu dapat merogoh kocek sekitar Rp 5.000-Rp 7.500. Murah sekali, ya. Nah, berikut 8 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di kawasan taman nasional di Ujung Kulon.

Sumber: Pinterest

1. Pulau Peucang

Sumber: Pinterest

Pulau ini adalah destinasi wisata paling populer di antara pulau-pulau lainnya di Ujung Kulon. Bahkan beberapa wisatawan menyebut pulau ini sebagai Dream Island. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut melalui kegiatan snorkeling dan diving. Selain itu, kamu juga bisa bercengkerama dengan binatang-binatang yang ada di sana, seperti monyet dan rusa.

Baca juga:  Menikmati Pesona Bawah Laut dan Aktivitas Seru di Raja Ampat

Jika ingin melakukan trekking, kamu bisa mencoba ke Karang Copong di Pulau Peucang bagian utara. Tempat ini menawarkan pemandangan sunset yang menakjubkan dengan latar belakang laut lepas. Tidak perlu khawatir tentang akomodasi, sebab di pulau ini sudah tersedia resort dan penginapan sederhana.

2. Sumber Air Panas Cibiuk

Sumber: Kompas

Wisata ini terletak tidak jauh dari Taman Tanjung, jaraknya hanya beberapa kilometer saja. Yang unik dari sini adalah, jika kamu berendam di sini maka dapat mengobati segala penyakit, terutama penyakit kulit. Tidak heran, banyak wisatawan yang mendatangi tempat ini untuk merasakan khasiat dari air panas Cibiuk.

3. Padang Rumput Cidaon

Sumber: indonesiakaya.com

Tempat ini adalah salah satu spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Pasalnya, terdapat kumpulan banteng yang berada di sana. Namun petugas menyarankan untuk tidak mendekati kumpulan banteng tersebut dengan alasan keamanan. Jika kamu ingin menyaksikan kumpulan banteng yang sedang memakan rumput di hamparan padang yang luas, kamu bisa menaiki menara pandang yang sudah disediakan.

4. Gunung Honje

Sumber: indonesiatraveler.id

Bagi kamu yang merasa bosan dengan kegiatan di pantai, kamu bisa mencoba trekking di Gunung Honje. Gunung ini tidak terlalu tinggi dibandingkan gunung-gunung di Banten sebelumnya, hanya 620 mdpl. Namun, gunung ini memiliki keindahan vegetasi alam spesial. Dengan ketinggian hanya sekitar 700 meter di atas permukaan laut, kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga begitu ekstra.

Saat menjelajahi kawasan gunung, kamu akan berpapasan dengan beraneka ragam satwa liar lainnya. Gunung Honje ini berada di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon yang disuguhi vegetasi hutan yang indah dan satwa liar yang dilindungi. Seperti owa jawa dan badak bercula satu.

Baca juga:  Wisata Edukasi Membuat Essential Oil di Rumah Atsiri

5. Sungai Cigenter

Sumber: Dinas Pariwisata Provinsi Banten

Destinasi wisata selanjutnya yaitu Sungai Cigenter. Tempat ini menawarkan aktivitas bersampan. Jika kamu menyukai kegiatan yang menantang dan memicu adrenalin, maka bersampan adalah pilihan yang tepat. Kamu akan merasakan sensasi seperti di sungai Amazon, dengan aliran sungai yang berujung di air terjun bertingkat. Tentunya ini adalah hal yang seru bagi kamu yang memiliki mental baja.

6. Gua Sanghyang Sirah

Sumber: correcto.id

Jika kamu penggemar wisata sejarah, Gua Sanghyang Sirah adalah salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Ujung Kulon. Gua ini berada di barat semenanjung Ujung Kulon. Tempat ini ramai dikunjungi, terutama saat bulan Muharram. Banyak peziarah yang mengunjungi gua ini. Menurut masyarakat setempat, gua ini adalah bagian dari perjalanan hidup Raden Kiansantang yang hidup di masa Prabu Siliwangi.

7. Curug Cikacang

Sumber: ujungkulon.indonesia-tourism.com

Salah satu hewan primata yang hidup di kawasan taman nasional ini adalah Owa Jawa (Hylobates moloch). Habitatnya berada di Curug Cikacang bersama dengan flora-fauna lainnya. Daerah ini dikelilingi oleh hutan primer dan sekunder. Oleh karena itu, tempat ini sering dijadikan lokasi penelitian, pendidikan lingkungan, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

8. Pantai Ciputih

Sumber: nativeindonesia.com

Destinasi wisata yang terakhir adalah Pantai Ciputih. Akses menuju pantai ini bisa dibilang paling mudah untuk dijangkau. Pantai ini juga memiliki beragam penunjang wisata, hingga ada resort dengan fasilitas bintang lima. Jika kamu berangkat dari Jakarta ke tempat ini, maka rute yang dapat kamu tempuh adalah Jakarta-Serang-Pandeglang-Panimbang-Sumur-Pantai Ciputih. Keindahan alam yang ada di pantai ini sangatlah menakjubkan. Dengan ombak yang bersahabat, kamu bisa berenang, menyelam, dan belajar berselancar di sini.

Itulah 8 destinasi wisata yang berada di sekitar taman nasional Ujung Kulon. Pastikan kamu meriset tempat wisata agar sesuai dengan budget perjalananmu. Terdapat paket wisata yang bisa kamu sesuaikan dengan dana agar liburanmu semakin nyaman.

Mia Atika

Add comment

Share