8+ Tanaman dalam Ruangan dengan Perawatan yang Mudah

Semenjak pandemi melanda, kegiatan berkebun sepertinya sangat digemari oleh banyak orang. Selain bermanfaat untuk mempercantik ruangan, tanaman dalam ruangan juga memiliki manfaat dalam kesehatan. Tanaman ini pun juga dapat berfungsi sebagai penyaring udara, sehingga udara yang masuk ke dalam ruangan tidak banyak mengandung polutan. Mereka juga bisa membuat orang-orang yang merawatnya bahagia jika bisa tumbuh dengan baik.

Beberapa jenis tanaman hias bisa kamu temukan di toko bunga ataupun pameran tanaman hias. Tidak perlu yang besar, kamu juga bisa menemukan tanaman hias dengan ukuran kecil. Sehingga bisa kamu letakkan di tengah meja ruang tamu, meja kerja, ataupun meja belajar dalam kamarmu. Penasaran apa saja rekomendasi tanaman dalam ruangan dan manfaatnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Orang menanam tanaman dalam ruangan (Sumber: Freepik)

10 Rekomendasi Tanaman dalam Ruangan

1. Daun Dollar

Sumber: Pinterest

Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang berbentuk simetris. Daunnya yang tebal berfungsi untuk menyimpan cadangan air, karena tanaman ini dapat hidup di ruangan dengan minim sinar matahari. Perawatannya pun mudah. Kamu cukup memberikan sedikit air. Sesekali bawalah tanaman keluar ruangan beberapa hari sekali selama beberapa jam.

2. Monstera

Sumber: Pinterest

Tahukah kamu, nama lain dari tanaman Monstera? Betul, janda bolong. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan sangat diminati oleh pecinta tanaman hias. Monstera masih bisa tumbuh dengan baik meskipun kamu tidak sengaja atau lupa merawat atau menyiraminya selama beberapa hari. Selain itu, ukuran monstera yang tidak terlalu besar membuatmu bisa menanamnya pada sebuah pot dan meletakkannya di dalam rumah ketika siang hari. Kehadiran tanaman ini di dalam ruangan bisa membuat suasana rumah menjadi lebih alami dan segar.

3. Kaktus/Sukulen

Sumber: Pinterest

Meski kecil dan berduri, ternyata tanaman kaktus memiliki manfaat kesehatan yang besar. Kaktus atau sukulen bisa mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya. Cocok untuk diletakkan di meja kerja ataupun penghias di meja ruang tamu. Faktor terpenting dalam perawatan tanaman ini adalah sinar matahari. Baik kaktus maupun sukulen memerlukan 4-6 jam sinar matahari dalam sehari. Jika tanaman ini terlalu lama berada di sinar matahari, maka ia akan mengering karena air yang terkandung di dalam daunnya semakin berkurang.

Baca juga:  Tren Frugal Living, Betulkah Bikin Hemat?

4. Lidah Buaya

Sumber: iStockPhoto

Tanaman sejuta umat yang paling disukai ini juga termasuk salah satu jenis sukulen. Lidah buaya sejak dahulu sudah tenar sebagai superfood yang kaya akan mineral dan vitamin. Tak hanya terkenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga terkenal bermanfaat untuk menghancurkan senyawa benzena yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Senyawa benzena biasanya terkandung di dalam cat dinding rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman lidah buaya ini di atas meja kerja atau meja belajar agar pikiran lebih fresh.

5. Lidah Mertua

Sumber: iStockPhoto

Tanaman lidah mertua ini sangat cocok untuk disimpan di kamar tidur karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara. Beberapa racun yang diserap oleh tanaman ini antara lain trichloroethylene, formaldehyde, toluene, benzene, dan xylene. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu lebih dari 1 tanaman lidah mertua dalam kamar tidur. Lidah mertua sangat mudah untuk dirawat karena tidak memerlukan sinar matahari secara langsung.

6. Sirih Gading

Sumber: Pinterest

Saat kamu membayangkan tanaman hias, maka salah satu tanaman yang terlintas di pikiran adalah sirih gading atau Epipremnum pinnatum. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan berwarna hijau atau marmer hijau dan kuning. Sirih gading hanya membutuhkan sinar matahari tidak langsung dan penyiraman yang jarang. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat menurunkan kadar ozon dalam ruangan, yang dapat mempermudah pernapasan dan mengurangi risiko penyakit pernapasan.

7. Begonia

Sumber: iStockPhoto

Selain karena dapat menambah estetik dalam sebuah ruangan, begonia juga sangat mudah ditanam serta dirawat. Ada mitos yang menyebutkan bahwa siapapun yang menanam begonia dalam rumah dapat memberikan keberuntungan untuk para penghuninya. Jenis tanaman hias dalam ruangan ini sangat cocok diletakkan dalam berbagai sudut area hunian. Untuk perawatannya sendiri, kita hanya perlu membutuhkan penyiraman sesekali apabila tanah yang mulai mengering.

8. Aglaonema

Sumber: iStockPhoto

Aglaonema atau Sri Rejeki adalah salah satu rekomendasi tanaman dalam ruangan yang selanjutnya. Ada sekitar 23 jenis aglaonema yang bisa kamu koleksi, bahkan bisa kamu letakkan di dalam ruangan. Merawat tanaman Sri Rejeki cukup mudah. Kamu hanya perlu memerhatikan beberapa hal, seperti berikut ini:

  • Letakkan di tempat yang sejuk dan menghindari dari sinar matahari langsung.
  • Pastikan kamu menyiram dengan takaran yang benar, yaitu 2-3 hari sekali.
  • Pastikan kamu membersihkan gulma pada tanaman.
  • Pangkas daun yang sudah layu.
  • Rutin bersihkan dan lap daun agar terlihat lebih indah.
  • Gemburkan tanah agar tumbuh subur
Baca juga:  7 Inspirasi Peekaboo Hair Color, Mana yang Cocok Untukmu?

9. Spider Plant

Sumber: Pinterest

Spider plant, tanaman laba-laba, atau Chlorophytum comosum ini akrab dengan sebutan si tahan mati. Pasalnya, tanaman ini tidak perlu perawatan khusus dan bertahan hidup meski tidak terlalu diurus dan tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini dapat melindungi kualitas udara dalam ruangan. Jadi kamu bisa meletakkan spider plant ini untuk menjaga kadar kualitas baik udara dalam ruangan.

10. Bambu

Sumber: iStockPhoto

Memiliki tanaman bambu tidak melulu harus besar, banyak, dan berada di luar rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman bambu hias dalam pot di dalam ruangan. Tanaman ini dipercaya masyarakat Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan. Manfaat merawat tanaman hias ini adalah mengubah karbondioksida dalam ruangan menjadi oksigen agar ruangan lebih segar. Perawatannya pun cukup mudah, yaitu dengan media air, tanah, ataupun hydrogel.

Manfaat Merawat Tanaman dalam Ruangan

Sumber: Pinterest

Setelah mengetahui 10 rekomendasi tanaman yang bisa kamu letakkan di dalam ruangan, ada baiknya kamu mengetahui manfaat merawat tanaman ini, antara lain sebagai berikut:

  1. Menyegarkan Udara dalam Ruangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam tanaman yang berada di dalam ruangan bisa membantu mengurangi polutan yang bisa ditemukan di dalam sebuah ruangan, seperti benzena dan formaldehid.
  2. Ruangan Menjadi Lebih Nyaman. Perubahan yang bisa dibuat tanaman ini antara lain bisa meningkatkan kelembaban udara, menutupi area yang tidak menarik, mengurangi kebisingan, serta menghalangi sinar matahari yang terlalu terik saat menembus jendela.
  3. Meningkatkan Mood. Tanaman hias yang ditempatkan dalam ruangan ini juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mental penghuninya.
  4. Meningkatkan Kualitas Hidup. Saat kamu memelihara sebuah tanaman serta merawatnya sendiri dari awal, kamu akan merasakan sebuah pencapaian maupun kebanggaan tersendiri apabila tanaman tersebut dapat bertumbuh dengan baik.
  5. Mencegah Stres. Dengan memelihara sebuah tanaman dan merawatnya secara rutin, kamu bisa melupakan sejenak dari segala kesulitan serta tekanan hidup yang bisa membuatmu menjadi stres.

Nah, itulah 10 rekomendasi dan 5 manfaat dari memiliki dan merawat tanaman dalam ruangan. Selain tanaman hias yang direkomendasikan, kamu juga bisa mencari tahu informasi berbagai tanaman hias lainnya dalam pameran tanaman hias ataupun mengunjungi toko tanaman hias. Apakah kamu sudah menentukan tanaman mana yang ingin kamu letakkan dalam ruangan?