tanda wa diblokir
Sumber: Freepik

7 Tanda WA Diblokir oleh Pengguna Lain, Siasati Pakai Cara Ini!

Ada banyak fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi WhatsApp, salah satunya adalah kamu dapat blokir kontak yang kamu anggap penipuan, spam, atau mengganggu. Namun, bagaimana jika WA kamu yang diblokir oleh pengguna lain? Kamu mungkin akan langsung penasaran, seperti apa ciri-ciri atau tanda WA diblokir oleh pengguna lain. Keep scrolling!

Salah satu masalah yang bisa dialami oleh pengguna WhatsApp adalah diblokirnya akun. Setidaknya ada dua jenis pemblokiran, yaitu yang dilakukan orang lain sehingga pengguna tidak bisa mengirimkan pesan, atau diblokir oleh pihak WA sendiri. Masalah ini bisa diatasi dengan cara membuka WA yang diblokir, kok! Jadi, sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bersedih hati saat mendapati kontak WA-mu diblokir.

WA Diblokir Pihak WhatsApp, Bagaimana Solusinya?

Sebelum mengetahui tanda WA diblokir oleh pengguna lain dan bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya ketahui dulu cara mengatasi WA diblokir oleh sistem. Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan akun WA diblokir oleh sistem. Misalnya kamu memakai WA yang tidak resmi yang kualitasnya rendah. Jika terlanjur diblokir oleh sistem, pada umumnya pengguna tidak bisa memakainya selama 48 jam. Tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut jika perlu untuk segera menggunakannya. Di antaranya adalah:

1. Lakukan Backup Data

Lakukan backup data yang terdapat di WA tidak resmi supaya chat tidak hilang. Caranya adalah dengan memilih tombol tiga titik kemudian pilih Settings > Chats > Chat Backup > Google Account. Lalu login memakai akun Gmail pada akun tersebut kemudian pilih Backup untuk memulai.

2. Unduh dan Login ke WhatsApp

Langkah berikutnya, unduh aplikasi WhatsApp original. Setelah berhasil ter-install, jalankan aplikasinya lalu login menggunakan nomor lama yang biasanya digunakan untuk akun WA. Setelah itu, restore backup yang sudah tersimpan di Google Drive. Cara membuka WA yang diblokir berikutnya adalah login memakai akun Gmail yang sebelumnya digunakan untuk backup chat. Setelah berhasil terhubung menuju Google Drive tersebut, segera restore data untuk mengembalikan chat yang sudah disimpan. Tunggu sampai prosesnya selesai, maka datanya akan berpindah dan bisa memakai apps WA seperti biasanya.

7 Tanda WA Diblokir oleh Pengguna Lain

tanda wa diblokir
Sumber: Freepik

Penasaran, bagaimana sih ciri-ciri atau tanda WA diblokir oleh pengguna lain? Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Tidak Ada Foto Profil alias Default

Tanda WA diblokir yang paling umum adalah foto profil orang tersebut berada dalam posisi default seperti pada saat pertama kali mendaftar, di mana foto profil default ini berupa gambar orang berwarna abu-abu. Namun, foto profil default ini juga bisa disebabkan karena orang tersebut memang tidak menambahkan foto profil dan membiarkannya seperti itu. Atau orang tersebut tidak kamu masukkan ke dalam kontak sehingga fotonya tidak muncul.

Baca juga:  Cari Rekomendasi Chipset Terbaik? Coba Cek di Sini!

2. Tidak Bisa Melihat Keterangan Last Seen

Salah satu ciri atau tanda WA diblokir oleh pengguna lain adalah kamu tidak bisa melihat atau mengetahui last seen dari orang tersebut. Keterangan last seen adalah status terakhir seseorang yang aktif menggunakan WA. Namun, status last seen yang tidak terlihat tidak selalu menjadi tanda bahwa WA kamu telah diblokir. Pasalanya, hal tersebut juga bisa disebabkan karena orang itu memang mematikan pengaturan status terakhirnya. Seperti yang diketahui, bahwa setiap pengguna WA memang dapat mengatur privasi last seen-nya melalui pengaturan. Kamu bisa membuatnya terlihat hanya kepada orang yang masuk dalam daftar kontak, kepada semua orang yang bahkan tidak masuk dalam kontak, atau tidak dapat dilihat oleh siapa pun. Jadi selain karena diblokir, status last seen yang tidak muncul juga bisa diakibatkan oleh pengaturan privasi dari pengguna WA itu sendiri.

3. Status WA Tidak Dapat Dilihat

Tanda WA diblokir yang berikutnya adalah kamu tidak bisa melihat status WA yang diunggah oleh orang yang memblokir nomormu. Namun, jika hal ini terjadi, bisa saja kontak tersebut memang mengatur privasi status WA sehingga hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja. Maka untuk memastikan apakah kontak kamu diblokir atau sekadar dihapus dari daftar viewer pesan status, maka kamu bisa langsung menanyakan pada teman yang juga berteman dengan orang tersebut. Cari tahu apakah temanmu masih bisa melihat pesan status orang tersebut atau tidak. Jika mereka bisa melihat sedangkan kamu tidak, itu berarti ada kemungkinan bahwa kontak kamu telah diblokir.

4. Pesan Tidak Bisa Terkirim

Pesan yang tidak terkirim juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri kontak WA kamu telah diblokir seseorang. Oleh karena itu, periksalah kolom pesan yang kamu kirimkan di WA yang ada di ujung kanan bawah. Jika tanda centang tersebut berjumlah satu buah dan warnanya abu-abu, dan orang tersebut tidak membalas pesanmu sampai beberapa lama. Maka bisa jadi pesan kamu tidak terkirim disebabkan karena nomor kontak kamu telah diblokir oleh orang tersebut. Seperti yang telah diketahui bahwa pesan yang telah terkirim tanda centang abu-abunya akan berubah menjadi dua buah.

Sedangkan jika warna tanda centang berubah menjadi biru, maka itu artinya penerima sudah membaca pesan yang sudah kamu kirim. Namun, ada juga sebagian orang yang membiarkan tanda centangnya tetap berwarna abu-abu meskipun pesannya sudah dibaca. Kamu dapat mengatur warna tanda centang untuk pesan yang telah terbaca melalui menu pengaturan. Namun perlu diketahui juga bahwa tanda centang pada pesan WA ini bisa berjumlah satu buah jika ponsel penerima pesan atau ponsel milikmu sendiri sedang tidak terhubung ke koneksi internet. Jadi, jangan buru-buru panik takut diblokir, ya!

5. Tidak Bisa Mengirim Pesan Suara, Foto, Video, dan Dokumen

Selain tidak bisa kirim pesan, tanda WA diblokir oleh pengguna lain adalah kamu tidak bisa melakukan pengiriman pesan suara, foto, video, dan dokumen pada kontak tersebut. Jika pesan yang dikirim menunjukkan tanda centang satu, maka akun WhatsApp kamu kemungkinan besar memang telah diblokir.

Baca juga:  Ini Cara untuk Mengembalikan WA yang Di Hack!

6. Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Ciri-ciri WA diblokir iPhone maupun Android yang bisa kamu ketahui dengan mudah adalah penolakan panggilan. Pada saat kamu mencoba menelepon orang tersebut via WhatsApp tapi tidak terhubung, maka bisa jadi orang tersebut telah memblokir panggilan masuk di WA, atau memang memblokir kontak kamu. Jika saat ditelepon ternyata panggilan kamu tidak sampai, ditambah terdapat ciri WA diblokir lainnya, itu berarti kamu memang diblokir olehnya.

7. Terjadi Masalah Saat Memasukkan Grup

Salah satu tanda WA diblokir lainnya yang bisa digunakan untuk mengetahuinya adalah kamu bisa mencoba memasukkan kontak orang tersebut ke dalam grup. Jika cara ini telah dilakukan, namun timbul notifikasi bahwa kamu tidak memiliki otoritas, maka bisa dipastikan akun telah diblokir. Tetapi, masalah ini juga dapat disebabkan oleh kejadian error pada aplikasi WhatsApp Messenger sehingga kamu tidak bisa menambahkan kontak orang tersebut ke dalam grup. Namun, kejadian ini sebetulnya sangat jarang terjadi mengingat WhatsApp Messenger merupakan aplikasi terbesar di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Mengatasi WA Diblokir oleh Pengguna Lain?

tanda wa diblokir
Sumber: Freepik

Sebetulnya kamu tidak perlu berkecil hati jika menyadari bahwa kontakmu telah diblokir oleh orang lain. Pasalnya, kamu tetap masih bisa membuka blokiran tersebut tanpa ketahuan. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Cara Mengatasi WA Diblokir dengan Ganti Nomor

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti nomor teleponmu. Langkah pertama, kamu perlu membuka aplikasi WhatsApp-mu dan tekan menu titik tiga yang ada di sudut kanan. Selanjutnya pilih Settings > Account. Kemudian langkah kedua, pilih Change Number, pilih Next, masukkan nomor HP lama dan HP baru, lalu pilih Next. Maka kamu akan mendapatkan peringatan sekali lagi untuk memastikan nomor yang dimasukkan sudah benar. Langkah ketiga adalah melakukan Aktivasi Nomor Baru. Di tahap ini, kamu akan menerima 6 digit kode aktivasi melalui SMS. Masukkan 6 digit kode, lalu klik OK. Maka akan muncul pemberitahuan kalau kamu telah berhasil mengganti nomor WhatsApp-mu.

Ketika kamu telah berhasil mengganti nomor, maka kontak WhatsApp-mu tidak akan mendapatkan pemberitahuan. Kamu bisa menghubungi kembali orang yang telah memblokir kontak WhatsApp-mu sebelumnya.

2. Cara Mengatasi WA Diblokir Tanpa Ganti Nomor

Kalau cara yang pertama mungkin sedikit memberatkan karena mengharuskanmu menghapus nomor WhatsApp, cara yang satu ini tidak akan membuatmu mengganti nomor. Langkah pertama, silakan buka Settings WhatsApp dengan menekan ikon tiga yang ada di pojok kanan atas. Pilih menu Account, lalu pilih Delete My Account. Setelah akun terhapus, hapus aplikasi WhatsApp dan bersihkan semua cache aplikasi WhatsApp. Lalu silakan install lagi aplikasinya dan buat lagi akun WhatsApp dengan menggunakan nomor yang sama. Kalau kamu bisa melihat foto profil, status, dan lain-lain dari orang yang telah memblokir kontakmu sebelumnya, maka itu artinya kamu sudah berhasil membuka blokiran mereka.

3. Chat melalui Grup WA

Kalau kedua cara di atas cukup ekstrim, kamu bisa melakukan cara yang satu ini. Jika kamu dan orang yang memblokir termasuk ke dalam satu grup yang sama, maka bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berkomunikasi. Dalam sistem grup di WA, akun yang bukan merupakan admin grup tidak bisa memblokir atau mengeluarkan seseorang secara sembarangan. Dengan memanfaatkan hal ini, maka kamu masih bisa tetap berkomunikasi dengan orang tersebut tanpa takut akun kamu akan diblokir lagi.

Di antara ketiga cara di atas, kamu akan mencoba yang mana nih? Sebetulnya, sebelum mencoba cara mengatasi WA diblokir di atas, kamu bisa membicarakan baik-baik dengan orang yang memblokir nomormu. Siapa tahu kamu berbuat salah hingga diblokir seperti itu? Namun kalau cara tersebut gagal, beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk membuka blokir WhatsApp yang paling ampuh! Tapi sebelum mencoba cara di atas, khususnya poin 1 dan 2, sangat disarankan untuk mencadangkan semua chat-mu terlebih dahulu!

Rishna Maulina

Share