tea tree oil adalah
Ilustrasi wanita meneteskan tea tree oil (Sumber: Freepik)

7 Manfaat Tea Tree Oil bagi Kesehatan Tubuh

Tea tree oil adalah minyak esensial dari penyulingan daun Melaleuca alternifoca. Tanaman yang berasal dari Australia ini sering pula diolah menjadi teh, sehingga sering disebut tea tree atau pohon teh. Tea tree oil adalah pilihan populer untuk mengobati jerawat karena sifat anti radang dan anti mikrobanya. Minyak ini diperkirakan mampu menenangkan kemerahan, pembengkakan, dan peradangan akibat jerawat.

Selama ribuan tahun, tea tree oil telah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Oleh karena itu, tea tree oil kerap ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit, seperti pembersih muka, toner, sabun mandi, dan losion. Dipopulerkan pertama kali oleh ahli kimia Arthur R. Penfold yang menyatakan bahwa tea tree oil adalah antiseptik kuat, namun tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Untuk mengetahui apa saja 7 manfaat tea tree oil bagi kesehatan, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

tea tree oil adalah
Sumber: iStockPhoto

7 Manfaat Tea Tree Oil

7 manfaat yang akan kamu dapatkan setelah menggunakan produk yang mengandung tea tree oil adalah sebagai berikut.

1. Mengendalikan Bau Badan

Efek antibakteri yang ada pada tea tree oil juga dapat mengendalikan bau badan yang bercampur dengan keringat. Sebenarnya keringat sendiri tidak memiliki bau, tetapi ketika keringat bercampur dengan bakteri di kulit, maka akan menghasilkan bau badan. Tea tree oil adalah pilihan untuk mengatasi bau ketiak. kamu dapat langsung menggunakan deodoran yang mengandung tea tree oil atau langsung mengoleskan tea tree oil yang sudah diencerkan dengan minyak pengencer seperti minyak VCO ke ketiak.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tea tree oil juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Ini karena tea tree oil dapat mengurangi peradangan dan merangsang sel darah putih yang berperan dalam proses penyembuhan. Jenis luka yang bisa diatasi dengan tea tree oil adalah luka gores dan lecet. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa menggunakan beberapa tetes tea tree oil pada pembalut luka.

3. Mengobati Jamur pada Kuku

Jamur kuku merupakan gangguan pada kuku yang banyak terjadi. Meski tidak berbahaya, jamur kuku dapat mengganggu penampilan karena membuat kuku berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan jamur di kuku, karena minyak ini dipercaya mengandung senyawa yang bersifat antijamur. Encerkan tea tree oil dengan minyak pengencer, lalu oleskan ke area kuku yang mengalami jamur kuku. Jangan lupa segera cuci tangan setelahnya untuk menghindari penyebaran jamur, ya.

Baca juga:  Anti Ribet! Ini Resep MPASI Pisang untuk Bayi

4. Meredakan Gejala Penyakit Kulit

Dengan sifat antiinflamasi pada kandungan tea tree oil, dipercaya dapat meredakan gejala penyakit kulit seperti gatal, eksim, dan psoriasis. Caranya mudah, campurkan 1 sendok makan minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil dan 2 tetes ekstrak lavender. Buat teksturnya seperti cairan lotion kulit. Anda bisa menggunakan sebagai sabun mandi dan krim gatal yang bisa dibawa berpergian.

5. Mengobati Jerawat

Tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat. Bedanya, pada kandungan tea tree oil tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati jerawat dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dan dua sendok teh madu. Setelah itu, aduk dan cukup digosok pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Merawat Kesehatan Rambut

Tea tree oil terbukti bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh punya kemampuan untuk menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, menghilangkan ketombe, dan bahkan untuk merawat rambut agar terhindar dari kutu.

Kamu bisa membuat shampo dari tea tree oil dengan mudah. Campurkan sekitar 10 tetes cairan tea tree oil, tambahkan gel lidah buaya, santan 3 sendok teh, dan tambahkan minyak lavender sebagai opsional untuk menambah wewangian. Gunakan untuk keramas, dengan pemakaian 2 hari sekali. Lihat hasil baiknya selama pemakaian satu bulan ke depan.

7. Mengurangi Produksi Minyak dalam Kulit

Kandungan antiseptik dalam tea tree oil dipercaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Orang yang menggunakan tabir surya dengan kandungan tea tree oil di dalamnya selama 30 hari berturut-turut mengalami perbaikan kondisi berupa kulit tidak terlalu berminyak. Nah, kamu bisa memperoleh manfaat tea tree oil ini bila mencampurkannya dengan toner, pelembap, atau sunscreen

Cara Penggunaan Tea Tree Oil

tea tree oil adalah
Sumber: iStockPhoto

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat tak boleh asal. Berikut tips aplikasi tea tree oil pada kulit untuk mengusir jerawat. 

  1. Campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak pembawa seperti VCO atau minyak almond. Berhati-hatilah saat menggunakan minyak tambahan di wajahmu. Semua jenis produk minyak berpotensi memperburuk jerawat.
  2. Sebelum mengoleskan encer ke wajah, lakukan uji tempel kecil di bagian dalam siku. Tujuannya untuk mengetahui tanda-tanda sensitivitas kulit atau reaksi alergi termasuk gatal, kemerahan, bengkak, dan terbakar.
  3. Sebelum mengoleskan minyak yang telah dicampur, cuci muka dengan pembersih lembut untuk kulit berjerawat, dan keringkan.
  4. Oleskan tea tree oil yang diencerkan secara lembut pada jerawat dengan kapas. 
  5. Biarkan hingga kering. Lalu, tindak lanjuti dengan pelembap kulit yang biasa kamu gunakan.
  6. Ulangi pagi dan malam untuk hasil yang maksimal.
Baca juga:  7 Ciri-Ciri Diabetes yang Tidak Kamu Sadari, Ini Faktor Risikonya

5 Rekomendasi Produk Tea Tree Oil

Minyak ini dipopulerkan pertama kali oleh ahli kimia Arthur R. Penfold, yang menyatakan bahwa tea tree oil adalah antiseptik kuat, namun tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Berikut 5 rekomendasi produk yang mengandung tea tree oil dan bisa menjadi alternatif produk pilihanmu untuk perawatan kulit.

1. The Body Shop Tea Tree Oil

tea tree oil adalah
Sumber: The Body Shop

Sebagian dari kamu para penggemar skincare produk populer ini pasti tak asing kamu dengar. The Body Shop Tea Tree Oil merupakan skincare legendaris dengan kandungan tea tree essential oil sebesar 15%. Kandungan spot treatment ini mampu menjaga kulit tampak bersih. Tea tree sebagai anti bakteri dapat membuat jerawat lebih cepat kempes dan lebih cepat meredakan peradangan kulit karena jerawat.

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

tea tree oil adalah
Sumber: Moi Amor

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser adalah salah satu varian COSRX yang diperkaya tea tree oil. Cleanser ini bisa kamu pilih jika tipe kulitmu kering dan sensitif. Kandungan tea tree oil di dalamnya ampuh untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang dikhawatirkan dapat menyumbat pori. Dengan formulanya yang ringan, pembersih wajah ini membuat kulit wajah tetap lembab dan kenyal. Sehingga tak perlu khawatir membuat kulit kering.

3. Some By Mi 30 Days Miracle Toner

tea tree oil adalah
Sumber: Ingredio

Some By Mi 30 Days Miracle Toner adalah salah satu produk hits bagi para pecinta skincare. Toner keluaran Some By Mi ini masuk dalam golongan exfoliating toner dengan kandungan AHA/BHA dan PHA untuk kulit lebih lembut. Dalam satu botol toner terdapat kandungan 10.000 ppm tea tree asli dengan kombinasi peppermint oil. Selain terasa segar saat pemakaian, kombinasi dari keduanya cocok untuk kulit berjerawat.

4. Safi Naturally Bright Anti Acne Cream

tea tree oil adalah
Sumber: Safi Indonesia

Pelembab dari Safi ini juga memiliki kandungan tea tree oil yang dipadukan dengan aloe vera untuk membantu merawat kulit berjerawat. Produksi minyak yang menjadi penyebab jerawat juga akan dikurangi dengan pemakaian pelembab bertekstur krim ringan ini. Bahkan, kala kulit berjerawat meradang dan kemerahan, akan disejukkan dan ditenangkan oleh krim ini.

5. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Hydrate

tea tree oil adalah
Sumber: sensatia.com

Bila kamu tidak begitu bersahabat dengan serum, kamu dapat menggunakan face oil dari Sensatia Botanicals ini. Produk ini dapat menyegarkan, menenangkan, dan membersihkan kulit dari permasalahan jerawat. Kombinasi tea tree oil, lemon, dan peppermint di dalamnya sangat baik dalam menutrisi kulit dan melawan jerawat. Sensatia Botanicals juga mengklaim produk ini bebas dari silikon, paraben, phtalat dan bahkan bisa digunakan untuk ibu hamil sekalipun. Dan satu lagi, face oil ini sudah mengantongi sertifikat halal MUI.

Nah, itulah yang perlu kamu ketahui tentang tea tree oil. Manfaat tea tree oil memang beragam dan dapat mengatasi berbagai masalah di kulit. Namun, minyak ini tidak dapat menjadi pengobatan utama untuk semua masalah kulit. Jika gangguan pada kulit yang dialami tak kunjung membaik setelah memanfaatkan tea tree oil, segeralah konsultasikan ke dokter kecantikan atau kulit.

Mia Atika

Add comment

Share