Ingin Coba Threading Alis? Ketahui Cara Kerja dan Tipsnya

Dewasa ini, banyak orang yang melakukan threading untuk merapikan alis. Buat kamu yang baru pertama mendengar istilah ini, mungkin terdengar asing di telingamu. Arti threading adalah metode pencabutan rambut yang khusus dilakukan pada area alis. Namun, threading alis sama sekali berbeda dengan waxing, lho! Jika waxing dilakukan dengan mengoleskan wax pada area rambut yang ingin dicabut, maka threading memakai benang untuk mencabut rambut halus.  

Bagi kamu yang tertarik melakukan threading alis agar terlihat lebih rapi dan cantik, silahkan simak ulasan tentang cara kerja, keunggulan, dan tips sebelum threading! check it out.

Bagaimana Cara Kerja Threading Alis?

Caranya, benang dipakai untuk menjepit dan mencabut rambut halus di area alis agar keluar dari folikel. Karena dalam prosesnya, yang tersulit adalah mendapatkan presisi yang tepat di saat dijepit dengan benang. 

Kamu tentunya sudah bisa membayangkan bagaimana cara kerja metode threading untuk merapikan alis, setelah kamu mengetahui prosesnya. Sebenarnya caranya cukup mudah, hanya saja yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana hasil akhirnya tetap presisi. 

Maka dari itu, jika dilakukan bukan oleh ahlinya, teknik merapikan alis ini dapat berdampak buruk pada folikel dan kulit di sekitarnya. Jika hal itu terjadi, akibatnya rambut alis akan kembali tumbuh lebih cepat karena rambut tidak tercabut. 

threading alis

Keunggulan Merapikan Alis dengan Threading

Layanan threading alis yang terbaik di salon yang berpengalaman, so pasti akan memberikan hasil bentuk alis yang lebih rapi daripada di-waxing. Lalu apa keunggulan dari metode merapikan alis memakai benang ini? 

Baca juga:  7+ Jenis Bahan Waxing Bulu yang Aman dan Lembut di Kulit

Keunggulan memilih merapikan alis dengan benang ini dibandingkan dengan waxing adalah, memperkecil risiko kemungkinan terjadinya iritasi atau terbakar. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena hampir tidak terjadi kontak fisik dengan kulit, sehingga threading nyaman dilakukan terutama untuk pemilik kulit sensitif. Bisa dikatakan, metode ini dari sisi medis sangat disarankan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat. Karena hampir tidak ada terjadinya pergesekan kulit sewaktu prosesnya.

Ketertarikan orang akan metode ini selain prosesnya yang tidak begitu menyakitkan seperti waxing dan hair removal, juga tidak memakan biaya atau budget yang begitu besar.

Walaupun terkadang metode benang ini meninggalkan sedikit bekas warna merah muda atau iritasi kemerahan di sekitar alis, namun jangan panik dulu! Bekas ini biasanya akan hilang dalam waktu satu jam. Seperti kamu tahu, metode threading cukup memakai benang untuk menghilangkan rambut di sekitar alis. Kamu juga tidak akan mengalami iritasi atau alergi apapun.

Apa Efek Samping Threading Alis?

Di balik banyaknya keuntungan yang didapatkan dari metode ini, tentunya tetap memiliki efek samping yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Seperti yang telah kita bahas di atas, efek samping dari proses metode threading ini adalah, kemungkinan terjadinya kerusakan folikel jika rambut dicabut dengan tidak hati-hati. Di samping itu, cara merapikan alis memakai benang ini bisa menyebabkan rambut yang dicabut akan tumbuh ke arah yang berbeda jika tidak presisi. 

Itulah sebabnya, rambut akan tumbuh kembali lebih cepat karena rambut rusak dan tidak tercabut seluruhnya dari akar. Jika rambut alis benar-benar hilang dan folikelnya rusak, efek samping ini bukan main-main lho, bisa permanen. 

Baca juga:  Creambath Bisa Dilakukan di Rumah Lho, Ini 4 Rekomendasi Produknya!

Lakukan Tips ini Sebelum Threading

threading alis

Sebelum memutuskan metode merapikan alis memakai benang ini, sebaiknya kamu mengetahui beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum melakukan threading, diantaranya:

  • Pilihlah salon kecantikan atau klinik terbaik yang mempunya izin resmi dan memiliki standar pelayanan dengan fasilitas terpercaya. Tentunya budget bukan lagi jadi masalah kalau hasilnya terbukti bagus.
  • Pilih jadwal yang tepat sebelum threading. Kita sudah tahu jika efek samping threading dapat membuat kulit merah dan bengkak untuk sementara waktu. Untuk itu, pilih jadwal yang pas dan jauh dari agenda penting sebab alis perlu sedikit waktu untuk pemulihan.
  • Sebelum prosedur dilakukan, minum pereda nyeri untuk mengurangi iritasi dan proses menjadi lebih nyaman.
  • Bersihkan area alis yang akan dirapikan memakai cleanser agar tidak mengganggu prosesnya.
  • Pastikan alat yang digunakan adalah benang katun yang bersih dan baru untuk mencegah kemungkinan iritasi dan lainnya.
  • Pastikan threading-mu dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli dibidangnya yang telah terlatih dan tersertifikasi.
  • Hindari melakukan proses threading alis ketika kondisi kulit sedang tidak iritasi atau luka.
  • Pasca rambut tercabut, kamu bisa mengoleskan lidah buaya untuk membantu mengurangi iritasi kulit lebih cepat. 

Threading alis sangat menarik untuk dilakukan, akan tetapi tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu. Akan sia-sia nantinya jika penampilan alismu tampak sempurna, tapi mengorbankan kesehatan kulitmu sendiri.

Baca juga: Coba 5 Cara Bikin Alis Natural, WOW, dan Menawan untuk Beginner

Dari pembahasan di atas kita telah mengetahui bahwa threading alis adalah cara yang jauh lebih tepat untuk membentuk alis. Dapatkan alis yang penuh dan terdefinisi di tangan ahli yang  berpengalaman.