8 Tips Ampuh Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu, Catat Ya!

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan nutrien yang baik dan cukup untuk perkembangan bayi. Setelah lahir, bayi biasanya akan mengalami penurunan berat badan sekitar 1/10 dari berat badan lahir. Hal ini menyebabkan beberapa orang tua mencari tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu.

Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena pada hari ke-10 setelah kelahirannya, berat badan bayi akan kembali ke berat semula saat dilahirkan. Berat badan bayi yang sehat akan kembali dalam waktu 10-12 hari. Rerata pertambahan berat badan bayi pada usia 1 bulan adalah 20-30 gram per hari. Pada tulisan ini akan dibahas tentang 8 cara jitu agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu dan 5 tips merawat bayi yang baru lahir. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: iStockPhoto

8 Tips Ampuh Agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Supaya bayi mengalami kenaikan berat badan dalam waktu 1 minggu, kamu perlu menyimak 8 cara di bawah ini.

1. Rutin Memberikan ASI pada Bayi

Cara yang paling mudah untuk menaikan berat badan bayi adalah dengan memberikan ASI secara eksklusif hingga 6 bulan. Bayi prematur yang mendapatkan ASI secara eksklusif oleh ibunya selama 6 bulan pertama sejak kelahirannya, akan menunjukan peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Selain itu, ASI juga memiliki kandungan senyawa yang cukup berpengaruh pada pembentukan sistem imun tubuh seorang bayi. Sehingga lebih kuat dari segala serangan virus, penyakit sekaligus bakteri.

2. Memijat Bayi

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: iStockPhoto

Pijat bayi ternyata memiliki segudang manfaat, lho! Salah satunya adalah untuk melancarkan pencernaan bayi dan menambah berat badan bayi. Memijat bayi juga salah satu cara untuk meningkatkan bonding atau kedekatan antara orang tua dengan sang bayi. Ketika melakukan pijat bayi, orang tua secara langsung melakukan kontak fisik dengan bayi, sehingga kontak fisik ini akan membuat bayi lebih nyaman dengan sentuhan dari orang tuanya.

3. Memperhatikan Makanan yang Diasup Ibu Menyusui

Kamu juga perlu, lho, untuk memerhatikan asupan nutrien yang kamu makan. Hal tersebut sangat penting guna meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI. Jika suplai ASI lancar, maka kebutuhan nutrien bayi pun akan tercukupi dan berat badannya akan naik menuju bobot tubuh yang ideal. Beberapa jenis makanan yang bisa memperbanyak ASI, seperti sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, serta daun katuk. Kamu juga dapat mengonsumsi makanan tinggi protein seperti gandum dan oat, kacang-kacang, ikan, serta daging.

Baca juga:  Tips Memilih Homeschooling yang Tepat bagi Anak

4. Memperhatikan Waktu Tidur Bayi

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: iStockPhoto

Jam istirahat atau waktu tidur pada bayi juga mengaruh pada perkembangannya. Meskipun aktivitas bayi hanyalah tidur dan makan, namun kedua hal ini bisa membuat berat badan bayi cepat gemuk. Hal ini perlu diperhatikan, karena bayi mulai mengeksplor banyak hal. Apalagi banyak perkembangan lainnya yang mulai dikuasai, misalnya tengkurap. Semakin aktif bayi, maka usahakan dia juga memiliki jam istirahat yang cukup.

5. Menenangkan Saat Bayi Rewel

Bayi yang sering rewel biasanya cenderung lebih sulit untuk mengalami peningkatan berat badan. Hal ini dikarenakan menangis dan merengek menjadi salah satu petunjuk bahwa ia kurang tidur serta lapar. Oleh karena itu, apabila bayi rewel, kamu harus berusaha menenangkannya. Beberapa cara untuk menenangkan bayi yang menangis dengan cepat adalah sebagai berikut.

  1. Apabila bayi baru lahir terus menerus menangis setelah diberi susu dan diganti popoknya, maka cara menenangkannya ialah dengan mengkondisikan bayi seperti ketika ia masih berada di rahim dengan membedongnya. Dengan membedong bayi, maka dia akan menjadi lebih tenang dan lebih cepat berhenti menangis.
  2. Peluklah bayi ke dada dan usap dengan lembut tubuhnya. Cara satu ini akan membuat bayi lebih tenang dengan mudah. Kamu juga bisa mencoba untuk memutarkan lagu lembut agar bayi berhenti menangis.

6. Memastikan Kebersihan Bayi dan Sekitarnya

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: iStockPhoto

Perawatan kulit adalah hal yang sangat penting agar bayi dapat tidur dengan nyenyak, sekaligus meminum ASI dengan nyaman pula. Dengan demikian, maka berat badan bayi akan bertambah. Adapun tips-tips yang bisa kamu lakukan di bawah ini untuk menjaga kebersihan tubuh bayi.

  1. Pilihlah pakaian dan selimut yang memiliki bahan yang nyaman. Hindari memilih pakaian yang akan menyebabkan kulit bayi menjadi gatal atau bahkan terjadi iritasi.
  2. Pilihlah bahan-bahan pakaian yang terbuat dari katun yang lembut.
  3. Mandikan bayi dengan teratur, agar kulit bayi tidak kering, tidak lembab serta tidak terkena berbagai macam penyakit kulit. Memandikan bayi dengan teratur juga membuat tubuh bayi menjadi lebih bersih, sehingga bayi akan lebih nyaman ketika tidur.
  4. Hindari penggunaan produk-produk perawatan bayi secara berlebihan. Sebab alih-alih merawat kulit bayi hal-hal yang berlebihan justru akan berdampak buruk, seperti menyebabkan iritasi maupun infeksi.

7. Berikan MPASI Tinggi Nutrien

Jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, pertimbangkanlah untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan tekstur yang sesuai dengan usainya. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, beragam jenis makanan yang dapat kamu berikan untuk menambah berat badan bayi dengan cepat. Contohnya seperti daging, biji-bijian, sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin, protein, serat dan kandungan lain yang baik bagi bayi.

Agar berat badan bayi dapat naik dengan optimal, kamu dapat menambahkan telur maupun produk olahan susu seperti keju untuk kandungan lemak tambahan dalam menu MPASI bayi. Tambahan jenis makanan ini akan membuat bobot tubuh bayi lebih mudah naik.

Baca juga:  Ciri-Ciri Anak Cacingan yang Perlu Kamu Ketahui

8. Memberikan Tambahan Susu Formula

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: iStockPhoto

Beberapa bayi tidak bisa menerima asupan ASI, sehingga dia membutuhkan tambahan susu yang diformulasikan khusus untuk bayi. Untuk membantu buah hati tetap mendapatkan nutrisi, kamu dapat melakukan konsultasi kepada dokter anak untuk menentukan dan mengetahui susu formula yang cocok untuk bayi baru lahir. Susu formula bisa untuk meningkatkan berat badan pada bayi dengan cepat, karena mengandung gula. Konsultasikan pada dokter anak agar tidak salah memberi susu formula pada bayi.

5 Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Selain cara untuk meningkatkan berat badan bayi lebih cepat, ada 5 tips dalam perawatan bayi baru lahir seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Menggendong Bayi

Cara perawatan bayi yang pertama kali harus kamu kuasai adalah menggendong. Bayi baru lahir memiliki tubuh yang sangat lunak dan rapuh saat dipegang. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus berhati-hati saat menggendong agar bayi merasa nyaman. Angkat bayi setinggi bahu, kemudian letakkan kepalanya di bahumu. Letakkan satu tangan diantara leher dan kepala bayi untuk mencegah kepalanya mendongak secara tiba-tiba yang bisa berpotensi bahaya. Letakkan tanganmu yang lain di bagian bawah tubuh bayi untuk menopangnya.

2. Menyusui Bayi

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: Pexels

Saat baru lahir, biasanya bidan akan memberikan bayi kepada ibunya untuk dilakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada bayi untuk mulai menyusu segera setelah bayi dilahirkan. Bayi akan diletakan di dada ibu untuk mulai terbiasa menyusui. Pada saat ini pula bayi akan mendapatkan ASI pertama yang disebut kolostrum. Jika setelah satu jam kontak kulit ke kulit si Kecil belum mulai menyusui, kamu bisa mendekatkan bayi ke puting untuk meneruskan kembali proses tadi sekitar 30 menit sampai 1 jam.

3. Memandikan Bayi

Ketika baru lahir, bayi sebenarnya belum perlu dimandikan. Ini karena bayi masih memiliki lapisan lemak pelindung kulit yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuhnya. Setelah 6 jam lebih, bayi boleh dilap dengan air hangat menggunakan waslap. Selama tali pusat belum terlepas, ia cukup dimandikan dengan air hangat dan diseka menggunakan waslap atau spons. Pastikan kepala bayi terendam dalam air. Gunakan air hangat suam-suam kuku, sabun, dan sampo khusus bayi.

4. Perawatan Tali Pusar

tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu
Sumber: Pexels

Tali pusar bayi yang baru lahir umumnya akan mengering dan akan terlepas dengan sendirinya pada usia 7-14 hari. Cara merawat tali pusat bayi yang baru lahir cukup dengan menjaganya tetap kering dan bersih. Usahakan agar tali pusat bayi tidak basah, tidak terkena air seni maupun feses. 

Jika tali pusat kotor, segera lap dengan waslap yang direndam dengan air bersih lalu keringkan dengan kain bersih. Jika terdapat tanda infeksi seperti kemerahan atau bengkak pada tali pusar ataupun kulit di sekitarnya, atau berbau busuk dan terlihat nanah, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Lengkapi Imunisasi Bayi

Cara merawat bayi baru lahir yang terakhir adalah dengan melengkapi jadwal imunisasi bayi. Jadwal imunisasi bayi baru lahir akan tergantung dengan kondisi kesehatan, rekomendasi dokter anak, serta ketersediaan vaksin. Kamu bisa melhiat jadwal pemberian imunisasi di buku KIA yang diberikan saat awal pemeriksaan bayi. Dalam buku tersebut tertulis kapan harus melakukan imunisasi wajib dan khusus.

Nah, itulah 8 cara untuk meningkatkan berat badan bayi dalam waktu 1 minggu dan 5 tips perawatan bayi. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk merawat bayi dan meningkatkan tumbuh kembangnya, ya!