Tips Cepat Hamil Ini Efektif Agar Segera Dapat Momongan

Memang ada banyak tips cepat hamil yang bisa ditemukan dengan mudah. Tapi tahukah kamu? Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, selain masa subur, seorang wanita juga harus mempersiapkan kesehatan mental terlebih dahulu sebelum hamil. Tentunya hal ini akan membawa pengaruh yang baik terhadap terjadinya kehamilan pada wanita. Persiapan semacam ini harus dilakukan setidaknya selama tiga hingga empat bulan sebelum kehamilan.

Selain itu, cobalah untuk tidak stres memikirkan untuk segera hamil. Karena jika dibiarkan, stres juga sebenarnya dapat mengganggu ovulasi. Jadi, semakin kamu dan pasangan bersikap santai, maka akan semakin baik dalam mempersiapkan kehamilan.

Carilah cara yang tepat untuk menghilangkan stres. Apapun caranya, yang penting kamu dan pasangan dapat menjalani hidup sehat dan siap untuk hamil. Agar lebih jelas, kamu bisa baca tips cepat hamil di bawah ini ya.

Menjalani Pola Hidup Sehat

tips cepat hamil

Tips cepat hamil paling utama yang perlu kamu lakukan bersama pasangan sebagai ikhtiar agar segera mendapatkan momongan adalah menjalani pola hidup sehat. Berolahraga adalah salah salah satu kebiasaan yang sehat dan salah satu cara buat anak. Dengan rajin berolahraga, maka kamu akan lebih sehat, dan berat badan kamu akan terjaga tetap ideal.

Namun, terlalu sering berolahraga juga tidak baik. Jadi, jangan sampai berlebihan karena terlalu banyak berolahraga bisa menyebabkan kamu menjadi sulit dibuahi. Sebagai seorang wanita, sebaiknya kamu melakukan olahraga ringan, seperti jalan cepat sekitar dua jam setiap hari. Atau paling tidak selama 30 menit setiap hari.

Selain olahraga, kebiasaan merokok juga harus dihentikan. Karena semua rokok akan berdampak negatif pada kesehatan. Kebiasaan buruk merokok ini juga dapat menurunkan kesuburan, karena akan mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh.

Baca juga:  4 Kegiatan Saat Induksi Persalinan Agar Terhindar dari Stress

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan bergizi dapat membantu mempersiapkan tubuh wanita untuk kehamilan. Nutrisi penting yang cukup seperti kalsium, protein, dan zat besi akan disimpan oleh tubuh. Beberapa makanan untuk menunjang cara buat anak adalah buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, susu, dan sumber lemak sehat. Selain itu, kamu juga perlu mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat.

Kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin B dari makanan seperti sayuran yang berdaun hijau gelap, brokoli, roti, sereal, dan kacang-kacangan. Ketika mencoba untuk hamil, kamu pun bisa makan ikan yang bebas merkuri.

Hindari juga untuk konsumsi kafein dalam jumlah yang banyak. Jangan minum kafein lebih dari 500 mg dalam sehari, ya! Karena hal ini dikaitkan dengan penurunan kesuburan pada wanita. Menurut American Society for Reproductive Medicine, minum 1 sampai dengan 2 cangkir kopi, atau kurang dari 250 mg kafein per hari sebelum hamil tidak akan berdampak pada kemungkinan bisa hamil.

Mengetahui Siklus Haid 

tips cepat hamil

Mengetahui siklus haid akan membantu kamu mengetahui masa subur. Dengan mengetahuinya, maka kamu dan pasangan akan mengetahui waktu yang tepat untuk fokus berhubungan intim. Hal ini menjadi salah satu cara buat anak yang bisa kamu coba.

Beberapa tanda ovulasi yang harus diketahui, di antaranya adalah perubahan lendir serviks menjadi seperti tipis dan terasa encer. Dan pada beberapa wanita mungkin akan merasakan nyeri. Wanita dengan siklus haid 28 hari, akan cenderung berovulasi pada hari ke-14. Tetapi, banyak juga wanita yang memiliki siklus lebih yang panjang atau lebih pendek.

Tidak Berlebihan dalam Berhubungan Intim

Berhubungan intim setiap hari bahkan selama ovulasi, tidak menjamin kamu cepat hamil. Secara umum, setiap malam sekitar waktu ovulasi akan membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Sperma dapat hidup hingga 5 hari di dalam tubuh wanita, dengan begitu saran terbaik adalah melakukan hubungan intim secara teratur, yaitu ketika sedang berovulasi, ataupun tidak.

Baca juga:  10+ Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan, Cocok untuk Sarapan!

Kualitas sperma juga berpengaruh terhadap peluang hamil pada wanita. Misalnya mengenakan pakaian ketat, kebiasaan menaruh ponsel di celana, atau sering berendam air hangat dapat mempengaruhi jumlah sperma. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility telah menunjukkan bahwa pria yang menggunakan perangkat ponsel dan meletakkannya dekat dengan testis, akan memiliki kualitas sperma yang lebih buruk.

Sementara itu, pria yang makan banyak produk kedelai mungkin memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah daripada pria yang tidak makan produk kedelai. 

Melakukan Pemeriksaan Prakonsepsi

tips cepat hamil

Sebelum merencanakan kehamilan, ada baiknya kamu dan pasangan menjalani pemeriksaan. Kamu bisa konsultasi ke dokter kandungan, dan tanyakan tentang asupan nutrisi termasuk vitamin dan asam folat. Kandungan asam folat tersebut yang akan melindungi janin dari cacat lahir, seperti spina bifida.

Selain itu, asam folat juga bekerja selama tahap awal kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup untuk mempersiapkan kehamilan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba bersama pasangan agar cepat hamil. Namun perlu diketahui, bahwa baik wanita maupun pria harus mempertimbangkan untuk melakukan evaluasi infertilitas jika wanita berusia 35 atau lebih dan belum juga hamil. Terutama setelah 12 bulan berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Karena seiring bertambahnya usia wanita, maka kesuburannya akan menurun. Penyebabnya adalah perubahan yang berhubungan dengan usia ovarium, dan penurunan jumlah dan kualitas sel telur.

Seiring bertambahnya usia, ada juga peningkatan risiko pada masalah kesehatan seperti fibroid rahim, endometriosis, hingga penyumbatan tuba falopi. Semuanya dapat berkontribusi pada faktor kesuburan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional jika kamu dan pasangan sudah melakukan berbagai cara buat anak, tapi tidak kunjung hamil.