tips bisnis

Tips Bisnis Mempertahankan Usaha di Masa Pandemi

Mempertahankan bisnis di masa pandemi tentunya tidak semudah biasanya. Oleh karena itu kamu perlu tips bisnis jitu untuk menyiasati usaha di masa-masa sulit ini. Bayangkan jika pada hari biasa, daya beli masyarakat mungkin tinggi, maka pada masa pandemi, keinginan untuk membeli bisa saja turun. Keinginan masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan pada masa ini akan lebih terpaku pada kebutuhan pokok.

Sesuatu yang terlihat mudah di hari biasa, akan menjadi susah pada saat pandemi terjadi. Tapi bagi kamu yang memiliki jiwa bisnis sejati, pandemi bukanlah akhir dari sebuah mimpi. Dengan sedikit keteguhan dan tips bisnis jitu di bawah ini, semua halangan usaha akan dapat kamu lalui bahkan di musim sulit ini.

Tips Bisnis Bertahan di Musim Pandemi

Fokus pada Pelanggan Lama

Dengan adanya pandemi, pendapatan kamu selama masa karantina berlangsung pasti akan menurun. Karenanya, kamu perlu menyesuaikan anggaran, termasuk untuk pemasaran. Mencari pelanggan baru akan membutuhkan biaya 5 kali lebih mahal ketimbang merawat pelanggan yang sudah kamu miliki.

Selain itu, pelanggan yang telah puas dengan produk kamu memiliki kemungkinan untuk merekomendasikannya ke orang lain. Jadi, yang perlu kamu lakukan saat ini adalah berfokus untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan setia.

Optimalkan Penjualan Online

jual online

Tips bisnis kedua adalah memaksimalkan penjualan online. Jika dulu kamu berfokus pada toko online. Maka seiring perkembangan zaman memiliki website toko online merupakan sebuah keharusan dan bentuk investasi jangka panjang. Terutama bagi kamu yang bisnisnya bergerak di bidang ritel. Apalagi jika ada kebijakan physical distancing seperti saat ini, kamu tidak mungkin melayani pelanggan secara tatap muka. Dengan memiliki sebuah toko online, kamu tetap bisa berjualan meskipun tanpa harus bertemu.

Di samping sebagai pengganti toko di dunia nyata, website juga menawarkan banyak manfaat bagi bisnis. Di antaranya:

  • Memungkinkan pelanggan untuk mengakses toko kamu kapanpun dan di manapun.
  • Memperluas area pemasaran menjadi tanpa batas.
  • Mempermudah pelanggan untuk berbelanja atau mendapatkan kebutuhan.
  • Kamu tetap dapat menjawab pertanyaan pelanggan dengan menyediakan customer service online.

Memberi Penawaran Khusus

diskon khusus sebagi tips bisnis

Memberi potongan harga, atau diskon secara khusus juga merupakan sebuah tips bisnis yang bisa dijalankan di masa pandemi. Dengan adanya potongan harga, secara tidak langsung, kamu memberi mereka peluang untuk tetap mengkonsumsi produk kamu dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga:  9 Tugas Marketing, Fungsi, dan Tanggung Jawab di Perusahaan

Di sisi lain, memberi potongan harga juga mengesankan sebuah sisi humanis dan empati dari sebuah bisnis. Kamu bisa memberi potongan harga dalam berbagai versi seperti gratis ongkir maupun diskon pembelian dengan minimal pembelian dalam jumlah tertentu.

Dampak positif dari penawaran khusus ini, selain meningkatkan pembelian. Bukan tidak mungkin juga akan menumbuhkan konsumen yang loyal di kemudian hari.

Jalankan Program Customer Loyalty

Selain diskon langsung, Kamu juga dapat memberikan insentif kepada pelanggan setia dengan program customer loyalty. Umumnya, program ini berupa pengumpulan poin yang didapat dari jumlah transaksi tertentu. Poin-poin tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan sebuah hadiah, produk, atau potongan harga.

Inovasi Produk Berdasarkan Kebutuhan

memiliki ide inovasi untuk bertahan di tengah pandemi

Menciptakan inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu tips bisnis untuk bertahan di tengah pandemi. Permintaan masker kain yang meningkat selama pandemi membuat banyak pemilik bisnis dari segala bidang banting setir menciptakan produk-produk yang diperlukan masyarakat. Pelaku bisnis makanan pun beralih menyediakan catering hingga frozen food yang dapat disimpan sebagai stok bagi para pelanggannya. Intinya, fleksibilitas produk adalah segalanya! Dengan memahami kebutuhan pasar yang sedang meningkat, dan berinovasi, kamu akan lebih mudah mempertahankan kelangsungan bisnis di tengah pandemi ini.

Manfaatkan E-commerce dan Fitur-fiturnya

penjualan melalui e commerce

Salah satu platform populer dalam berbisnis online adalah e-commerceE-commerce juga menguntungkan bagi pelaku usaha, Kenapa? Karena untuk mendaftarkan diri di e-commerce, kamu tidak perlu modal uang. Pengelolaan ketersediaan produk pun mudah karena sistem automasi yang ditawarkan. Metode pembayaran pada e-commerce juga lebih terpercaya dan memudahkan konsumen karena menggunakan metode third party. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai fitur dan promo yang ditawarkan oleh e-commerce kepada calon konsumen kamu.

Baca juga:  8 Contoh Kalimat Promosi Kreatif untuk Bisnis Anda!

Manfaatkan Customer Relationship Management

Di samping mengimplementasikan tips-tips di atas, kamu tetap perlu memahami bahwa masing-masing pelanggan membutuhkan pelayanan yang lebih personal. Karena itulah Kamu membutuhkan customer relationship management atau CRM.

CRM sendiri adalah usaha untuk mengumpulkan dan mengelola data pelanggan. Kumpulan data tersebut kemudian digunakan untuk beberapa hal, termasuk:

  • Membantumu melakukan segmentasi pelanggan
  • Memberikan penawaran kepada pelanggan berdasarkan transaksi sebelumnya
  • Memperbaiki layanan atau produk berdasarkan kebutuhan pelanggan
  • Memberi respon yang lebih sesuai ketika ada keluhan pelanggan

Nah, setidaknya ada tiga cara untuk mendapatkan data pelanggan. Pertama, kamu dapat memanfaatkan call-to-action. Contohya dengan meletakkan formulir berlangganan newsletter di website toko online kamu.

Cara kedua adalah menggunakan database transaksi pelanggan. Apabila memiliki toko online, kamu bisa mendapatkan database ini secara otomatis. Platform-platform e-commerce yang ada biasanya mencatat semua data pembelian pelanggan.

Cara yang ketiga dan tidak kalah penting adalah menggunakan database percakapan customer service, baik itu menggunakan fitur live chat atau ticketing. Inilah mengapa kamu perlu mengintegrasikan layanan customer service di toko online.

Dengan ketiga cara di atas, data yang kamu dapatkan bisa dijadikan patokan untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Pastikan arus kas bisnismu tetap tercatat dengan baik. Sebab di situasi sulit ini, kamu juga perlu sangat cermat dalam mengatur keuangan. Jika kamu masih merasa kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan, kamu dapat memanfaatkan aplikasi laporan keuangan untuk membantumu.

Pemanfaatan aplikasi tersebut akan memudahkan kamu untuk memantau uang yang masuk dan keluar, tren penjualan, serta alokasi biaya. Dengan demikian, kamu memiliki data yang memadai untuk mengambil kebijakan terkait keuangan perusahaan, keputusan terkait strategi pemasaran, serta jumlah inventori. 

Dengan melakukan beberapa tips bisnis diatas, diharapkan kamu bisa bertahan menjalankan usaha di masa pandemi. Ingatlah untuk tetap memiliki pemikiran positif. Ubahlah rasa panik menjadi sebuah ide bisnis unik, agar usahamu terus berjalan. Tetap semangat yha!.  

Share