Punya Rumah Minimalis? Coba Tips Dekorasi Dinding Ini agar Lebih Stylish

Dekorasi rumah minimalis sebenarnya tidak hanya memperhatikan keindahan sisi eksteriornya saja, tapi juga sisi interior. Termasuk tampilan dalam rumah yang minimalis dan stylish. Kalau furnitur dan penempatan barang lainnya di dalam rumah sudah menarik, tapi masih ada bagian dinding yang terasa kosong, kamu bisa dekorasi dinding agar terlihat semakin menarik.

Tentunya ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghias dinding rumah minimalis. Nah, berikut ini kami akan membagikan tips dekorasi dinding desain rumah minimalis yang mudah dilakukan dan bisa disesuaikan dengan selera kamu. Simak tips dan triknya di bawah ini, supaya kamu bisa mencobanya, ya

Tips dan Trik Dekorasi Dinding Rumah Minimalis

Berikut ini cara menghias dinding kosong di dalam rumah minimalis, yang bisa kamu coba:

  • Mendekorasi dinding kosong di rumah minimalis bisa dilakukan dengan membuat mural. Mural sederhana seperti lukisan jejeran bunga dan rumput dari ujung ke ujung dinding akan membuat dinding rumahmu menjadi menarik.
  • Kalau ruangan di dalam rumah berukuran sempit, jangan terlalu banyak menggunakan furniture. Karena hal itu justru malah membuat suasana kamar tampak lebih sempit. Sebagai gantinya, hias dinding rumah minimalis dengan menggunakan kain. 
  • Ada banyak koleksi yang cocok untuk dipajang di dinding rumah minimalis. Kamu bisa memajang koleksi pada dinding rumah yang kosong dengan piring dan cermin antik, topi, topeng, mangkuk anyaman kecil, dan lain sebagainya. Gunakan paku kait atau kawat untuk memajang koleksi tersebut di dinding rumah minimalis.
Baca juga:  Hindari Lingkungan Toxic dengan 7 Cara Ini

Inspirasi Unik Dekorasi Dinding

Kalau kamu berpikir hanya bingkai foto dan atau lukisan saja yang dapat digunakan sebagai dekorasi dinding, kamu keliru. Karena dengan sedikit kreativitas, area dinding bisa menjadi medium untuk kamu berkreasi dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Barang-barang apa saja yang bisa dikreasikan untuk dekorasi dinding? Berikut Kania telah merangkumnya untukmu.

1. Clipboard atau wallpaper untuk hiasan dinding

dekorasi dinding
Sumber: food52.com

Kamu ingin memiliki sebuah galeri di dalam rumah, namun tidak mau mengeluarkan biaya berlebihan? Penggunaan figura untuk medium memajang foto nyatanya memang cukup menguras kantong. Apalagi dengan lukisan atau artwork, sebagai produk karya seni tentu saja harganya tidak murah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki galeri seni tanpa kedua item ini, lho. Cobalah untuk memanfaatkan medium lainnya yang lebih sederhana, seperti clipboard.

Selain itu, jika kamu memiliki sisa wallpaper atau wall covering yang tidak terpakai, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk dekorasi dinding. Nyatanya, wallpaper juga bisa bertransformasi menjadi jenis dekorasi dinding yang lain. Bingkailah wallpaper pada sebuah figura, lalu tempatkan di bagian tengah ruangan, maka artwork dari wallpaper ini siap menjadi focal point ruangan yang cukup mencuri perhatian. Agar wallpaper tampil layaknya sebuah karya seni, kamu perlu menempatkannya di dalam bingkai foto yang memanjang bentuknya.

2. Halaman buku usang atau cover buku untuk hiasan dinding

dekorasi dinding
Sumber: www.sincerelykinsey.com

Barang-barang yang tidak terpakai lainnya seperti novel bekas juga dapat dikreasikan sebagai dekorasi dinding. Potongan-potongan kertasnya bisa disusun, kemudian direkatkan pada dinding. Tekstur kertas yang usang akan memberikan sentuhan klasik yang spesial saat dipasang sebagai aksen dekoratif di atas tempat tidur misalnya. Inspirasi dekorasi dinding yang satu ini cocok digunakan pada kamar yang mengusung desain vintage.

Selain menggunakan halaman buku yang sudah tidak lagi terpakai, memajang sampul buku unik pada bingkai juga bisa menjadi hiasan dinding yang menarik. Namun peletakannya pada dinding perlu diperhatikan. Jarak dari lantai ke bagian dinding dapat menjadi titik tumpu untuk mulai merangkai susunan kolase bingkai foto yang berisi sampul buku ini. Jika bingkai-bingkai ini akan dipasang pada dinding yang kosong, maka jarak idealnya adalah 150 cm dari lantai.

Baca juga:  Bikin Hemat, Ini 7 Manfaat dan 5 Tips Food Preparation di Rumah!

3. Sapu tangan atau permadani untuk hiasan dinding

dekorasi dinding
Sumber: www.royalfurnish.com

Kalau ada beberapa sudut di dalam rumahmu yang digunakan khusus sebagai sudut dekorasi, di mana dekorasi dinding berpadu serasi dengan meja konsol dan vas bunga, dekorasi dinding dari kolase sapu tangan ini dapat menjadi pelengkap yang membuat sudut dekorasi semakin dinamis. Untuk peletakannya, berikan jarak hingga 30 cm dari meja konsol apabila disusun secara memanjang.

Selain sapu tangan, ada juga permadani yang bisa kamu manfaatkan sebagai headboard. Nyatanya, permadani tidak selalu harus dibentangkan di lantai. Dengan membentangkannya di atas tempat tidur misalnya, permadani juga dapat menambah keragaman tekstur di kamar tidur. Sementata kalau kamu suka gaya vintage, taplak meja vintage juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi dinding rumah yang kosong. Pemilihan kain dengan motif yang cantik juga harus tetap sembari mempertimbangkan ukuran, tekstur, dan juga warna. Kain yang cukup ringan, akan lebih mudah ditempel di dinding.

Dengan adanya dekorasi dinding, suasana di dalam rumah tidak hanya sekedar terlihat lebih hidup. Jika penempatannya benar, tentunya dekorasi dinding akan mampu memberikan efek visual ruang. Dengan begitu, ruangan minimalis yang beratap rendah bahkan akan jadi terlihat lebih tinggi. Selamat mencoba dan berkreasi sesuai selera!