6 Tips Liburan Hemat Ala Backpacker ke Gili Trawangan

Dunia pariwisata seakan tak pernah berhenti mengalami perkembangan. Berbagai jenis, metode, dan obyek-obyek wisata baru selalu hadir untuk mewarnai pariwisata Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang populer belakangan ini adalah Gili Trawangan.

Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi backpacker dan mendapatkan liburan ke Lombok terutama Gili Trawangan yang terkenal, simak artikel ini untuk mendapatkan beberapa tips liburan yang bersahabat dengan dompet kamu.

Keunikan Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau  yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam.

Menikmati Sunset dan Sunrise dalam Satu Tempat

sunset di gili trawangan
sumber : ajdas.com

Kelebihan Pantai di Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini terjadi karena tempat tersebut memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Tidak ada Kendaraan Bermotor

cidomo adalah alternatif kendaraan tanpa polusi
sumber : redbubble.com

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Memiliki Banyak Jogging Track

memiliki banyak joging track

Karena di lokasi ini melarang kendaraan bermotor beroperasi disini, sebagai konsekuensinya, jalan kaki dan bersepeda menjadi hal yang biasa dan lumrah disini. Di obyek wisata ini juga terdapat banyak jogging track di setiap sudut kota. Oleh karena itu, jika kamu ingin liburan yang sehat, berliburlah ke obyek wisata yang satu ini.

Baca juga:  Daftar 7 Pulau Terkecil di Indonesia, Ada yang Hanya 0,5 hektar!

Penuh dengan Kucing

gili trawangan adalah pulau dengan banyak kucing
sumber : trubus.id

Pulau ini terbilang cukup menakjubkan di mana pada tempat ini kamu tidak akan menemukan seekor anjing pun di sini. Sebuah fakta mengejutkan bahwa pulau gili adalah pulau yang dihuni oleh banyak kucing. Namun meskipun memiliki banyak kucing, saat ini populasi kucing-kucing tersebut telah dikontrol, sehingga nyaman buat wisatawan.

Tips Hemat Berwisata ke Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan gili terbesar di antara tiga gili yang terkenal di Lombok. Keindahan alamnya telah tersohor hingga ke berbagai belahan dunia.

Tak heran jika banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Seperti kebanyakan tempat wisata, mengunjungi Gili Trawangan dapat menguras banyak biaya. Untuk menghindari hal itu, sebagai seorang backpacker sebaiknya kamu mengikuti tips liburan berikut ini:

Menyebrang dari Lombok Menggunakan Public Boat

Kamu bisa mengunjungi pulau Gili Trawangan melalui Lombok dengan menggunakan jalur laut agar hemat biaya. Di samping itu kamu bisa menggunakan public boat sebagai alat transportasi. Dengan menggunakan public boat sebagai alat transportasi maka biaya penyebrangan akan di tanggung bersama-sama dengan penumpang lainnya.

Cari Penginapan Bersama Teman

Penginapan merupakan hal yang penting dari setiap perjalanan wisata. Mahalnya biaya penginapan bisa diakali dengan cara patungan. Ajak teman-temang kamu sesama backpacker agar dapat mengikuti tips liburan yang satu ini. Tapi ingat, jika ingin menginap bersama teman, pastikan kamu mengenal baik teman tersebut agar merasa nyaman ketika harus berbagi tempat tinggal.

Baca juga:  Keajaiban & Keindahan Serta Mitos Candi Prambanan

Sewa Sepeda

Gili Trawangan memiliki tempat-tempat wisata yang letaknya cukup berdekatan. Daripada menggunakan angkutan umum yang tersedia setiap kali mau mengunjungi obyek wisata, akan lebih hemat jika kamu menyewa sepeda untuk digunakan berkeliling Gili tersebut sebebas-bebasnya.

Menikmati Makanan Khas Lombok di Kaki Lima

Di Gili Trawangan terdapat banyak tempat makan yang bisa kamu datangi. Jika ingin berhemat, kamu bisa memutuskan untuk makan di tempat kaki lima. Soal harga dan rasa, sebenarnya banyak tempat makan kaki lima yang menawarkan rasa istimewa dengan harga terjangkau.

Membawa Minum

Tempat minum merupakan senjata andalan para Traveler. Seperti yang kamu ketahui kebanyakan makanan dan minuman ringan yang dijual ditempat wisata memiliki harga yang sangat mahal. Untuk menghindarinya, kamu wajib membawa botol minum sendiri agar dapat berhemat.

Bawa Alat Snorkeling Sendiri

Berwisata ke Gili Trawangan tidak lengkap jika belum menikmati panorama bawah lautnya. Untuk itu, snorkeling atau menyelam bisa menjadi kegiatan wajib yang dilakukan para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Peralatan snorkeling yang tersebut disini umumnya disewakan dengan harga tinggi. Untuk berhemat, sebaiknya kamu membawa peralatan snorkeling sendiri jika memilikinya.

Dengan mengikuti enam tips liburan ke Gili Trawangan tersebut, dijamin perjalanan kamu akan menjadi perjalanan yang hemat biaya dan ramah terhadap dompet dan tabungan.

Jika tidak mau repot, kamu juga bisa mengunakan berbagai jasa paket liburan ke Lombok yang hemat dan efisien juga bayak disediakan oleh beberapa agen pariwisata yang dapat kamu pilih sebagai panduan Backpacking hemat dan berkualitas.