Tips Jualan Online Laris di Tengah Persaingan Bisnis

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan omzet sebuah toko online. Jika kita sering terpaku untuk menggunakan teknik yang sama berulang kali, maka mungkin beberapa tips di sini dapat kamu coba, bukan sekadar untuk variasi, tapi sebagai cara yang benar-benar dapat meningkatkan omzet toko online kamu.

Beberapa teknik di bawah ini bukan hanya membuat kamu kedatangan pembeli baru, namun juga dapat membuat pembeli lama melakukan repeat order dan semakin loyal kepada kamu. Mau coba? Mari kita simak bersama!

Tips Jualan Online Laris

Susun Strategi Content Marketing

content marketing
sumber : localadvertisingjurnal.com

Tips jualan online pertama adalah dengan menekankan pada content marketing. Content marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Hal ini juga termasuk penerapan salah satu strategi marketing. Penerapan strategi content marketing memungkinkan kamu untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.

Selain itu, konten yang bermanfaat dapat membantu kamu menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat mereka loyal pada bisnismu. Ini merupakan prinsip dari inbound marketing.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website kamu. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.

Di blog tersebut kamu bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website kamu. Kamu juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang kamu jual di website.

Buat Layout yang Menarik dan Responsif

template mudah
sumber : webbuilder.id


Buat toko online kamu sederhana tapi cantik, menarik dan mudah diakses. Meskipun toko online kamu menjual banyak produk, sebaiknya jangan terkesan terlalu ramai sampai-sampai jadi tidak enak untuk dilihat. Tetap bawa nuansa sederhana dan kemudahan untuk calon konsumen kamu sehingga mereka tertarik untuk menjelajahi toko online tersebut dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Kuliner Menarik untuk Anak Muda

Gunakan Data dari  Google Analytics

Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis kamu tidak terarah.

Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantumu menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website kamu. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.

Perhatikan Fotografi Produk

fografi produk

Jika saat ini kamu masih menggunakan foto dari internet, jangan merasa terlalu buruk. Sebagian besar bisnis baru seringkali tidak dapat memiliki fotografer profesional yang diambil dari produk atau tim mereka. Namun, jika dilihat dari hasil yang dicapai, maka biaya dari pembuatan foto produk sendiri sebenarnya dapat diterima. Karena pembuatan foto produk sendiri akan menampilkan keaslian usaha dan menarik banyak peminat.

Kenapa fotografi? Apakah harus menggunakan kamera untuk melakukan fotografi? Tentunya tidak, kamu bisa menggunakan kamera ponsel untuk melakukannya.

Hindari untuk mengambil foto dari kompetitor, atau bahkan sekadar foto dari internet. Hal ini akan mengurangi kredibilitas kamu sebagai penjual jika dilakukan.

Dalam hal ini, melakukan fotografi yang benar berarti kamu mengambil gambar akan barang atau jasa yang kamu jual dari sudut yang tepat.

Baca juga:  Jangan Panik! Kenali Ciri Gerakan Janin Melintang dan Cara Mengatasinya

Iklankan Produk di E-commerce, Blog, hingga Media Sosial

Memasarkan produk di situs dan forum jual-beli atau e-commerce itu memang wajib hukumnya, namun jangan hanya itu yang menjadi media utama bagi kamu.

Sebagai tips jualan online. Perhatikan media atau platform apa yang saat ini sedang ramai digunakan. Mulailah untuk menggunakan platform tersebut dan coba implementasikan kemampuan kamu menjual dalam media tersebut. Contoh untuk sekarang ini, kamu dapat menggunakan media sosial Instagram, FacebookLine, hingga WhatsApp sebagai media promosi selain dari situs dan forum jual-beli yang ada.

Menggunakan Strategi Upsell dan Paket Penjualan

Strategi upsell adalah sebuah strategi dimana penjual meyakinkan pembeli untuk membeli produk dengan paket yang lebih mahal yang terdiri dari pilihan produk yang lebih lengkap. Melalui strategi ini, penjual seolah-olah menunjukkan bahwa dengan memilih paket produk tersebut, maka pembeli mendapatkan lebih banyak manfaat produk dengan total harga yang jauh lebih murah.

Buktikan Kepuasan Pelanggan

Untuk mendorong lebih banyak penjualan di toko online-mu, kamu juga perlu membuktikan bahwa bisnismu memiliki sejarah pelanggan yang puas. Bukti tersebut bisa datang dalam bentuk penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial.

Bukti kepuasan pelanggan ini sangat penting bagi bisnis baru yang ingin membangun diri dengan cepat sebagai merek terpercaya. Jika kamu belum pernah mengumpulkan testimonial atau ulasan, sekarang adalah kesempatan kamu. Mulailah sekarang juga.

Berikan Garansi

Tips jualan online terakhir adalah memberikan jaminan atau garansi. Kamu juga dapat meningkatkan konversi eCommerce kamu dengan memberi pengunjung jaminan bahwa produk atau layanan kamu berkualitas tinggi. Kamu bisa melakukan ini dengan cara berikut:

Security Badges

Ini adalah lencana yang menunjukkan bahwa transaksi di situsmu bersifat pribadi dan aman.

Kebijakan Pengembalian dan Jaminan Uang Kembali

Ini mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan karena mereka yakin bahwa jika mereka tidak puas dengan produk dan layanan kamu, mereka bisa mendapatkan pengembalian dana. 

Dengan beberapa tips jualan online di atas, diharapkan penjualan produk kamu akan meningkat. Jangan lupa, usaha yang dilakukan secara konsisten dan sungguh-sungguh untuk meningkatkan penjualan pastinya juga diperlukan. Selamat mencoba.