Hobi Main Game? Simak Tips Memilih HP Gaming Terbaik

Tahukah kamu? HP gaming adalah handphone yang didesain secara khusus untuk permainan game yang berat seperti PUBG, Into the Dead, dan lain sebagainya. Beberapa produsen yang memang khusus memproduksi HP gaming ini di antaranya adalah ASUS ROG, Black Shark, dan Razer. Bagi yang belum tahu, sebenarnya ada hal yang paling mencolok dari HP gaming, yaitu logo atau lampu indikator di bagian belakang yang menyala ketika di-charge

Sementara HP biasa atau flagship handphone biasanya tidak dilengkapi dengan fitur ini, dan lebih sederhana dalam segi penampilan. Contohnya adalah HP Black Shark yang berpenampilan gahar karena didominasi dengan warna hitam atau warna-warna gelap yang bermotif futuristis. Selain itu, HP gaming biasanya juga cukup compatible dengan gamepad tambahan yang akan menambah keseruan permainan game.

Nah, ada berbagai model dan spesifikasi yang mungkin membuat kamu bingung. Namun di artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih HP gaming dan juga beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Jika kamu berniat untuk menjadi pro gamer atau ingin permainan game kamu semakin seru, simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya.

Cara Cerdas Memilih HP Gaming

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memilih HP gaming yang terbaik. Langsung saja simak baik-baik, ya.

1. Memahami Jenis RAM yang Tersedia

hp gaming

Random access memory (RAM) adalah tempat untuk menyimpan data aplikasi yang sedang berjalan. Setiap aplikasi akan membutuhkan ruang untuk dapat bekerja, nah ruang tersebut diberikan oleh RAM. Dengan adanya RAM, maka kamu tidak perlu mematikan aplikasi sebelum membuka aplikasi lainnya.

Besarnya RAM akan sangat berpengaruh pada kinerja gadget milikmu. Semakin besar RAM yang dimiliki, maka akan semakin cepat pula kamu bisa berganti-ganti aplikasi. Pada saat bermain game, aplikasi game memerlukan banyak sekali ruang untuk membuka seluruh data. Oleh karena itu, HP gaming biasanya memiliki RAM yang besar hingga 12 GB. 

Selain ukurannya, kamu juga harus memperhatikan jenis RAM yang tersedia. Jenis RAM yang terbaru dan terbaik adalah LPDDR5 yang dinilai lebih cepat dan lebih hemat dalam penggunaan baterai. LPDDR5 juga sudah disesuaikan dengan 5G, namun sayangnya saat ini masih belum berlaku di Indonesia.

Baca juga:  Inilah 5 Nintendo Switch Games Terbaik yang Perlu Kamu Coba

2. Memilih Chipset yang Tepat

Hal lain yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya saat membeli HP khusus game adalah chipset yang digunakan. Terdapat 2 prosesor yang ada di dalam satu chipset yaitu central processing unit (CPU) dan graphics processing unit (GPU). Jika CPU merupakan otak dari sebuah handphone, GPU adalah penyedia data dalam bentuk grafik pada layar.

Saat ini, HP gaming kebanyakan menggunakan prosesor dari Qualcomm, baik yang sudah menggunakan koneksi 5G maupun yang belum. Prosesor terbaru dari Qualcomm ini adalah Snapdragon 865 5G Mobile Platform yang menggunakan Qualcomm Adreno 650 sebagai GPU. Prosesor ini terdapat pada handphone Black Shark, Black Shark 3 Pro, dan Nubia RedMagic 5G. 

3. Memilih HP dengan Penyimpanan Internal yang Besar

hp gaming

Selain RAM yang besar, kamu juga harus memeriksa besar penyimpanan internal HP yang akan kamu beli. Penyimpanan internal ini lebih dikenal dengan istilah read-only memory atau ROM. Semakin detail permainan yang ingin kamu mainkan, makan akan semakin besar pula memory yang dibutuhkan untuk menyimpan datanya. Karena setiap aplikasi disimpan pada ROM, itu tandanya kamu memerlukan kapasitas ROM yang besar agar dapat bermain dengan leluasa.

Akan tetapi, selain kapasitas yang besar, kecepatan transfer data juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena dengan kecepatan transfer yang tinggi, kamu tidak perlu menunggu lama untuk menyimpan data game. Hingga saat ini, embedded UFS 3.0 merupakan yang terbaik karena dapat membaca hingga kecepatan 2 GB per detik.

4. Memperhatikan Ukuran Layar HP

Ketika bermain game, resolusi dan lebar layar adalah hal yang sangat penting. Untuk mendapatkan tampilan yang jernih, kamu perlu memilih resolusi layar Full HD atau bahkan Quad HD. Perbedaan antara kedua resolusi ini terletak pada jumlah piksel yang diberikan. Layar Full HD memiliki resolusi 1080 piksel, sementara Quad HD memiliki resolusi 1440 piksel. Jumlah piksel ini tentu saja akan mempengaruhi tingkat kejernihan gambar yang dihasilkan sehingga Quad HD lebih jernih daripada Full HD.

Poin selanjutnya yang harus dipertimbangkan ketika mencari HP gaming adalah ukuran lebar layar. Semakin lebar ukuran layar, maka pandanganmu akan semakin nyaman ketika bermain. Selain itu, kamu juga perlu memilih jenis layar, yaitu AMOLED dan IPS LCD. Untuk layar grafik yang sempurna, banyak produsen yang menggunakan layar AMOLED yang lebih menghemat baterai.

Baca juga:  5 Rekomendasi Laptop Murah Terbaik dengan Spesifikasi Mumpuni

5. Cek Ketahanan Baterai

Dengan spesifikasi tinggi dan durasi permainan yang lama, maka tidak heran apabila konsumsi daya baterai juga sangat tinggi. Supaya tidak perlu terlalu sering mengisi ulang dayanya, ada baiknya kamu memilih HP gaming dengan baterai yang berkapasitas besar. Kapasitas baterai minimal adalah 4.000 mAh.

Perhatikan pula kecepatan pengisian daya, karena ini juga sangat berpengaruh pada kenyamanan kamu dalam bermain game. Beberapa HP gaming sudah menerapkan teknologi fast charging yang akan menyingkat waktu pengisian daya baterai, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk kembali bermain.

Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2020

hp gaming

Berikut ini telah kami rangkum beberapa tipe HP gaming yang akan memudahkan kamu dalam menentukan pilihan:

  1. Xiaomi Black Shark 3 Pro, yang merupakan HP gaming pertama di dunia yang mengusung teknologi 5G. Layar selebar 7,1 inci Quad HD Plus-nya ini siap memanjakan kamu ketika bermain game. Apalagi kini sudah termasuk dukungan laju penyegaran 90Hz dan HDR10+, sehingga kualitas visualnya lebih memuaskan.
  2. ZTE nubia Red Magic 5G, hadir dengan laju penyegaran 144Hz yang dinobatkan sebagai smartphone dengan tampilan terbaik yang ada di pasaran. Tampilan 144Hz ini pastinya menjadi surga bagi para pecinta video game mobile. Di samping tampilan yang luar biasa, HP ini juga datang dengan sejumlah fitur gaming yang cukup memadai. Seperti pemicu permainan di bagian bahu, RGB LED, hingga pengeras suara stereo yang menggelegar.
  3. Vivo iQOO 3 5G, memiliki kinerja yang stabil di bawah beban berkelanjutan berkat chipset tercepat yang ada di pasaran. Selain itu, HP gaming yang satu ini juga memiliki daya tahan baterai yang hebat dengan dukungan pengisian yang sangat cepat. 
  4. Xiaomi Black Shark 3, adalah versi reguler dari Black Shark 3 Pro di mana varian terendahnya bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah sepuluh juta. Dengan harga yang lebih murah dari versi Pro ini, maka tidak heran jika ada sejumlah fitur yang dihilangkan dan beberapa bagiannya dibuat lebih rendah. Salah satunya adalah pemicu permainan fisik berkonsep pop-up.
  5. Asus ROG Phone II, merupakan salah satu HP gaming terbaik yang ada saat ini. Selain dibangun dengan parameter-parameter yang unggul, HP ini juga menawarkan ekosistem aksesoris gaming yang cukup bagus. Dengan demikian, kegiatan gaming kamu bisa menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

Tunggu apa lagi? Tentukan pilihanmu sekarang, ya.