Tips Memilih Smart TV Terbaik, Cocok untuk Netflix-an

smart tvSumber: https://blog.cityfurnish.com/

Teknologi telah berkembang pesat, dan Smart TV mulai menjadi pilihan hampir semua orang sebagai salah satu perangkat penyalur hiburan. Sesuai dengan namanya, Smart TV adalah TV pintar yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur layaknya smartphone. Beberapa di antaranya bahkan memiliki toko aplikasi sendiri dan juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti Spotify atau memainkan game seperti Asphalt 8: Airborne. Yuk, cari tahu bagaimana tips memilih Smart TV hingga rekomendasinya di bawah ini. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memilih Smart TV yang cocok untuk nonton Netflix

Keunggulan Smart TV

smart tv

Smart TV atau yang juga disebut TV pintar, merupakan televisi yang sanggup memberikan hiburan lain selain menonton acara dari antena, atau sekadar perangkat visual dari DVD player dan konsol game. TV jenis ini memiliki sistem operasi sendiri yang dibekali dengan chip prosesor mumpuni, serta bisa tersambung internet. TV pintar umumnya menggunakan OS Android dan sanggup menjalankan berbagai macam aplikasi. Misalnya bisa browsing internet, bermain game Android, hingga menjalankan layanan streaming. Bahkan beberapa Smart TV juga sudah bisa memakai perangkat tambahan seperti mouse dan keyboard.

Selain untuk operasi, resolusi yang ditawarkan Smart TV juga semakin meninggi berkat kemajuan teknologi. Bahkan sudah ada TV yang sanggup menyajikan gambar resolusi 4K Ultra HD, lho. Ukuran 8K juga sudah ada, tapi sayangnya masih sulit terjangkau dari segi harga.

Tips Memilih Smart TV Terbaik

smart tv

Untuk mendapatkan kualitas gambar yang terbaik, kamu harus memilih Smart TV yang tepat. Pilihlah TV yang paling sesuai keinginanmu dengan merujuk pada poin-poin di bawah ini, ya

  • Pertama, cek dulu teknologi yang tersedia di Smart TV pilihan kamu. Mulai dari prosesor video, kelengkapan WiFi, layanan streaming, ketersediaan aplikasi, hingga user interface-nya. Periksa juga apakah fitur browsing yang ada memang untuk berselancar di dunia maya, atau justru hanya untuk mengakses toko aplikasi saja. Hal ini penting agar kamu mudah dan nyaman saat menggunakan TV pintar yang akan kamu beli.
  • Selanjutnya, kamu harus tahu kelengkapan dan fitur yang ditawarkan sistem operasi televisi pilihanmu. Hal ini penting karena akan berpengaruh dengan kemudahan dan kenyamanan pengoperasian TV. Misalnya, TV dengan sistem operasi Android punya keleluasaan untuk mengakses Google Play Store.
  • Tips selanjutnya adalah memilih ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan. 
  • Pilihlah fitur yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, seperti fitur 3D yang ditawarkan Smart TV. Jika TV akan kamu gunakan untuk menonton film 3D, maka carilah televisi pintar yang sudah dilengkapi teknologi Active 3D. Teknologi ini akan menyalurkan resolusi 3D penuh ke mata, berbeda dengan Passive 3D.
  • Periksalah konektivitas yang ditawarkan oleh TV pintar jagoanmu, mulai dari fitur WiFi hingga port ethernet.
  • Dan tips yang terakhir adalah, sesuaikan harga TV dengan budget dan kebutuhan kamu. Kamu bisa menghilangkan faktor-faktor yang tidak penting agar harganya semakin murah.
Baca juga:  Tips Penting Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Daftar Rekomendasi Smart TV Terbaik

smart tv

Dalam beberapa tahun terakhir ini sudah ada banyak TV pintar yang luar biasa. Dan berikut ini 4 di antaranya yang direkomendasikan khusus untuk kamu. 

1. Samsung UA40J5250 40″

Kalau kamu mencari TV pintar berukuran 40 inci dari Samsung, Smart TV UA40J5250 ini bisa jadi pilihan. TV pintar dari Samsung ini telah dibekali dengan panel layar berjenis light emitting diode (LED) dan resolusi full high definition (Full HD) yang memanjakan mata. Selain itu, ada pula fitur audio Dolby Digital Plus sebagai sumber suara yang jernih dan jelas. Rentang harga televisi yang satu ini sekitar Rp3.499.000–Rp3.979.000.

2. Xiaomi Mi TV 4A

Xiaomi juga telah meluncurkan televisi pintar yaitu Mi TV 4A dengan ukuran layar 43 inch. Ini merupakan TV LED pintar yang berjalan dengan sistem operasi Android. Dengan layar yang cukup luas, harga terjangkau serta konektivitas Bluetooth dan WiFi, Mi TV 4A ini akan membuatmu menikmati hiburan secara lebih praktis. Selain itu, televisi pintar ini juga telah mendukung fitur perintah suara dengan teknologi AI Speech. Rentang harganya sekitar Rp3.410.000–Rp3.550.000.

3. LG 50UK6300 50″

Sedangkan kalau kamu mencari produk TV pintar terbaik dan berkualitas unggulan, LG Smart TV 50UK6300 50″ bisa jadi salah satu pilihan terdepan yang bisa memberikan pengalaman memuaskan. Layarnya tidak hanya luas, tapi juga telah dibekali dengan resolusi tinggi yang super tajam dilihat, kecerahan maksimal, dan warna yang akurat. TV ini juga telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) besutan LG, yaitu ThinQ untuk memaksimalkan penggunaan. Rentang harganya sekitar Rp6.275.000–Rp7.900.000.

Baca juga:  Cryptocurrency Indonesia, Investasi Mudah di Tengah Resesi

4. Polytron 43AS1558

Dengan Polytron Smart TV 43AS1558 ini, kamu bisa menikmati berbagai tayangan langsung yang seru, karena dilengkapi dengan beberapa channel Mola TV. TV ini juga cocok untuk kamu yang hobi sepak bola, otomotif, dan olahraga populer lainnya. Selain itu, televisi pintar ini juga dibekali aplikasi seperti YouTube dan browser, fitur perekaman tayangan kesukaan, hingga dukungan memutar film dan lagu favorit via USB flash drive. Untuk rentang harganya sekitar  Rp3.564.000–Rp3.949.000.

Selain beberapa merek TV pintar yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak pilihan lainnya. Pastikan kamu memilih Smart TV yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu, ya.

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru