Tips Sukses Mendaftar dan Cepat Kaya dari Google Adsense

Kini ada banyak cara yang bisa kamu lakukan buat menambah penghasilan hanya dari internet. Dengan semakin berkembangnya dunia internet saat ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang. Misalnya, kalau kamu punya blog atau web, kamu bisa mengubahnya menjadi mesin penghasil uang dengan melakukan kerjasama dengan Google. Google punya program yang bisa membantu kamu agar bisa memanfaatkan blog yang sudah ada. Namanya adalah Google Adsense. Seperti apa sih Google Adsense itu? Nah, buat kamu yang belum tahu tenang saja karena artikel ini akan membahas semua hal yang perlu kamu tahu dari Google Adsense.

Apa itu Google Adsense?

apa itu google adsense?
sumber : medcom.id

Google Adsense merupakan sebuah program periklanan online yang ditawarkan Google. Jadi buat kamu yang punya blog atau web bisa kerjasama dengan Google untuk memasang iklan di blog kamu. Kalau kamu mengikuti program Google Adsense ini nantinya kamu akan mendapatkan bayaran dari Google ketika iklannya diklik oleh pengunjung.

Ada dua cara untuk menghasilkan uang dari Google Adsense ini, yaitu:

  • Per-impression: jenis pembayarannya tergantung pada jumlah page views yang kamu dapat setiap bulannya.
  • Perclick: jenis pembayarannya tergantung pada jumlah orang yang mengklik iklan tersebut. Tetapi kamu tidak diperbolehkan mengklik iklan kamu sendiri, karena itu akan dihitung sebagai pelanggaran. Kedua cara ini adalah strategi yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan uang dari program Google Adsense.

Bagaimana? Sudah paham kan? Jika kamu sudah mengetahui apa itu Google Adsense dan tertarik untuk mencobanya, maka kamu harus tahu dulu bagaimana membuatnya. Bagaimana sih caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca juga:  9 Ide Usaha Rumahan Terkini yang Banyak Dicari

Cara Membuat Google Adsense

cara membuat google adsense
sumber : Atomenulis

Cara membuat Google Adsense sangatlah mudah. Kamu hanya perlu email dan blog atau website yang sudah aktif. Setidaknya ada tiga tahapan yang perlu kamu lakukan dalam membuatnya, di antaranya:

1. Membuat Akun Adsense

Hal yang pertama kali yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Adsense. Kunjungi halaman Sign Up Adsense, kemudian klik Daftar Sekarang”.  Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa form registrasi. Isilah sesuai dengan blog atau website dan email yang ingin kamu daftarkan. Scroll ke bawah kemudian klik “Save & Continue” untuk melanjutkan. Lalu nanti akan ada verifikasi kembali. Kamu hanya tinggal scroll ke bawah kemudian klik “Create Account”. Selesai deh! Akun kamu sudah jadi. Tapi belum bisa digunakan, karena kamu harus mengaktifkannya dulu.

2. Mengaktifkan Akun Adsense

Setelah proses registrasi, kamu akan masuk ke dalam dashboard Google Adsense. Kemudian isi beberapa informasi yang diminta. Masukkan informasi dengan benar ya. Informasi tersebut digunakan ketika kamu ingin mencairkan pembayaran Adsense. Jika salah, bisa jadi kamu tidak akan pernah menerima pembayaran yang dicairkan. Kemudian klik Submit jika sudah selesai. Kamu akan diminta untuk menyalin beberapa baris kode ke dalam website. Kode tersebut berguna sebagai identitas Adsense di dalam website. Jika salah, kamu tidak akan menerima iklan Adsense atau iklan yang tampil tidak akan valid.

Kemudian setelah menambahkan ke dalam website, jangan lupa untuk memberikan tanda centang di bagian ‘I’ve pasted the code into my site’. Hal ini untuk memastikan bahwa baris kode tersebut sudah ditambahkan di website. Supaya Google juga bisa melakukan pengecekan dan melakukan audit website kamu apakah sudah layak untuk mengaktifkan Adsense atau belum. Jangan lupa klik “Done” untuk melanjutkan.

Baca juga:  5 Strategi dan Skill Penting Marketing Communication

Kamu akan menerima email jika permintaan pengaktifan akun Adsense berhasil. Jika pengajuan kamu ditolak, pihak Adsense juga akan mengirimkan email dengan informasi alasan penolakan tersebut.

3. Membuat Iklan Adsense

Ketika Google Adsense sudah menyetujui akun kamu dan akun tersebut sudah aktif, ini saatnya membuat iklan dan memasukkannya ke dalam website. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur iklan Adsense, antara lain membuat unit iklan (Ads) dan memilih tipe iklan.

Untuk membuat unit iklan kamu bisa masuk ke dalam dashboard akun Adsense kamu kemudian klik tab My Ads. Kamu akan menemukan beberapa menu yang berhubungan dengan pengaturan konten iklan. Klik opsi Add units yang berada di bagian menu Content. Tab ini akan memunculkan daftar iklan yang sudah pernah kamu buat. Kamu bisa menggunakan iklan yang sudah ada atau membuat iklan baru. Untuk membuat iklan baru, klik tombol “+ New ad unit”.

Kemudian untuk memilih tipe iklan, Google Adsense menawarkan beberapa tipe iklan. Selain itu kamu juga dapat memilih tipe iklan sendiri. Ada empat tipe iklan yang ditawarkan Google, yaitu iklan teks dan gambar (text and display ads), iklan berimbang (matched content), iklan in-feed dan iklan di dalam artikel (in-article ads). Kamu bisa memilih satu di antara ukuran dan tipe iklan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Itulah cara membuat Google Adsense yang bisa kamu lakukan. Terlihat mudah dan menarik bukan? Kamu bisa segera mencoba dan memanfaatkannya untuk menambah penghasilan dan profit kamu. Semoga bermanfaat!

Share