buya hamka film

Tips Mengatur Keuangan Agar Gaji Tidak Habis di Awal Bulan

Menjadi karyawan dengan gaji bulanan kadang membuatmu harus pintar untuk mengatur keuangan. Salah dalam melakukan pengeluaran, bisa-bisa akan membutamu tersiksa di akhir bulan. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkanmu berutang.

Agar keuanganmu aman, ada baiknya kamu memiliki cara mengatur keuangan dengan baik dan benar. Bagaimana caranya? Tips jitu apa saja yang bisa kamu gunakan agar gaji tidak hanya habis di awal bulan? Cek informasinya di bawah ini.

Tips Mengatur Keuangan dengan Gaji 1 Bulan

Membuat Skala Prioritas

buat skala prioritas

Pentingnya membuat skala prioritas di awal bulan dapat membantu kamu memastikan hal apa saja yang perlu dimiliki dalam sebulan. Mulailah memisahkan kebutuhan dari yang mendesak hingga yang dapat ditunda pembeliannya. Apabila barang tersebut sangat kamu butuhkan sekarang, tidak ada salahnya untuk membelinya saat ini. Sebaliknya, kalau ternyata kamu memang baik-baik saja tanpa adanya barang itu dalam waktu dekat. Maka tunda pembelian dan kedepankan kebutuhan lainnya terlebih dahulu. Dengan cara mengatur gaji bulanan seperti ini kamu akan mampu mengontrol dan memonitor pengeluaran setiap bulannya.

Buat Dua Rekening

membuat 2 rekening sebagai cara mengatur keuangan
sumber : sociolla.com

Rekening pertama bisa kamu gunakan untuk pengeluaran sehari-hari. Sedangkan rekening kedua bisa kamu gunakan untuk menabung. Khusus rekening yang kamu pakai untuk menabung, pilih yang biaya administrasinya rendah dan tanpa kartu ATM.

Dengan membuat dua rekening, kamu bisa membedakan mana uang yang bisa kamu pakai sesuka hati dan mana yang kamu gunakan untuk berinvestasi.

Baca juga:  Belum Punya Dana Darurat? Simak 4 Tips Memilikinya

Catat Pengeluaran Harian

buat catatan untuk mengatur keuangan
sumber : lifepal.com

Ini adalah satu cara tradisional untuk mengatur keuangan dan mengontrol pengeluaran. Catat pengeluaranmu selama satu hari, bisa kamu lakukan dengan cara manual di buku atau menggunakan aplikasi-aplikasi pencatatan keuangan di ponselmu.

Dari mencatat ini kamu bisa melakukan penghitungan berapa rata-rata pengeluaranmu, dan kamu juga bisa menentukan berapa batas maksimal pengeluaran yang boleh kamu habiskan selama satu hari.

Pastikan bahwa uang yang kamu masukkan ke dalam rekening tabungan tidak kamu pakai kecuali memang ada alasan yang benar-benar mendesak untuk menggunakannya.

Bawa Uang Cash Secukupnya

bawa uang cash secukupnya

Tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak di dalam dompet. Bawa secukupnya dan isi lagi uang cash dalam dompetmu hanya ketika uang yang sebelumnya sudah habis.

Kamu akan berpikir ulang untuk membeli berbagai macam barang ketika kamu hanya membawa sedikit uang di dalam dompet.

Cara ini juga cukup tepat dilakukan oleh kamu yang mager alias malas gerak, karena dengan membawa uang sedikit berarti kamu harus bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang ketika uang di dompetmu habis setelah kamu gunakan untuk berbelanja.

Lakukan Investasi dengan Menabung

 menabung
Foto: lifepal.co.id

Cara mengatur gaji bulanan selanjutnya yang bisa diterapkan tidak lain tidak bukan ialah, menyisihkan gaji. Setelah menerima gaji, biasanya orang langsung ingin membeli berbagai hal.

Baiknya setelah menerima gaji, sisihkan pendapatan untuk tabungan pribadi, investasi, serta dana darurat. Buka rekening lain untuk memindahkan gaji yang hendak disisihkan, sehingga uang tersebut tidak diganggu gugat. Adapun beberapa opsi investasi yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Reksadana

Investasi pertama yang bisa dipilih adalah reksadana. Investasi reksadana ini bisa kamu lakukan dengan menyisihkan sebagian gaji dan bisa dimulai dari jumlah terkecil yaitu, Rp100.000. Tapi perlu diingat, apabila ingin investasi dengan reksadana kamu harus cermat dan jeli dalam memilih “manajer” investasi yang akan mengelolanya. 

  • Peer-to-peer Lending (P2P)
Baca juga:  9 Cara Menghemat Uang Paling Ampuh Agar Kamu Cepat Kaya

Untuk investasi jenis ini adalah investasi dengan konsep proses pinjam-meminjam secara online. Kamu sebagai peminjam dapat mengajukan pinjaman secara online tanpa jaminan dan bunga yang rendah. Pastikan lembaga yang kamu pilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Nah, investasi yang satu ini juga bisa masukkan dalam pertimbangan kamu. Selain menjadi salah satu produk investasi yang diminati, emas memiliki grafik harga yang cenderung stabil, sehingga aman. Hal yang perlu kamu lakukan ialah, konsisten menyisihkan sebagian gaji untuk membeli emas.

Perhatikan Temanmu

temanmu akan membantu mengatur keuanganmu tetap aman

Teman adalah lingkungan terdekat kedua setelah keluarga yang akan banyak mempengaruhi gaya hidupmu. Jika kamu memiliki teman yang sangat konsumtif, bisa jadi kamu pun akan menjadi konsumtif

Sebagai contoh, jika kamu berteman dengan orang-orang yang suka makan di restoran mahal, maka otomatis kamu juga akan makan bersama mereka hampir setiap saat dan pengeluaranmu jadi membengkak.

Tetapi sebaliknya, jika kamu berteman dengan orang-orang yang sederhana, maka otomatis biaya untuk gaya hidupmu dengan mereka tidak akan terlalu banyak juga.

Pilih-pilih teman tidak tidak hanya bisa jadi investasi buat kehidupan sosialmu, tapi juga untuk keamanan kantongmu.

Setelah membaca beberapa tips mengatur keuangan diatas. Tentunya sekarang kamu bisa memutuskan, apa saja yang harus dilakukan untuk menyelamatkan gaji bulanan agar tidak habis di awal bulan.

Ingatlah, kedisiplinan dan konsistensi adalah kunci dari suksesnya mengatur keuangan. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk tergesa sukses selagi muda.

Share