Siapa Bilang Olahraga di Rumah itu Susah? Lakukan Tips dan Trik Ini!

olahraga di rumah

Kegiatan olahraga memang identik dengan kegiatan outdoor. Tidak heran kalau olahraga outdoor memiliki peminat yang tidak sedikit. Alasannya adalah karena olahraga outdoor bisa menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari sambil menghirup udara yang segar di luar rumah. Olahraga di rumah sebagai salah satu alternatif pengganti gym juga bisa menjadi sangat seru dan menyenangkan, lho.

Namun, sama seperti olahraga outdoor maupun olahraga di gym, olahraga dari rumah juga memiliki tantangannya sendiri. Distraksi dari berbagai pekerjaan rumah tidak bisa terhindarkan ketika kamu melakukan olahraga dari rumah. Kurangnya pendampingan dari ahli juga menjadi alasan kenapa olahraga di rumah sering kali kurang efektif. Oleh karena itu, olahraga di rumah sebaiknya tetap mengikuti aturan berolahraga yang benar. Jadi, jika ingin sehat dan tetap bugar, olahraga di rumah tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Nah, kali ini ada tips dan trik olahraga di rumah yang tidak kalah seru dan tetap menyehatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya

Pemanasan Saat Melakukan Olahraga di Rumah

olahraga di rumah

Pada intinya, dasar-dasar olahraga tetap sama, baik outdoor, gym, maupun olahraga di rumah. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mulai olahraga adalah pemanasan. Pemanasan ini sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh terlewatkan kapan pun kamu berolahraga, ya. Pemanasan berarti mempersiapkan badanmu untuk berolahraga, dan dengan pemanasan, cedera yang rentan dialami saat olahraga akan berkurang. Selain itu, pemanasan juga bisa melancarkan peredaran darah. Sehingga sel-sel darah yang membawa oksigen akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dan asupan oksigen di tubuh akan terpenuhi dengan baik.

Kamu bisa melakukan pemanasan ringan seperti berjalan kaki di sekitar halaman, atau bagi yang memiliki treadmill, kamu bisa mencoba berjalan santai terlebih dahulu sebelum olahraga.

Pentingnya Latihan Kardiovaskular

Sesuai dengan namanya, olahraga yang satu ini memiliki manfaat lebih untuk jantung. Seperti mengurangi resiko gagal jantung, menurunkan tekanan darah, hingga bermanfaat untuk menghilangkan stres. Latihan kardiovaskular ini juga bisa dilakukan dari rumah. Ada banyak sekali jenis olahraga kardiovaskular yang memang sangat simpel sehingga bisa dilakukan di mana saja. Bagi kamu yang memiliki sepeda statis di rumah, latihan kardiovaskular bisa kamu lakukan dengan mengayuh sepeda statis tersebut. 

Baca juga:  Biografi Steve Jobs, Sang Perfeksionis Pendiri Apple

Selain itu, latihan kardiovaskular yang tidak kalah menyenangkan adalah senam, menari, atau aerobik. Selain menyehatkan jantung dan mengurangi stres, aerobik juga bisa dilakukan dengan mudah dari rumah. Apalagi saat ini video senam dan aerobik sudah sangat banyak ditemukan di internet.

Olahraga untuk Penguatan Fisik dan Otot

olahraga di rumah

Salah satu jenis olahraga yang sangat populer dan juga tidak memakan tempat adalah olahraga yang bertujuan untuk pembentukan otot, serta penguatan fisik. Karena tidak memakan tempat, maka olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan di rumah. Jenis-jenis olahraga untuk penguatan otot adalah sit up, back up, push up, pull up, dan masih banyak lainnya. Sementara untuk mendukung tujuan dari olahraga jenis ini, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti dumbel untuk melatih otot tangan.  

Jangan khawatir, karena dumbel dan alat-alat pembentuk otot lainnya harganya cukup terjangkau dan tidak memenuhi ruangan di rumah. Jadi, kamu bisa olahraga dengan simpel namun tetap kuat dan bugar.

Latihan untuk Kelenturan Badan

Latihan kelenturan badan seperti yoga, pilates, dan senam lantai ternyata juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari olahraga kelenturan badan ini yaitu bisa menghilangkan stres dan mengurangi rasa pegal pada otot. Saat ini, latihan kelenturan badan bisa dilakukan dari rumah. Sama seperti aerobik, berbagai video di internet akan membantumu untuk memulai olahraga ini dari rumah. Tenang saja, karena kamu bisa memilih kelas-kelas yoga atau pilates bagi pemula.

Baca juga:  Belum Punya Dana Darurat? Simak 4 Tips Memilikinya

Melakukan Pendinginan

Sama seperti pemanasan, melakukan pendinginan saat olahraga juga wajib hukumnya dan tidak boleh terlewatkan. Ketika kamu berhenti berolahraga secara tiba-tiba, maka otot yang masih panas dan aliran darah yang mengalir sangat cepat akan mengalami hambatan. Selain itu, pendinginan juga memiliki manfaat lain untuk otot, yaitu akan mencegah otot mengalami kelelahan yang berlebihan. Pendinginan juga membuat otot akan menjadi lebih fleksibel. Setelah melakukan olahraga, kamu bisa melakukan pendinginan sederhana seperti peregangan kaki dan paha.

Trik Memulai Olahraga di Rumah

olahraga di rumah

Sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan dari rumah? Nah, agar kamu bisa olahraga dengan rutin dan efektif, maka kamu harus tahu triknya terlebih dahulu.

  • Pertama-tama, persiapkan langkah-langkah untuk olahraga dari rumah secara cermat. Buatlah jadwal kapan kamu harus berolahraga dan kamu harus disiplin mengikuti jadwal tersebut.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan keperluan untuk berolahraga di rumah. Jika kamu mau mencoba yoga atau aerobik, maka siapkan video yang bisa membantu berolahraga di rumah serta matras untuk yoga.
  • Kalau kamu terbiasa berolahraga di gym yang dikelilingi oleh banyak orang dan merasa kesepian olahraga dari rumah sendiri, maka kamu bisa mengajak partner olahraga yang seru. Memiliki partner yang seru juga akan menambah semangat untuk melakukan olahraga.
  • Penting juga untuk menulis tujuan kamu berolahraga. Apakah kamu ingin lebih sehat, cepat kurus, atau mengencangkan otot? Kamu perlu menuliskan tujuan tersebut di jurnal olahraga supaya kamu bisa selalu tetap fokus olahraga dari rumah.

Di mana pun dan kapan pun, sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga. Olahraga tidak hanya sekedar menjadi hobi sebagian orang saja. Melainkan sebagai kebutuhan bagi setiap orang untuk tetap bugar dan sehat.

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru